Halo cantik, pada bulan November lalu aku berkesempatan untuk mengikuti kegiatan seru banget yaitu gabung di sesi Ngopi Cantik Beautiesquad. Sesi Ngopi Cantik ini sudah rutin dilakukan oleh Beautiesquad dan untuk sesi kali ini spesial banget dengan mengangkat tema Beautiesquad 101 karena bertepatan juga dengan Beautiesquad First Anniversary. Tema ini menarik banget apalagi buat newbie yang baru mau mulai berkecimpung di dunia beauty.  Jadi yang pengen tahu lebih dalam tentang Beautiesquad bisa langsung paham karena disini Beautiesquad bakal dikupas habis-habisan sampai tuntas hehehe. Buat kalian yang penasaran seperti apa dan ngomongin apa aja sih di sesi Ngopi Cantik Beautiesquad kali ini, kalian gak perlu khawatir karena aku juga bakal jelasin secara detail disini, gak perlu berlama-lama lagi langsung simak aja penjelasannya dibawah ini.

Buat kalian yang masih bertanya-tanya apa sih itu Beautiesquad. Beautiesquad itu adalah salah satu komunitas beauty blogger yang ada di Indonesia. Mereka menaungi beauty blogger dari berbagai daerah yang ada di Indonesia dengan tujuan menyatukan para beauty blogger Indonesia pada wadah yang sama untuk belajar dan berkembang bersama. Jadi, untuk kalian yang punya passion di bidang blogging dan beauty bisa banget untuk gabung ke komunitas ini. Penasaran kan seperti apa komunitasnya? Kalian bisa langsung kepoin Facebook dan Instagram dari Beautiesquad.

Sesi Ngopi Cantik spesial Beautiesquad First Anniversary ini dilaksanakan melalui Whatsapp Group dengan dipandu oleh MC Rahma dan Liana. Pertama, kita mendapat sambutan dari kak Virly KA selaku Founder dari Beautiesquad dan kemudian dilanjutkan sesi yang sudah ditunggu-tunggu yaitu materi tentang Beautiesquad 101 yang disampaikan oleh kak Vina Eska selaku Chief Officer dari Beautiesquad.

Sesi materi dimulai dengan bercerita tentang sejarah terbentuknya Beautiesquad. Berawal dari Founder utama, Virly Ka beserta 2 founder lainnya yaitu Annisa Pertiwi dan Liana Eka yang ingin membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. Pada awalnya grup tersebut didirikan dengan nama Beauties saja, namun kemudian berganti menjadi Beautiesquad. Ternyata pemilihan nama ini gak sembarangan lho, karena ada filosofi dan artinya. Kata “Beauties” dipilih karena komunitas ini terdiri dari lebih dari 1 orang beauty blogger, dan ditambahkan kata “Squad” sebagai menguatkan identitas bahwa ini adalah sebuah komunitas. Kemudian kedua kata tersebut digabungkan dan menjadi “Beautiesquad”. Pada hari Rabu, 23 November 2016, ditetapkanlah sebagai hari didirikannya komunitas Beautiesquad karena pada hari tersebut bertepatan dengan dilaksanakannya kolaborasi makeup pertama Beautiesquad dengan tema Smoky Eyes.

Pada masa awal terbentuk, Beautiesquad itu menerima semua orang tanpa terkecuali baik yang tidak memiliki blog, yang hanya ingin mencari teman sejawat, ataupun yang hanya sekedar ingin chat saja. Kemudian pada awal tahun 2017, Beautiesquad membentuk sebuah kepengurusan dan memutuskan bahwa semua anggota harus memiliki blog agar sesuai dengan visi dan misi Beautiesquad.

VISI DAN MISI BEAUTIESQUAD
Visi :       
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer
Misi :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).
                       
Pertama kalinya Beautiesquad berkerjasama dengan sebuah brand yaitu dengan brand Inez. Kolaborasi ini cukup menggemparkan dunia blogger saat itu bahkan instagram pun juga tak kalah ramai karena personally pertama kali aku tahu komunitas ini juga gara-gara review brand Inez dari salah satu anggota Beautiesquad. Hal tersebut akhirnya mempengaruhi dengan banyaknya peminat yang ingin bergabung ke dalam Beautiesquad. Namun, karena suatu dan lain hal, para pengurus mengambil keputusan untuk memiliki sebuah grup Facebook sebagai wadah Beauty Blogger lainnya agar bisa sama – sama berkembang.

Selama perjalanan terbentuk, selama itu pula, Beautiesquad mulai gencar bekerjasama dengan brand – brand lain. Beautiesquad tidak hanya memberikan kesempatan kepada member inti Whatsapp saja,  tetapi juga beberapa kali memberikan kesempatan kepada member Facebook untuk mendapatkan sponsor. Kepengurusan Beautiesquad juga melakukan reshuffle di pertengahan tahun 2017 dimana setelah melakukan musyarawah antara pengurus dan member inti Whatsapp, Beautiesquad memutuskan untuk melakukan reshuffle kepengurusan kembali dan menghasilkan suara sebagai berikut:

1.        Pergantian nama Pengurus Beautiesquad menjadi Beautiesquad Officers. Alasan pergantian nama ini karena terkait dengan kesesuaian tujuan nama tersebut. Tujuan namanya adalah untuk melaksanakan, bukan untuk mengurus. Beautiesquad Officers bertugas untuk melaksanakan tugas sesuai dengan visi dan Misi Beautiesquad kedepannya.  
2.        Founder: Virly KA, Annisa Pertiwi, dan Liana Eka.
Main Founder of Beautiesquad: Virly KA.
Tugas founder adalah mengambil keputusan cepat dan tegas demi kelancaran visi dan misi BS.  Selain itu memantau officers melakukan tugas sesuai dengan ketentuan.
3.        Chief Officer : Vina Eska
Tugas Chief Officer adalah melaksanakan visi dan misi yang sudah dibentuk oleh founder dan melaksanakan keputusan yang dibuat. Juga turut membantu founder dalam memantau progress kerja officers. Selain itu juga turut memantau, membantu, dan memberikan para member semangat dalam menjalani dunia blogger. Untuk membantu Founder dalam mengemban tugas.
4.        Community Relations (CR) yang dulu bernama Public Relations
$     Supervisor : Lia Melqha
$     Sekretaris & SEO Analysis : Fuji Astyani
$     Officers : Liana Eka, Ariani Rosidi dan Rahma Brilianita.
Tugas Community Relations adalah menjembatani Beautiesquad dengan brand dan juga menjembatani para member dengan Beautiesquad dan Brand. Selain itu, melakukan program kerja bulanan seperti collab, ngopi cantik, dan program lain yang akan berjalan nantinya. Community Relations juga yang membantu Chief Officer dan Founder memutuskan anak – anak Facebook group yang sudah lolos kriteria untuk menjadi member inti Whatsapp Beautiesquad. Dikarenakan Beautiesquad adalah group blogger, untuk menunjang agar menjadi blogger yang baik, Beautiesquad memutuskan untuk memiliki SEO Analysis. Fungsi adanya SEO Analysis adalah membantu kita mengetahui apakah blog member sudah sesuai kriteria SEO,baik dari template, penulisan, dan widget pendukungannya.
5.        Social Media Squad (SM) yang dulu bernama Admin
$   Supervisor : Rani Lukman
$   Officers : Devi Purwati, Khairunnisa dan Savitri Hutapea.
Tugas Social Media Squad adalah memberikan informasi pada member melalui media sosial Beautiesquad dan menjaga image Beautiesquad di dunia maya. Walaupun terkesan gampang, menjadi SM Squad itu ternyata susah loh karena mereka harus memikirkan feed, caption dan memantau insight.
6.        Photo Editor Squad (PE)
$     Supervisor :  Raydita
$     Officers : Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti.
Tugas Photo Editor Squad adalah membuat design dari design collab sampai design feed instagram. Tugas mereka juga sama beratnya dengan divisi lain, terutama saat collab. Jadi kalau misalkan PJ Collab suruh edit caption atau beberapa bagian tertentu dari foto kalian itu bertujuan memudahkan PE untuk proses mengedit.

Kegiatan yang dilakukan Beautiesquad semakin berkembang dengan adanya beberapa program seperti Ngopi Cantik, Makeup Collab secara kontinyu, Sponsored Review dan mengarahkan member Facebook Group agar sesuai standar blogger dan Beautiesquad sendiri sehingga bisa masuk sebagai member inti Whatsapp. Tentu kegiatan Beautiesquad tidak akan berhenti sampai situ saja, karena masih banyak program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya. Semua yang dilakukan oleh Beautiesquad semata demi perkembangan para member kearah yang lebih baik.

Adanya program terbaru dari Beautiesquad yaitu Instagram Take Over juga menambah rangkaian seru program-program yang dilaksanakan oleh Beautiesquad. Instagram Take Over ini merupakan kegiatan pemanfaatan fitur stories yang terdapat di Instagram dengan membuat Ngopi Cantik versi mini setiap minggunya dengan membahas seputar dunia blogging dan beauty. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi dari misi Beautiesquad yang mengoptimalkan media sosial untuk dijadikan wadah berkembang bersama. Selain itu, masih banyak program kerja kedepannya Beautiesquad yang patut banget diantisipasi karena yang pasti bakal seru dan juga bermanfaat.

Setelah sesi penjelasan tentang seluk beluk Beautiesquad diatas, pasti kalian penasaran banget kan gimana caranya buat gabung di komunitas Beautiesquad ini. Nah, berikut ini merupakan beberapa Q&A yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kalian tentang Beautiesquad.

1.      Q : Bagaimana caranya gabung di Beautiesquad ?
A : Hal pertama yang kalian perlu punya untuk bergabung di Beautiesquad adalah passion di bidang blogging dan beauty. Kedua, kalian wajib memiliki blog dan social media seperti facebook dan instagram. Cara bergabung di instagram Beautiesquad adalah kalian tinggal memfollow akun instagram beautiesquad dan mengikuti kegiatan yang diselenggarakan seperti collaboration makeup sesuai dengan ketentuan yang diberikan. Sedangkan untuk bergabung di Facebook Grup Beautiesquad, kalian perlu untuk meminta izin bergabung terlebih dahulu karena grup tersebut bersifat tertutup. 

2.      Q : Kenapa ada dua grup (Facebook dan Whatsapp) kak ? Kenapa mau masuk ke grup inti     (Whatsapp) susah banget?
       A : Group inti di Whatsapp berisi blogger yang sudah masuk sebelum Beautiesquad hits seperti saat   ini. Semenjak kami menjadi closed group, baru 2 orang dari Facebook group yang lolos masuk  group inti. Mereka sudah terbiasa menulis sesuai SEO, template mereka nyaman dilihat, dan disiplin waktu. 3 hal itu merupakan hal utama di Beautiesquad. Officers sudah mengetahui kinerja para blogger group inti sehingga saat brand meminta nama – nama blogger, kami dengan berani memberanikan jaminan bahwa blogger kami menyanggupi keinginan sponsor. Nah apabila kami memasukkan anak baru tanpa melakukan seleksi, tentu officers yang kelabakan. Karena kami belum tau bagaimana kinerja si blogger baru. Apa sudah mengerti SEO, bagaimana cara menulis, bagaimana template nya, dan paling utama attitude nya? Nah itulah fungsinya Facebook group sebagai wadah berkembang bersama baik yang dari group inti dan bukan.

Dari ratusan anak Facebook group gimana caranya menyaring? Salah satu kriteria anak group inti adalah aktifdan itulah yang kami terapkan juga di Facebook group. Kami mendeteksi para blogger aktif melalui collab yang selalu diselenggarakan setiap bulannya. Aku akui banyak anak Facebook group yang tulisannya bagus, lebih memiliki potensi, dan lebih terkenal. Tapi kalau gak mau memberikan kontribusi untuk Beautiesquad kan sama aja bohong ya. Kita disini kan komunitas, gak cuma menerima, tapi juga harus memberikan kontribusi ke komunitas juga. Makanya kami hanya memberikan penawaran kepada yang aktif, bukan yang hits.

3.      Q : Apa aja syarat untuk menjadi member grup inti (Whatsapp) saat ini?
A : Ada 8 syarat untuk menjadi untuk menjadi member grup inti (Whatsapp) yaitu

Pertama, punya blog. Bukan sembarang blog. Blog nya harus memiliki template yang SEO friendly dan menarik. Tata cara menulis pun sesuai SEO dan enak dibaca, mulai jumlah kata, keyword, pemilihan kata dan tanda baca. Kalau kalian mau belajar lebih jauh masalah SEO, kalian bisa googling kok. Masalah ambil foto juga dinilai, apakah penataannya berantakan atau tertata.

Kedua, Top Level Domain. Ini peraturan yang baru saja disahkan. Karena kedepannya Beautiesquad berencana untuk bekerjasama dalam bentuk paid sponsored, jadi TLD sangat diutamakan. Apa itu TLD? Yang belakangnya gak ada embel – embel blogspot.com, atau wordpress.com, atau wix.com. Hanya .com, .net, .id, atau yang lainnya. Kenapa itu penting? Dalam dunia blogging ada istilah DA PA , kalian bisa google masalah itu, dan kalau kalian sudah TLD, DA PA yang muncul adalah  milik blog kalian sendiri. Kalau masih free blog seperti blogspot atau wordpress, DA PA itu milik mereka, bukan blog kalian sendiri. Tingginya DA PA itu berpengaruh pada ketenaran blog kalian yang berimbas ke pendapatan kalian.

Ketiga, minimal menulis tentang beauty 2x dalam sebulan di blog. Karena ini merupakan komunitas beauty blogger jadi kalau membernya malah lebih sering membahas topik lain kan jadi tidak sesuai nantinya.

Keempat, Disiplin dan memiliki attitude. Ini penting disini. Disiplin terhadap waktu pengumpulan foto collab atau link sponsor contohnya. Berkabar kalau ada hal yang tidak terduga terjadi saat collab atau sponsor, paling tidak 1x24 jam. Kecuali apabila ada masalah mendadak, misalkan kecelakaan (mudah – mudahan gak ya). Kalau masalah attitude, paling kalau kalian berbuat salah, harus berani minta maaf. Kalau bertanya, harus sopan, bukan nyolot. Tidak melakukan plagiarisme.

Kelima, memiliki fanpage dan twitter selain InstagramUntuk Instagram, Beautiesquad menentukan standar yaitu 500 followers. Twitter paling gak 100 followers. Kenapa harus punya 3 sosial media tersebut? Ya balik lagi alasan syarat nomor 2. Selain itu 3 media sosial tersebut bisa menjadi ladang trafik untuk kalian kalau kalian gunakan secara wise.

Keenam, Aktif . Aktif dalam artian aktif berkontribusi, aktif terlihat di group, aktif dalam sesi sharing.

Ketujuh, Rajin Ikut Collab. Seperti yang sudah disampaikan, bagaimana officers bisa notice kalian kalau kalian tidak aktif  ikut makeup kolaborasi. Karena dari sanalah cara kalian blogging, mempresentasikan sesuatu, dan lainnya di notice oleh para officers.

Kedelapan, Lolos dari pandangan Community Relations, Chief Officers, dan Founder Kalau menurutmu kamu sudah mengikuti semua hal diatas, tapi kenapa tidak dipilih? Bisa jadi ada satu spesifikasi yang kamu lewati. Mungkin kamu kurang ber attitude, atau kamu suka telat, atau kamu nulisnya masih 4LaY, atau followernya beli. Everything is possible.

Wah, Mungkin dari kalian pasti ada yang bergumam “syaratnya banyak/susah/ribet banget?”. Kalian harus buang itu jauh-jauh karena menurutku syarat-syarat diatas bisa kalian lakukan secara bertahap yang terpenting adalah kalian harus punya passion dulu dibidang blogging dan beauty karena itu dasarnya agar kalian enjoy menjalankan apa yang kalian lakukan selanjutnya adalah konsistensi untuk membuat karya yang kalian sukai. Sekian penjelasan aku tentang Serba Serbi Beautiesquad dan jangan lupa kalian harus gabung di komunitas ini. See You

Instagram : Beautiesquad
Facebook Page : Beautiesquad
Facebook Group : Beautiesquad