Banyak wanita membeli banyak produk-produk perawatan yang mahal untuk mendapatkan kulit bercahaya, awet muda, dan tidak kusam. Mulai dari perawatan ke salon, membeli produk skincare, hingga membeli banyak masker untuk dipakai tiap minggunya. 
Gak julid, aku juga gitu, kok wkwkwk Tapi kalian pernah ga sih pengen maskeran tapi ternyata stok masker kalian abis? :( 


Aha-yu-ting-ting! Aku punya ide!

Gimana kalo coba bikin masker DIY aja sendiri? Bahan-bahannya pun mudah didapat dan mudah dibuat juga maskernya, hihi. Nulis ginian aku mikir, lho. Aku orangnya mager kuadrat, pengen bikin DIY mask aja yaoloh ngumpulin niatnya susah, apalagi ngumpulin bahan-bahannya?
Berkat mbah google yang senantiasa membantu, ternyata aku bisa bikin masker dari bahan yang aku punya dan ga perlu keluar rumah, yaitu :

  • Oatmeal
  • Madu
  • Telur
  • Minyak Zaitun 

Berhubung aku suka banget makan oatmeal, ternyata makanan ini multifungsi, ya wkwkwk aku terkejut.



Masker Oatmeal

Apa manfaat oatmeal untuk kecantikan?

  • Oatmeal dapat menyembuhkan jerawat yang meradang, karena memiliki kandungan Amino Acids
  • Oatmeal juga dapat digunakan untuk memutihkan dan melembutkan wajah
  • Memiliki kandungan saponin yang dapat membersihkan wajah dan minyak yang berlebih
  • Memiliki vitamin B1 dan E yang baik untuk mengurangi tanda penuaan dini
  • Kadungan betaclugan dalam oatmeal dapat menutrisi wajah dan meningkatkan produksi kolagen
  • Memiliki antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang terpapar!

Makanan sebelah sangat bermanfaat dan biasanya cuman bisa lu cemilin, rub. Kemana aja? wkwkwk
Lah iya gue makanin, berarti kan gue sudah merawat kulit dari dalam WKWKWKWK

Back to topic, yak ini resepnya! Silakan dicoba!

Apa yang aku rasakan setelah first time maskeran pake ini?
Ketika waktunya sudah tiba, masker ini akan menjadi kering dan terasa mengencang di kulit.
Setelah dibilas, aku ngerasa kulit aku lebih segar dan fresh. Terlihat slightly lebih cerah dan lebih lembut. Yaokelah, sensasinya sama kayak masker kalo lu beli di pasar drugstore.


Masker Oatmeal dan Madu

Nahloh, madu! Kalian pasti udah tau kan, kalo madu emang punya segudang manfaat. Gak cuma untuk kesehatan tubuh, tapi juga untuk kecantikan, lho! Perlu dilist gak nih, manfaatnya? Apa mau googling sendiri?

Aku terlalu baik untuk kalian, jadinya aku bantu list, ya!

Manfaat madu untuk kecantikan :

  • Dapat digunakan sebagai pelembab alami
  • Dapat membuat wajah menjadi halus
  • Mengangkat sel kulit mati
  • Dapat menghilangkan komedo, noda bekas jerawat, dan flek hitam
  • Dapat mengecilkan pori-pori wajah

Gimana cara buatnya?

Apa yang aku rasakan setelah memakai masker oatmeal dan madu untuk pertama kali?
Pertama, masker ini tidak akan kering di kulit wajah, well it's honey tho. Jadi, gak usah ditungguin kering. Bilas aja kalo kamu udah ngerasa cukup, hehe. Karena ini DIY, gaada aturan pakai sih, sesukamu lah, ndo nentuin durasi pemakaiannya.
Sensasinya sama kayak abis pakai masker rambut yang kandungannya madu : tidak ada efek segar atau dingin di muka. Hanya saja, ini bikin kulit aku lebih lembut dan kenyal. Aku juga notice pori-pori aku look better (also slightly karena baru sekali pakai!). Rasanya pengen sentuh muka terus dan cubit-cubit pipi, hehe! Komedoku juga mendadak hilang >_<


Masker Oatmeal, Putih Telur, dan Minyak Zaitun


Putih telur terkenal sebagai masker alami untuk memutihkan, menghaluskan, membersihkan, menyegarkan, dan mengencangkan kulit wajah kita. Suka lihat dong, masker dengan kandungan telur di dalamnya? Ya, gak? Daripada beli masker itu, mending beli telur sekilo di warung. Lumayan, kuning telurnya masih bisa dimakan, hehe.

Terus? Minyak Zaitun fungsinya apa?
Minyak ini seperti minyak ajaib, karena emang multifungsi. Biasanya aku pakai untuk dioleskan ke rambut dan kulit kepala, lalu dipijat-pijat. Karena bisa menstimulasi pertumbuhan rambut, berhubung aku punya masalah rambut rontok......yagitu deh. /sedih

Untuk wajah sendiri, minyak zaitun dapat mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori wajah, menghaluskan, memutihkan, dan melembabkan kulit, serta menyembuhkan jerawat, Iya, bisa sembuhin jerawat, soalnya punya kandungan antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi. Mantep ga, mba?

Nah, sekarang kita ingin menyatukan kekuatan oatmeal, putih telur, dan minyak zaitun.
Caranya mudah sekali, check it below!

*Langkah ketiga : Fotonya salah ambil. Malah oatmeal kering yang dimasukkan. Seharusnya oatmeal matang, yaa! Oatmeal yang sudah diberi air hangat ^^ in case you notice the mistake on photo.

Pertama, hasil dari pembuatan masker ini bisa dipakai untuk 1 keluarga yang tidak KB, hahaha!! Banyak banget buseet, dan aku pakai bersama adikku, hehe. Maskernya jadi full 1 mangkok ketika ditambah sama oatmeal ekeke
Masker ini cocok untuk dipakai ramean --- jika ingin buat untuk 1x pakai, kalian bisa kurangi dosisnya, ya! Jangan pakai 1 putih telur full, tapi cukup sebagian saja,

First impression aku pas pake ini, gak bau amis telur, sih. Lebih wangi oatmealnya dibanding wangi si putih telur. Dan yes, masker ini akan mulai mengering dalam jangka waktu 20 menit. Kering yang ditimbukan itu sama kayak masker (contoh) purbasari bengkoang. Jadi keringnya, narik kulit gitu --- I can't talk and laugh.
Setelah dibilas, hampir 10x aku bilang ke adikku, "Dek, kulit kakak jadi cantik, dong" wkwkwkwk Kulit jadi lebih lembut, kencang, kenyal maksimal!

Oatmeal yang aku pakai itu dari Quaker Oats yang bungkus merah - yang instant oats. Aku punya yang isi 1000g atau 1kg, harganya sekitar Rp 45.000,-. Karena, aku konsumsi ini tiap hari, hehe. Enak, bikin nagih. Kamu juga bisa beli versi kecilnya kok, cuma 15ribuan kalo gak salah. Kamu bisa beli di indomaret, alfamaret, atau di supermarket terdekat. Oats tidak dijual di sociolla.

Semua yang aku tulis disini adalah pengalaman pertama aku cobain masker ini dan belum dicoba secara rutin. Untuk hasil maksimal, tetap rutin gunakan masker 2-3 kali seminggu.

Post ini merupakan bagian dari Beauty Post Collaboration yang diselenggarakan oleh


Gak cuma aku yang ikutan, temanku Lita Rianti juga share tentang DIY masker greentea, lho! Ingin tau resepnya gimana? Kalian bisa cek di : Beauty with Lita Rianti

Gimana, guys? Tertarik untuk buat masker sendiri? It's super fun!!