Hai teman-teman.. 

Hayoo yang mampir ke artikelku kali ini pasti yang pengen badannya kurusan kan.. Hahaha.. Oke aku bakal share pengalaman diet ku yang super gampang. Anti ribet. Gak perlu masak ini itu. Cuma menghindari satu makanan saja. Apakah itu ? Yuk simak penjelasannya.


Sebelumnya aku sudah membuktikan sendiri diet ini. Dari berat badan 59kg menjadi 55,5kg dalam waktu satu bulan. Awal cerita mengapa aku melakukan diet ini karena datang bulanku tidak teratur. Ternyata dokter menyarankan aku untuk diet dan tidak menjadi gendut. Btw, aku disini gak mau cerita panjang masalah datang bulanku. Tapi kalau kalian ingin aku cerita, silakan komen dibawah. Nanti aku bakal bikin di artikel selanjutnya.

Back to topic! 

Nah, setelah diselidiki ternyata yang bikin aku cepat gemuk itu adalah gula. Gula merupakan karbohidrat yang selalu dikonsumsi sehari-hari karena karbohidrat merupakan penghasil energi di dalam tubuh kita. Karbohidrat yang kita konsumsi ada dua jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Yang termasuk dalam karbohidrat sederhana adalah glukosa, fruktosa dan galaktosa. Biasanya terdapat pada madu dan buah-buahan. Sedangkan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks adalah pati, glikogen, selulosa. Biasanya terdapat pada nasi, jagung, kentang, singkong, ubi dan lain-lain.


Berdasarkan itu, maka bukan berarti aku menghindari segala jenis makanan yang mengandung karbohidrat. Aku hanya menghindari satu makanan saja yaitu NASI putih. Aku senang banget yang namanya makan nasi putih, tapi jarang ngemil. Kalau makan nasi, gak bisa sedikit. Pasti nambah, apalagi kalau lauknya ikan asin. Hehehe. Tanpa ku sadari, ternyata yang bikin aku cepat bertambah berat badan itu adalah nasi putih. 

Nasi putih merupakan karbohidrat kompleks yang mengandung pati dan sedikit serat. Perbandingan karbohidrat nasi putih lebih besar dibanding seratnya. Oleh karena itu jika kita tidak terlalu banyak bergerak maka kalori nasi putih yang dikonsumsi akan bersisa di dalam tubuh. Nah kalori ini yang akan diubah dalam bentuk tumpukan lemak. 

Emang kenyang makan kalau gak pakai nasi?
Kita ubah mindsetnya ya. Kita makan untuk menambah energi. Otomatis kalau makan jangan sampai kalap atau berlebihan. Kalau ditanya kenyang, ya jujur aja aku ngerasa kenyang kok. Kenyang dengan tanpa rasa bersalah. Itu lebih nikmat dari apapun yang pernah aku makan.

Terus apa aja yang dimakan ?
Sekali lagi aku pertegas, aku cuma menghindari Nasi putih. Artinya aku makan apa saja baik itu masakan yang mengandung gula dan garam. Yang penting jangan makan NASI PUTIH.  

Kalau ngumpul bareng teman-teman, bakal susah dong menyesuaikan menu yang kita makan.
Gak selalu kok. Usahakan teman-teman kalian juga mengerti dengan komitmen kita untuk diet. Pengalamanku kalau lagi makan di kampus, Nasi Putih aku ganti dengan makanan yang berprotein seperti tempe dan tahu. Btw, kalau aku makan di kampus selalu bareng sama temen-temen. 

Kalau misalnya Nasi Putih diganti sama Nasi Merah bisa gak?
Itu disarankan banget. Aku kalau di kos makan nasi merah. Kalau lagi rajin aku bawa bekal nasi merah kemana-mana. Awal-awal emang agak sepet rasanya. Jadi ketika aku menanak nasi merah,aku campur dengan beras putih. Ukuran perbandingan beras merah dan beras putih adalah 3:1. Lama-lama terbiasa untuk makan nasi merahnya saja.

Masih bebas minum apa aja gak?
Secara pribadi, aku perbanyak minum air putih saja. Sesekali aku masih minum jus yang mengandung gula, teh manis dan lain-lain. Tapi semua itu bisa di-request kok, minta aja jangan terlalu banyak gula. Jadi, utamakan AIR PUTIH!

Apa yang dirasakan ketika menjalani diet ini?
Perubahan yang pasti, BAB ku menjadi lancar. Jujur saja, biasanya aku BAB dua atau tiga hari sekali. Ketika menjalani diet ini, dalam satu hari selalu ada BAB. Kemudian badan terasa ringan karena perut mengempis.Gak bikin lemes. Nafsu makan terkontrol.

Perlu olahraga ketat juga gak sih?
Perlu tapi gak pake ketat. Aku olahraga cuma satu kali dalam seminggu. Itu rutin kujalani. Nah olahraga bebas mau apa aja, yang penting bisa membantu membakar kalori dan lemak. Aku pribadi senang dengan olahraga senam aerbic, jadi tiap minggu dateng ke studio senam.

Nah poin-poin penting yang bisa diambil dari dietku ini adalah..
- Jangan makan nasi putih
- Utamakan minum air putih
- Olahraga rutin


Memang sih turunnya gak seberapa dan dalam waktu yang lama, tapi sisi positif nya aku gak merasa terbebani dengan diet ini. Gak harus mikir jam, gak harus mikir menu, dan gak bikin cepat kembali ke berat badan awal karena nafsu makannya sudah terkontrol. 

Sekian sharing pengalaman dietku. Semoga bermanfaat ya. Maaf banget aku gak punya foto dokumentasi BB before-after. Hiks. 

See You Gaes ❤️