Annyeonghaseyo Yeorobun, kali ini aku mau sharing dan cerita sedikit tentang Korea Journey versi aku. Ani ani ani, ini bukan cerita tentang aku yang habis jalan-jalan ke korea ya gengs(semoga juga bisa cerita tentang itu suatu hari nanti #amiin) tapi ini cerita tentang perjalanan aku kecemplung (?) ke dunia ke-korea-an ini. So let’s get start it.

Korea mungkin bukan sesuatu yang asing di dalamhidup aku. Pertama kali aku kenal korea itu waktu SD dari nontonin drama korea endless love sama winter sonata yang ditayangin di TV dan jadi tontonan favorit aku dan ibu aku waktu itu. Jaman endless love aku bisa nangis sesenggukan nontonnya, habis cerita di drama ini sumpah emberan sedih banget apalagi yang ceritain pas mereka masih mudanya.Drama ini memang terkenal banget di eranya dulu. Buat kalian yang suka sama drama ini mungkin kita seumuran gengs hihihi. Tapi kalo di inget lagi, jaman aku SD itu yang lagi nge-tren malah drama Taiwan kayak Meteor Garden gitu ya tapi sayangnya aku dulu gak ngikutin drama itu. Pernah aku nyoba nonton tapi si ibu gak suka nonton yang ini hahaha. Lagian waktu aku jaman kecil dulu, aku lebih interest ke nonton kartun macem detective conan hahaha. Jaman dulu kan masih banyak banget film kartun di TV apalagi hari minggu, bisa marathon nonton itu dari pagi sampe sore, lupa makan lupa mandi hahaha.

Beranjak SMP, aku sekolah di pesantren (boarding school) dimana aku terisolasi gak ada benda elektronik sama sekali macem HP, TV bahkan setrika listrik pun gak boleh, orang disini nyetrika pake arang. Intensitas nonton aku berkurang akhirnya, paling cuma bisa nonton tv kalo pas pulang ke rumah dan itu pun kisaran 6 bulan sekali dan ya bisa dibilang hidup SMP aku flat banget hahaha. Nah, setelah lulus SMP sekitar tahun 2009 lagi boomingbanget nih drama BBF (Boys Over Flowers/Boys Before Flowers) dan jadi bahan obrolan temen-temenku bahkan ibuku sendiri udah berapa kali nonton drama itu tapi lagi-lagi aku gak terlalu interest sama drama korea. Meskipun gak terlalu interest sama drama korea, tapi aku tetep sering nonton drama korea yang ditayangin sama salah satu stasiun tv bareng sama ibuku. Alasannya ikutan nonton ya karena ibuku suka nonton drama korea. Beberapa drama yang aku inget itu kayak Sassy girl Chunhyang (2005), Mr. Goodbye (2006), Heading to the Ground (2009), You’re My Destiny (2008), Pink Lipstick (2010) dan drama-drama lainnya. Sampai pada akhirnya aku mulai suka banget sama drama korea itu waktu nonton Take Care of Young Lady (2009). Pasti kalian gak bakal asing sama nama-nama artis yang main di drama ini ada Yoon Eun Hye, Yoon Sang Hyun, Jung Il Woo, Song Joong Ki sama Moon Chae Woon. Apalagi Song Joong Ki, Gara-gara drama Descendant of The Sun, sekarang dia udah jadi populer banget dan jadi lelaki idaman para wanita (termasuk aku) tapi dia udah jadi suami orang #potekbanghatiadek hahaha.


Setelah nonton drama Take Care of Young Lady, Aku mulai nih freak sama drama korea. Aku mulai ngelihat bahwa cerita dari drama korea ini lebih beragam dan menarik daripada sinetron-sinetron di Indo. Mulai sejak saat itu, semua drama korea aku tonton mulai dari drama korea yang genre romance receh, school lifesampe drama keluarga yang jumlah episodenya nyaingin sinetron Indonesia. Waktu itu aku nonton drama korea selain dari TV, juga dari downloaddi internet, beli kaset bajakan sama pinjem kaset dvd di rental (entah itu rental sekarang masih ada apa enggak hahaha).


Semenjak suka drama korea, aku juga mulai sedikit banyak tau tentang adanya boyband dan girlband di korea karena beberapa anggota mereka main di drama yang aku tonton. Beberapa boyband dan girlband yang aku tahu ada DBSK (TVXQ), SS501, Super Junior, Bigbang, Wonder Girls dan Girls Generation tapi gak terlalu ngikutin sih karena (waktu itu) aku mikir mereka gak menarik aja hahaha. Tapi tiba-tiba, tahun 2010 mulai bermunculan boyband dan girlband Indonesia yang “katanya” berkiblat ke korea. Aku masih inget banget tahun itu laginge-tren banget lagunya Super Junior – Bonamana. Dari situ aku mulai  penasaran dan heran kenapa Korea jadi kiblatnya para boyband dan girlband Indonesia ini. Aku mulai suka kepoin Super Junior, Bigbang dan Girls Generation dari nontonin MV mereka sampai ngikutin setiap variety show yang mereka datengin kayak Strong Heart, Star King, Invicible Youth, Intimate Note, etc. Well, dan ternyata aku suka banget sama mereka. Menurutku, mereka cukup menghibur buat aku yang notabene anak SMA yang tipenya sekolah-les-pulang doang. Hidupnya lempeng amat ya makanya butuh hiburan hahaha. Biasanya  aku nontonin mereka kalo kelas kosong dan bingung mau ngapain atau liburan tapi gak kemana-mana akhirnya gabut dirumah sambil nontonin mereka. Rasa ketagihan nonton korea mulai aku rasain di jaman SMA dan aku mulai yang namanya kegiatan gak sehat yaitu “Marathon Drama Korea”. Waktu itu aku nonton drama bisa dari jam9 /10 (habis belajar) sampe shubuh dan baru tidur ±2 jam dan harus bangun lagi buat sekolah.


Semenjak saat itu, kesukaan aku sama korea jadi mulai melebar dari awalnya cuma K-drama aja sampai akhirnya merambah ke ranah K-Pop. Puncaknya itu pas tahun 2011, aku liat teaser debut boyband yang menurutku konsepnya unik banget. Konsep debutnya itu ngeluarin manhwa (komik) gitu. Boyband itu adalah B1A4. Aku ngikutin perkembangan mereka dari pre-debut sampai sekarang. Boyband ini adalah boyband pertama yang bikin aku gila-segilanya suka sama mereka. Dulu, ibarat kata “Tiada hari tanpa B1A4”. Bias aku di B1A4 itu Gongchan. Trust me ini alay banget tapi beneran, falling in love at first sight itu memang beneran ada gengs. Cinta aku sama gongchan itu gila banget karena cuma liat foto pre-debut dia aku langsung cinta sama nih laki coba. Kecintaan aku sama B1A4 tambah menjadi setelah mereka confirm kalo mau ngadain showcase di Gandaria City, Jakarta. Buru-buru aku cari cara gimana biar bisa nonton mereka. Pas tanggal 12 Maret 2013, Akhirnya aku bisa nonton mereka secara langsung dan ini berkah yang luar biasa buat aku. Buat aku, B1A4 itu udah kayak anak aku sendiri, gimana enggak ngerasa kayak gitu coba kalo kamu ngikutin perkembangan jatuh bangun mereka dari pre-debut sampe sekarang mereka udah pada sukses. Meskipun mereka bukan boyband yang besar sekaliber seonbae-hoobae mereka, tapi yakinlah kalian tetep nomor satu di hati aku #aseek.


Kegilaanku sama korea semakin menjadi-jadi semenjak kuliah. Kalo, waktu SMA, aku cuma sekedar nontonin drama, mv dan cuit-cuitgak jelas di sosmed tentang korea, Pas Kuliah (Fyi: aku kuliah di Yogyakarta), aku bisa nemu banyak banget komunitas dan perkumpulan yang suka sama korea. Berawal dari ketemu dan kumpul bareng temen-temen sejurusan yang suka sama korea, datengin gathering dan Korean days yang diadain sama kampus-kampus sampai akhirnya jadi bagian dari orang yang ngadain Korean Days itu sendiri. Bisa ngerasain hal unik kayak dari suka sama Boyband asli sampe bisa suka sama Boyband KW alias grup cover dance hahaha. Pokoknya kehidupan kuliah aku gak bakal lepas dari namanya “korea-korea-an”. But, trust me gengs, aku bukan K-Popers Alay kok wkwkwk. Dari situ juga, akhirnya aku punya banyak relasi berkat kecintaanku sama korea. Aku bisa ketemu bermacam-macam orang dengan kesukaan yang sama.

Tapi, perlahan-lahan kecintaanku sama korea mulai berubah. Bukan lagi cuma tentang Drama dan Boybandnya aja, tapi aku juga mulai tertarik dengan sejarah dan kebudayaannya. Dari situ juga aku mulai belajar Bahasa korea. Alasan awalnya itu remeh banget karena cuma pengen ngerti bias itu ngomong apaan sih (padahal kan ada subtitle yak :|). Ditambah juga kadang aku sering kesusahan untuk dapet subtitle English dari sebuah drama atau variety show yang aku pengen tonton. Impian pengen kuliah atau sekedar jalan-jalan kesana juga akhirnya terlintas dipikiran aku. Semoga bisa terlaksana secepatnya Amiin.

Setelah lulus dari kuliah, aku mulai mengurangi intensitasku buat terjun ke dunia per K-Pop an. Alesannya mungkin karena udah tua (?) alias sadar diri sih prioritas udah bukan lagi ke oppa-oppa dan gak mungkin juga saingan sama anak-anak 2000 an alias millenias dan juga sudah merasakan capek dan bosen. Ya bayangin aja kali, bisa dikira-kira aja udah lebih 10 tahun aku suka korea.Dari mulai yang dulu seorang K-Popers Alay sekarang udah jadi lebih mendinganlah hahaha. Udah mulai gak terlalu update bangettentang Boyband-Girlband yang kekinian lagi. Tapi bukan berarti aku gak update tentang korea juga hahaha. Sewajarnya ajalah konsumsi tentang mereka, aku tetep masih jadi tukang marathon drama atau variety show kok.  

Buat sekarang sih, untuk drama dan film aku lebih suka nontonin genre black drama ketimbang drama romance yang biasa jadi favorit orang-orang. Drama yang sedikit banyak kudu mikir kalo nontonnya kayak genre crime, action,sci-fi atau detective. Sekarang juga nontonin drama juga gak sekedar gara-gara pemainnya ganteng doang, tapi lebih dari segi ceritanya meski gak bisa bohong pemain ganteng itu nilai plus banget hahaha. Untuk K-Pop sih aku tetep masih update berita-beritanya tapi kalo buat menghafal (?) nama anggota boyband atau girlband baru, aku angkat tangan (gak sanggup bo hahaha). Member sekelas Seventeen aja dari dulu sampe sekarang belum hafal-hafal wkwkwkwk. Sekarang lebih milih menikmati karya-karya mereka aja, kalo ada lagu yang bagus dan easy listening ya didengerin gitu aja. Dan kalo untuk variety show mah aku relative apa yang lagi tren disana. Kalo sekarang mungkin kayak law of the jungle,school rapper, produce 101 season 2, show me the money season 5 etc.

Segini aja cerita sedikit tentang perjalananku mengenal korea. Ternyata udah hampir 10 tahun ya aku suka sama dunia per-korea-an. Nah, kalo korea journey kalian gimana nih chingu ?