Apa kalian adalah salah satu yang ingin menjadi beauty blogger? Atau kalian “adalah” beauty blogger itu sendiri? Gimana sih cara menjadi beauty blogger? Gimana caranya membuat artikel kecantikan yang baik?

Nahh, kali ini beautysquad ngadain Ngopi Cantik 5 dengan tema How to Write A Beauty Article. Ngopcan kali ini, beautiesquad bekerjasama dengan Beauty Journal by Sociolla, lho! dann kak Grisselda Nihardja, beautyjournal’s head editor yang bakalan kasih materi ke para blogger. Canggih, kan? HUHU. Penasaran, jadinya aku join deh. Kamu penasaran juga gak? Penasaran donggg >__<

Berhubung aku juga masih baru dalam dunia beauty blogger, pengen banget rasanya aku tau gimana cara bikin artikel yang baik dan menarik! Yuk, simak bareng-bareng!

Menjadi beauty blogger tentu memiliki beberapa tantangan dan tanggung jawab tertentu. Tentunya, kita bertanggung jawab akan konten yang telah kita publish, sehingga kita harus berhati-hati dalam bertutur kata di dalam blog.

Lalu, tantangan dapat berupa kamu gak punya ide atau mentok ide, rasanya kayak buntu banget. Untuk mengatasi mentok ide, kamu bisa dapetin ide dan inspirasi kamu dari :


1. What’s trending on social media?

Nah, ini nih penting bagi kamu untuk selalu cek dulu apa sih, yang lagi trending di social media? Kamu bisa cek di instagram, youtube, facebook, atau twitter. What’s trending on there? Karena jaman sekarang, semua orang pasti punya dan pakai media sosial di gadgetnya.


2. From people around us

Di sekitar kamu, lagi banyak ngomongin apa, sih? Misalnya, teman-temen kelasan lagi rame ngomongin lipstick brand lokal yang hits banget dengan harga yang affordable. Nahh, ini nih. Kamu bisa tulis artikel rekomendasi seputar lipstick lokal yang bagus dan murah. Got another idea? What’s going on your class?


3. Google Trends

Kita juga bisa cek apa yang lagi trending via Google Trends. Waduh, apa nih? Pernah denger, gak?


Google trends adalah grafik statistik pencarian web yang menampilkan popularitas topik pencarian pada kurun waktu tertentu. Hasil dapat ditampilkan menurut kota, wilayah atau bahasa. Berita-berita terkait topik yang menjadi tren juga ditampilkan di sini. 


Contohnya, kamu search keyword “lipstick”, lokasi di Indonesia, dengan kurun waktu 1 bulan terakhir. Nah, nanti muncul tuh lipstick apa aja yang paling sering disearch di google. Easy, right?

Everyone is unique and have their own creative way to express ideas, so which one will make you comfortable enough? Just choose what you like!

Jika kita udah punya topik idenya, jangan lupa ide tersebut dicatat biar jadi arsip untuk artikel berikutnya. Nah, saatnya kamu coba untuk menulis artikel yang terinspirasi dari ide tersebut. Artikel macam apa yang ingin kamu buat?

Image: Shutterstock/Jarupan Jakkaew

Rekomendasi

Kamu perlu menjelaskan secara singkat apa yang membuat produk tersebut bagus dan kenapa kamu merekomendasikannya. Kamu harus memberi tahu beberapa informasi untuk tiap produk, apa yang membuatnya berbeda dengan produk lain? Apakah harganya, ingredientnya, pilihan warnanya? Let the readers know! ^^

Review

Sudah tau kan, apa saja yang perlu dibahas untuk review? Nih, aku ingetin lagi ya : Kemasan, klaim, ingredient, cara pakai, pendapat, harga produk, dan dimana produk tersebut bisa dibeli.  Make sure you write all of these, ok? ^^ or at least contains 6 of them.


Tips

Usahakan dimulai dari tips yang practical dan dapat membantu si pembaca. Kalo tipsnya sulit, hingga merepotkan untuk dibuat atau dilakukan, misalnya kamu mau buat face mask DIY, terus kamu misalnya mesti pake bahan yang cuma ada di tempat-tempat tertentu dan susah ditemuinnya. Yakin reader bakal mau ngelakuin? Gak, kan?


Tutorial

Tutorial yang kamu buat tentunya harus didukung secara visual, yakni dengan menyertakan foto, gambar, atau ilustrasi mengenai tahap yang sedang dijelaskan di dalam artikel tersebut. Bukankah reader lebih mudah memahami apa yang kamu coba jelaskan dengan memberikan dia sebuah contoh?


Interview

Mungkin diantara beauty blogger ada yang datang ke event-event launching procuk tertentu, nahh kamu bisa tuh sekalian interview brand manager atau orang-orang dibalik event itu untuk mendukung penulisan artikel kamu. Sebelum interview, kamu harus menyiapkannya secara matang, mulai dari menyiapkan tema, lalu pertanyaan – pertanyaan mengenai tema tersebut, dan kamu juga harus mengetahui ingin menyoroti dari angle mana. 

Kamu bisa menanyakan pertanyaan-pertanyaan umum di awal interview untuk mencairkan suasana! Tapi jangan keterusan yaa, nanti tidak relevan wkwkwkw

For good beauty article, kamu bisa masukan 3 aspek ini dalam artikelmu :

  1. Intro : Bisa menyoroti suatu masalah atau konsep
  2. Isi artikel : poin-poin penjabaran dan usahakan untuk sistematis
  3. Closure : Kesimpulan, pertanyaan kepada pembaca untuk mengundang mereka untuk komen dibawah. And you must be respectful objective, ok? ^^
Nah, artikel yang bagus itu merupakan artikel yang dapat membuat pembaca :


Misalnya, artikel tersebut mendorong pembacanya untuk ikut coba sesuatu dari tips, tutorial, atau produk yang sedang kamu bicarakan dan merasakan suara atau opini si penulis, apakah dia juga pernah merasakan hal yang sama dengan pengalaman atau cerita yang dituangkan oleh si penulis

Gimana? Kamu tertarik untuk menjadi beauty blogger? Mulailah menulis dan tuangkan idemu di dalam blog! ^^ And you know, it is fun to interact with readers. Shall we try? Hehe, talk to me! This blog is alive lol