Hello~

Bagaimana kabarnya? Sehat sehaaaatt? Baik-baik saja? Semoga selalu bahagia yak!!
\(^_^)/
Kalo pergi jalan-jalan atau ke acara kondangan alias jagong manten, pasti kita pengennya wajah kita terlihat flawless dong yaaaa. Salah satu koentji agar wajah terlihat flawless, natural, glowing, lembab, silau, cemengkling yaitu dengan penggunaan MAKEUP, terutama bagian complexion atawa perwajahan/dasar makeup. Yay! Salah satu barang krusial yang dibutuhkan yaitu alas bedak. Alas bedak ini seringkali disebut foundation. Bahasa slang-nya sih fondie. Ku juga ngga tau itu kenapa disebutnya foundation yang mana bila diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi 'pondasi'. Mungkin karena ini fungsinya sebagai pondasi riasan kelezzzzz yeiyyy?!


Kali ini aku mau review tentang alas bedak a.k.a foundation yang bernama Make Over Ultra Cover Liquid Foundation. Seperti ini penampakannya, para pembaca:
the foundation

Alas bedak ini ukurannya kecil kira-kira segenggaman tangan aku. (((yhe padahal tanganku kecil juga soalnya bentukanku kayak minion))) 😜

Volumenya 33 mililiter. Di wadahnya bertuliskan identitas Make Over yang sangat sophisticated dan eye catchy. Wadahnya dari kaca dan harus ekstra hati-hati, sayang. Salah-salah kalo jatoh, petjaaaaahhhhhhh. Huwaaaaaa!!!! :'(((((((( 😭😭😭😭😭

Aku suka bagian pump-nya nih yang berfungsi untuk mengeluarkan produk sekaligus sebagai tutup wadah. Kalo bentuknya pump kayak gini, bener-bener memudahkan kita untuk mengontrol sebanyak apa si produk ini mau digunakan di wajah kita, girls.
tutup

Anyway, abaikan si tutup yang belepotan bekas noda foundation ini yaaaaa. (((Tandanya ini sering dipake gitu lohhhhhhh, stay positive, guys!)))

Di situ ada lambang berbentuk lingkaran dan tanda minus. Jadi, ini fungsinya buat buka-tutup. Tinggal digeser aja sejauh (sekitar) 10 derajat ke arah kiri buat membuka dan ke arah kanan untuk menutup jalan keluarnya foundation ini. Terus, tinggal dipencet deh buat ngeluarin si produk. Mencetinnya juga bebas. Bisa sekali pump atau setengah pump atau seperempat pump kalo bisa dan mampu pake segitu dikitnya produk.
bagian bawah

Bagian pantat wadah foundation ini ada keterangannya, say. Yang aku punya ini shade-nya Amber Rose No. 04. Ini cocok buat yang kulitnya berwarna sawo matang seperti kebanyakan wanita Indonesia dengan kulit eksotisnya. Beneran cokelat sawo matang. Tapi fondie ini ada hint warna pink jadi ini lebih cocok lagi dipake sama orang yang memiliki pink undertone. Walaupun demikian, sejauh ini aku pakai, cocok-cocok aja sih. Klienku yang punya warm undertone pun pake alas bedak ini juga bagus-bagus aja.

Tekstur alas bedak ini cair banget, gampang di-blend, tidak berbau menyengat, dan ringan di wajah. Namun, meresapnya agak lama. Selain itu, hasil akhir setelah foundation ini diaplikasikan ke wajah adalah dewy finish padahal claim-nya matte. Menurut aku sih ini bener-bener dewy, glowing gitu. Kekurangannya lagi: this is oxydize! Kulit jadi menggelap setelah beberapa jam pemakaian. Tapi nggak geser kok, jadi makeup tetep stay di wajah. Harganya juga affordable sekitar 120K. Rentang shade-nya juga banyak, mulai dari yang terang sampai yang gelap.
the makeup look

Kurang lebih seperti itu hasil pemakaian foundation Make Over bertekstur liquid ini. Di situ aku ngga nge-set pake bedak, jadi hanya menggunakan foundation. Coverage-nya sheer to medium. Jadi ini ngga full coverage sehingga cocok banget dipake buat harian sekalipun karena formulanya ringan di kulit dan hasil akhirnya nggak medhok alias ora ndhempul banget.

Aku pake foundation ini tanpa primer atau base makeup dan ini bertahan 2 jam. Sementara, kalau pake makeup komplit mulai dari primer/base makeup, kemudian di-set dengan bedak tabur dan bedak padat, setelah itu disemprot dengan setting spray, ketahanannya bisa sampe 7 jam loooh!


Saranku, kalo beli alas bedak ini sebaiknya pilih yang shade-nya dua tingkat lebih terang dari warna kulit asli. Karena ini seriously bakalan oxydize paraaaaaahhhhhhhhhhh..... 😧

Ngga apa-apa di awal pake makeup jadi kelihatan kayak geisha karena muka jadi terlihat putih syekaleee, tapi setelah hitungan 1-2 jam kemudian efek kimiawi dari foundation ini mulai bekerja (oxydize), naaaahhh di muka kan jadi pas gitu sesuai dengan kulit wajah asli dehhhh. Begitu cara menyiasatinya.

By the way, ini brand lokal loooohhhhh. Make Over itu satu pabrik dengan Wardah dan Emina. Jadi mereka ini the sisters gitu dehhhh. Makin bangga deh dengan produk negeri sendiri. Ngga perlu jauh-jauh nyarinya, karena I'm sure counter Make Over ini mudah ditemukan di toko kosmetik.


Sekian review dari aku dan versi AKU mengenai foundation Make Over. Jangan lupa untuk singgah di postinganku yang lain juga, yah! 😏

Stalk me on Instagram for further and many more review products and also several kind of makeup looks @ellizaefina.
Thank you for reading, guys!
Have a nice day!