Haiii, cantik~

Banyak orang yang kerapkali salah mengerti tentang 'no makeup' makeup dan natural makeup. Sebagian besar memahaminya sebatas makeup-nya tebal atau makeup-nya tipis.
Kali ini aku mau sharing tentang 'no makeup' makeup look. Dan ini tentu beda banget sama natural makeup.


Natural makeup lebih mengarah ke tone warna yang soft. Penggunaan bulu mata palsu (falsies) dan eyeliner tebal masih diaplikasikan. Warna lipstick-nya juga bisa cukup berani, seperti warna mauve, pink, jingga.


Sementara itu, 'no makeup' makeup merupakan makeup look pada wajah tapi terlihat seperti tidak memakai makeup sama sekali. Got it, dear? Jadi, penggunaan makeup bener-bener seminimal mungkin dan wajah lebih kelihatan 'asli'. Like a second skin. Ngga perlu pake bulu mata palsu, eyeliner pun ngga perlu pake (tapi ini opsional), warna lipstick pun cenderung nude atau kayak warna bibir asli.

Tahap-tahap memakai 'no makeup' makeup look ke wajah kayak gini nihhh:

(((anyway ini 'no makeup' makeup look versi aku yaaaa :*)))

  1. Aplikasikan pelembab terlebih dahulu. Never skip the moisturizer. Karena ini berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan biar kulit tetep kenyal, serta siap untuk diaplikasikan makeup setelahnya. Di sini aku pake Nivea sebagai pelembab.
  2. Setelah itu jangan lupa pake sunscreen atau sunblock untuk menangkal paparan cahaya matahari yang jahat. Aku pake Skin Aqua SPF 50.
  3. Pake eyebase. Ini sih opsional. Ngga pake juga ngga apa-apa. Aku pake biar warna eyeshadow lebih pigmented sekaligus menjaga kelembaban kelopak mata. Eyebase dari Viva Cosmetics lebih affordable loh.
  4. Lipbalm untuk melindungi bibir dan menjaga kelembaban bibir, sist. Jangan skip ini yaaaa. Lipbalm dari Make Over Cosmetics yang Melon Crazy cucok meong lohhh. Wanginya endessss banget dan lembut banget pas diaplikasikan di bibir.
  5. Lanjut ke bagian complexion. Walaupun judulnya 'no makeup' makeup, tetep aja butuh pake foundation dong. Di sini aku pake Wet n Wild Photofocus Foundation shade Golden Beige yang cocok banget sama skin tone aku, yaitu warm undertone dan warna kulitku yang sawo matang eksotis ala wanita Indonesia *halah*. Coverage-nya medium to full. Bisa banget di-build up. Daaaannnn ini affordable. Cocok untuk kantong mahasiswa. Selain itu, brand ini juga cruelty free loh. Makin cintaaaa kaaaannnnn?! *kiss kiss kiss* Opsi lain untuk brand dalam negeri bisa coba Make Over Foundation.
  6. Pake bedak. Aku lebih milih pake bedak tabur (loose powder) dari Wardah No. 02. Langsung aku aplikasikan secara merata dengan cara ditepuk-tepuk ke seluruh wajah tanpa perlu dengan cara baking.
  7. Lanjut ke bagian eyemakeup. Alis. Nah. Aku pake pensil alis sejuta umat, yaitu Viva Cosmetics yang warna hitam. HITAM. Walaupun pensil alis ini pigmented setengah mati, tapi ini bisa dipake juga loh untuk makeup look seperti 'no makeup' makeup look. Caranya, kita cukup filling bagian alis tanpa perlu framing yang berlebihan. Filling-nya pun cukup tipis-tipis, ngga perlu ditekan, biar warnanya ngga langsung JEDEEERRRR. Apalagi ini item. Terus, jangan lupa di-blend dengan menggunakan brush alis yang bentuknya angled brush. Usahakan tetap terlihat alami seperti bentuk alis bawaan. Kalo alisnya udah cukup tebal dan hitam, I determine to cukup disisir aja pake spoolie. Dan, di tahap ini ngga perlu pake concealer untuk mendefinisi bentuk alis. Senatural mungkin aja lah.
  8. Pake eyeshadow warna coklat muda di bagian crease sebagai warna transisi. Tujuannya cuma mendefinisi mata agar terlihat 3D. Make Over Trivia yang shade-nya Emperor Brown aku pilih sebagai go to eyeshadow. Aku pilih warna yang di tengah (coklat muda).
  9. Keriting bulu mata dengan eyelash curler. Kemudian, pake mascara. Cukup satu coat. Biar kondisi bulu mata ngga terlihat 'palsu' atau clumpy juga. Aku pake mascara dari Giordani. Ini produk dari Oriflame.
  10. Perona pipi. Pilih yang warnanya peach atau coral. Jadi, kesannya alami karena kena sun kissed. Coba deh pake Make Over Blush yang shade-nya Coral Crush. Alami banget kayak warna pipi yang merona. Ada shimmer-nya juga tapi dikit.
  11. Highlighter. Ini opsional juga. Fungsinya cuma menonjolkan bagian-bagian tertentu di wajah, kayak hidung, tulang pipi, tulang alis. Aku pake The Balm Mary-Lou Manizer. Ini ngga terlalu pigmented, jadi lebih alami aja dan bisa di-build up. Love it!
  12. Lipstick! Ini nihhh bagian terpenting dan selalu jadi barang primer bagi cewek-cewek untuk urusan makeup. Aku pake Bourjois shade Nude-Ist. Warnanya soft mauve dan ini kayak warna bibir alami. Cukup satu swipe udah bisa meng-cover seluruh bibir. Ngga perlu rapi-rapi amat juga, kan 'no makeup' makeup look. Ngahahahhh~
  13. Terakhir, semprot pake Evian. Sebenernya ini facial spray. Tapi ini bisa juga dipake sebagai setting spray. Fungsinya biar wajah tetap lembab dan mengunci makeup.
And, we're done!
Kayak gini nih hasilnya:

'no makeup' makeup look ala Elliza
Gimana? Nggak manglingi kan? Masih tetep terlihat seperti muka sendiri, cuma yang ini versinya jadi segeran, ngga kucel kayak bangun tidur. Hehe :D

Kalo berkenan nonton-nonton berbagai makeup look versi aku, bisa klik di sini yaaaaaa. Follow juga sekalian biar bisa tahu kejutan-kejutan yang datang dari aku. Hihihihi :D

Stay gorgeous, stay fabulous!