Hi There!

Kembali ngereview beauty product lagi yang sudah aku coba Satu minggu lalu. Udah cukup lama dicoba tapi baru aku inget untuk nulis reviewnya.  Dikit informasi aku mencoba Skincare baru yaitu Cetaphil gentle cleanser, saat itu kulitku sedang berjerawat karena mau dating bulan, jerawatnya jerawat dalem yang pegel kalau di senggol.

Dari informasi yang aku dapet formula Cetaphil ini cukup ringan, tidak ada scrubnya juga, dan aman untuk kulit sensitive sekalipun. Gak ngerasa khawatir aku langsung nyobain Cetaphil gentle cleanser saat terima produknya.

Dalam Box yang aku dapet dari Guardian (gegara isi kuisioner daat produk ini)isinya ada : Cetaphil gentle cleanser and Cetaphil body lotion.

About Cetaphil

Cetaphil adalah produk yang dihasilkan oleh Galderma, perusahaan farmasi Amerika yang merupakan bagian dari Nestle. Cetaphil gentle cleanser direkomendasikan dermatologis, dan sebelumnya udah tau kalau Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini tanpa busa, dan punya klaim memiliki pH balanced formula dan Hypoallergenic.

Packaging :

Dari segi packaging, termasuk unik dan klasik, botolnya terbuat dari plastik yang agak lentur sehingga memudahkan untuk di pencet untuk menuangkan produk. sedangkan kemasan yang besar menggunakan pump untuk mengeluarkan produknya.

Menurtuku Cetaphil Gentle Skin Cleanser ini memiliki identitas kemasan yang clean, simple, unik dan bagus dari pembersih wajah pada umumnya.

Texture :

Cetaphil gentle cleanser memiliki texture yang Mild, kaya gel yang gentle gitu, mirip texture shampoo dengan warna agak keruh seperti gambar di bawah ini, saat digunakan produk ini tidak mengeluarkan busa sama sekali, 98% gak berbusa.

Cetaphil body lotion, mirip lotion padaumumnya dengan texture creamy, berwarna putih susu. tidak terasa lengket di kulit dan mudah diserap kulit. menurutku fungsinya lebih ke melembabkan seperti yang tertulis di kemasannya, yaitu Extra Hydrating kulit jadi agak kurang melindungi dari sinar matahari.

Ingredients :

Cetaphil cleanser ingredients: water, cetyl alcoholpropylene glycolsodium lauryl sulfatestearyl alcoholmethylparabenpropylparabenbutylparaben.

Cetaphil gentle skin cleanser hanya mengandung delapan buah formula yaitu air, cetyl alcohol, propylene glycoldan stearyl alcohol (ketiganya mampu melembutkan wajah); sodium lauryl sulfate (mampu mengangkat kotoran) dan tiga bahan pengawet yaitu methylparaben, propylparaben dan butylparaben.

Sebenernya sempet kepikiran, karena produk ini mengandung paraben which is banyak orang menghindari ingredients ini karena berbahaya di gunakan terus menerus. Tapi menurut informasi dari google kandungan parabenya tidak akan memberi efek buruk karena penggunaannya tidak terserap kulit karena mencuci muka hanya butuh waktu singkat kemudian langsung di bilas.

How to use :

  1. Basahi telapak tangan dengan air
  2. Kemudian tuangkan produk secukupnya
  3. Kemudian gosok2 pada tangan dan usapkan pada wajah
  4. Di usapkan pada wajah mingga mengangkat semua kotoran, setelah beberapa detik
  5. Kemudian di bilas dengan air bersih
Gambar sebelah kiri, produk yang telah di gosok ke wajah, terlihat ga ada busa sama sekali.

My Review

Melanjutkan bahasan aku di bagian ingredients. yaitu perihal kandungan peraben yang tertulis di ingredients, ada beberapa unsur ingredients yang termasuk paraben, padahal skincare ini di rekomendasi kan oleh para farmasi di Amerika? Penjalasan yang aku dapat begini:

Mengutip dari https://iprice.co.id/trend/fashion-kecantikan/kontroversi-cetaphil-mengandung-paraben-aman-atau-tidak/ ,

katanya paraben pada cethaphil ini fungsinya hanya sebagai pengawet saja, dan sejauh ini tidak membuat reaksi alergi bagi kulit sensitive karena paraben disini hanya digunakan untuk pembersih wajah jadi akan mengenai kulit kita hanya beberapa detik saja.

First impression aku memakai cetaphil gentle cleanser adalah, Aneh… Kaya ngusap-ngusapin gel yang gentle gitu ke wajah, terus saat dibilas kerasanya lumayan agak keset si kulitnya, soalnya da yg pembersih muka tanpa sabun hasil akhirnya jadi licin kulitnya.

Saranku untuk pakai gentle cleanser dari cetaphil kalian harus bersihin wajah pakai micellar water dulu baru lanjut pakai ini biar ngerasa bener-bener bersih.

Ketika aku nyobain pembersih wajah cetaphil gentle cleanser selama seminggu saat kulitku sedang berjerawat hasilnya kurang ampuh untuk membasmi si jerawat masih aja tetep aktif, dan pegel.

Tapi cetaphil ini memang fungsinya bukan untuk mengobati jerawat si, untuk kondisi kulit keseluruhan terasa cukup lembab dan kulit terasa bersih.

Oh iya, sedikit curhat dari seorang teman saya di social media yang, dia telah memakai cetaphil ini hamper 3 mingguan, dia memiliki kulit wajah berminyak (cukup parah  katanya)  tetapi kulitnya secara bertahap mucul beruntusan yang cukup mengganggu, dan akhirnya memutuskan untuk menghentikan pemakaian cetaphil ini dan tidak pakai facial foam apa-apa hanya pakai jeruk lemon untuk membersihkan wajah, dan wajahnya sudah mulai bersihan.

Cetaphil memiki PH balance dan formula yang ringan untuk membersihkan wajah, hanya saja untuk kecocokan suatu skincare memang harus di cobain sendiri untuk ngebuktiin keampuhannya, tetapi yang perlu di perhatikan saat beli skincare adalah:

  1. Ketahui kondisi kulit kamu, apakah kering, normal, berminyak, kombinasi, etc agar mudah memilih skincare yang tepat.
  2. BPOM yang berarti skincare tersebut sudah di periksa dan di awasi oleh badan pengawas obat dan makanan. Dan jangan lupa cek benar-benar kode BPOM apakah benar produk tersebut sudah tercatat di BPOM? https://www.pom.go.id/new/view/direct/function
  1. Tertulis jelas/ Kalian mengetahui Kapan product expired datenya.

Apa kalian pernah coba cetaphil gentle cleanser juga? sharing dikolom komentar ya :D, Sekian postingan kali ini, sampai ketemu di post berikutnya, bye-bye!