Halo teman2..
Kali ini aku share pengalaman aku waktu mendaftar kuliah S2 di UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Aku mendaftar melalui jalur mandiri ya temang-teman. Sebenarnya gak ada cerita yang mencolok sih dari awal aku mendaftar hingga keterima, tapi gak ada salahnya untuk di share. Siapa tahu berguna buat kalian.
Pertama, aku mendaftar terlebih dahulu. Kalau tidak salah daftar awal itu cuma menyantumkan nama, email dan tanggal lahir di web penerimaan mahasiswa baru. Setelah itu, aku mendapatkan nomor pendaftaran. Nomor pendaftaran ini gunanya untuk membayar biaya pendaftaran. Waktu itu aku bayar di bank mandiri, langsung cus ke teller. Kemudian aku tunjukin no pendaftarannya dan membayar sebesar 400k. Setelah itu sesembak/sesemas teller ngasih bukti pembayaran. Dibukti pembayaran itu telah tercantum ID dan pasword login pendaftaran UNY.
Kedua, aku mulai login dengan menggunakan ID dan pasword yang ada dibukti pembayaran. Btw, dimana login nya itu nanti kalian bakal dikasih tau kok di pengumuman penerimaan mahasiswa baru. Nah kemudian aku melengkapi biodata diri dengan sebenar-benarnya dan sejujur-jujurnya.
Tips ketika melengkapi data pendaftaran:
1. Siapkan foto, softfile/scan transkrip nilai, ijazah dan akreditasi prodi waktu S1. Scan yang rapi ya supaya terbaca jelas oleh pihak panitia. Kalau tidak jelas, pihak panitia berhak menolak dokumen tersebut. Jangan lupa size nya diperkecil ya.
2. Carilah rekomendator yang merekomendasikan kalian untuk melanjutkan kuliah S2. Rekomendator ini adalah orang yang memang benar-benar tahu diri kamu itu seperti apa. Hal ini juga sangat berpengaruh. Yang boleh menjadi rekomendator bisa dosen (fresh graduete) dan atasan kalian (jika sudah bekerja). Biasanya pihak panitia mensyaratkan 2 rekomendator. Kalau di UNY sendiri rekomendasi ini, kita cukup mencantumkan email dan no hp rekomendator di halaman ketika login. Kemudian pihak panitia yang akan mengkonfirmasi langsung ke rekomendator kita.
Nah setelah semua-muanya data terisi, aku memilih hari dan tempat untuk test. Kemudian Selesai. Tinggal dicetak kartu ujiannya dan menunggu hari H test
Hari H test telah tiba. Sistem test nya CBT (Computer Based Test). Mengerjakannya lewat komputer yang telah disediakan pihak panitia. Loh berarti test nya di kampusnya dong ? Iyaaap benar sekali. Waktu itu saya test di gedung limuny UNY. Semacam ruangan multimedia gitu.
Test nya terdiri dari TPA dan Bahasa Inggris. Kalau untuk TPA sendiri kayaknya gak perlu ku jelasin lagi. Yang pnting sering-sering latihan soal, pasti gampang kok. Nah kalo yang bahasa inggrisnya itu persis TOEFL, tapi kayanya emang TOEFL sih. Seperti biasa terdiri dari 3 section : listening, structure dan reading.
Test nya sudah ku jalani semua. Seminggu kemudian saatnya pengumuman. Alhamdulillah, aku diterima di pendidikan Sains. Langsung aku mendaftar ulang dan membayar biaya awal masuk perkuliahan.
Demikian sharing aku kali ini. Semoga bermanfaat ya teman-teman. Kalau ada yang ingin ditanyakan silakan komen dibawah ya. Jangan lupa cantumkan nama kalian. See you gaes