Hello, netizen!
Orang yang demen pake makeup itu memang sebaiknya rajin-rajin juga melakukan skin care routine. Sepengalamanku yang masih awam banget di dunia per-skincare-an, ternyata tahap ini penting juga loh untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat, terutama banget buat yang kerapkali ber-makeup. Nah, aku ini termasuk golongan wanita yang sering pake makeup walaupun cuma buat keperluan foto buat menuh-menuhin feeds Instagram. Tapi aku ini malesan dan jarang update info tentang skin care. Jadinya, aku cuma melakukan tahap skin care yang bener-bener simpel, ngga makan waktu banyak, nggak sampe sepuluh tahap ala skin care Korea, dan tentunya ngga ngabisin budget banyak.

Video mengenai skin care routine yang aku lakukan udah aku unggah di Youtube (full version). Kalo video singkatnya di Instagram tentunya.


Tahapan skin care routine yang aku lakukan ini termasuk singkat. Kayak gini nih:
  1. Hydrating toner. Toner yang aku pake ini dari Hada Labo. Awalnya pas aku pake ini nyaman, lembab, kulit jadi kenyal. Tapi setelah beberapa kali pemakaian, wajahku muncul beruntusan kecil-kecil. Jadi insecure dong yaaaa. Setelah muncul gejala-gejala itu, aku stop dulu pemakaian toner ini. Wajahku balik lagi dong, sehat lagi. Nah, beberapa bulan kemudian aku coba lagi lanjutin pemakaian toner ini. Eh, belum ada seminggu udah muncul lagi tuh beruntusan-beruntusan kecil di wajah aku. Akhirnya aku bener-bener stop pemakaian toner ini. Menurut pengalaman tante aku (dia pake toner Hada Labo ini), gejala beruntusan/jerawat/lainnya itu memang berlangsung selama satu tahun, abis itu wajah bener-bener bersih, sehat, bagus. Dan di tante aku cocok-cocok aja, wajahnya beneran bersih. FYI, tante aku usianya mulai menginjak 40-an loh. Hmm, sepertinya yang namanya skin care ini cocok-cocokan juga yaaaa buat setiap orang.
  2. Eye cream dari Viva Cosmetics. Krim mata buat nutrisi. Dipakenya di area bawah mata. Menurut aku, krim ini pengaruhnya kecil di area bawah mata aku karena aku punya keluhan dark circle dan kantung mata yang lumayan euyyy. Ya mungkin karena produknya ini produk murah, jadinya ngga ngasih pengaruh yang signifikan di area bawah mata aku. Hehe ^^,
  3. Pelembab. Di sini aku pake Nivea Makeup Starter. Wanginya aku suka, khas Nivea banget. Teksturnya lumayan pekat tapi tetap ringan kalau diaplikasikan di seluruh wajah. Bener-bener bikin wajah lembab.
  4. Sunscreen/sun block. Aku pake Emina dengan SPF 30. Ringan banget. Wanginya kayak wangi jeruk. Pas dipake juga ada efek dingin di wajah. Ngga bikin muka terasa berat. Harganya juga muraaaah. Sukaaaa banget! Beneran cocok buat pelajar ini sihh. :)
  5. Pelembab bibir. Aku pake dari Inez Cosmetics, brand lokal yang terkenal dengan pigmentasi eyeshadow yang ciamiikkkk banget! Lip nutrition biasa aku pake di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk melembabkan bibir. Efeknya berasa, bibir selalu lembab dan sehat.
Sekian tahapan skin care routine yang aku lakukan belakangan ini. Nantikan yaaa updated skin care routine dari aku berikutnya. See you!