Kali ini reviewnya agak melenceng dikit yaa dari beauty products. Ini tuh lebih ke contact lens cleaner yaitu Aosept Plus Cleaning Solution. Aku jujur baru denger ini dari baca forum Female Daily dan banyak yang bilang bagus akhirnya penasaran soalnya kebetulan aku masih nyari softlens cleanser/solution yang cocok di aku. Aku merasa harus ngebuat blog post tentang ini karena emang aku suka sama produknya dan mau share gimana cara aku pake produk ini. Soalnya aku cukup kebingungan waktu pake ini pertama kali walaupun aku udah baca instruction nya.


P A C K A G I N G





Aosept Plus Cleaning Solution ini kotaknya lumayan gede, isinya juga banyak. Ada 360ml, aku udah pake ini sekitar 2 bulan dan kayaknya baru setengah sih kepakenya. Botolnya ini gede dan gak transparan, jadi gak keliatan isinya tinggal berapa.


Kalo diperhatiin, tutupnya warna merah menyala ya. Ini ada sebabnya loh. Soalnya solution ini gak boleh diteteskan ke mata / terkena bagian mata. Karena ini merupakan larutan hydrogen peroxide dan harus dinetralkan dulu, kalo enggak bakalan perih kalo terkena mata. Walaupun kena tangan, harus dicuci juga tangannya. Paling sih yang aku kurang suka dari tutupnya ini tuh bahan plastiknya lumayan tipis jadi aku harus hati - hati bukanya biar bagian engselnya itu gak patah.


Dalam 1 box Aosept Plus Cleaning Solution ini kita akan dapat 1 botol solution nya dan 1 buah alat pencucinya. Agak serem ya keliatannya tapi ini berguna banget loh. Oh iya alat pencucinya ini harus diganti tiap 3 bulan sekali ya, soalnya anti kemampuan dalam menetralkan hydrogen peroxide nya jadi berkurang lama kelamaan. Jadi sekalian ngabisin solution nya juga.



Alat pencuci nya ini berbentuk tabung kecil dengan tutup di bagian atas. Nah bagian pembersihnya menempel di bagian tutup yang terdiri dari lens holders dan AODISC Neutraliser Catalyst (bagian bawah yang berwarna hitam).




Untuk kalian yang minus di kanan dan kiri matanya beda, tenang aja. Untuk lens holders nya ini ada lambang L (di bagian tengah dome) dan lambang R (di bagian ujung dekat AODISC) jadi gak akan ketuker yang mana bagian kanan dan kiri. Untuk ngebukanya tinggal tekan bagian yang aku lingkar merah, terus nanti kebuka deh.


Ini instruksinya, ada dalam 2 bahasa yaitu bahasa inggris dan cina deh kayaknya. Jujur aku masih bingung setelah baca instruksi ini, jadi aku akan jelasin gimana cara aku menggunakannya ya.


H O W   T O   U S E


1. Cuci tangan kalian dan keringkan dengan handuk. 



2. Buka lens holder, kemudain letakkan lensa di bagian tengah dome (bagian bulat yang menonjol) kemudian tutup dengan hati - hati. Jangan sampai lensanya kejepit di tutupnya ya. Lakukan untuk kedua lensa.



3. Isi tabung dengan larutan hydrogen peroxide sampai dengan batas yang ada pada tabung (di bagian lingkaran merah). Jangan sampai kurang atau melebihi garis ya. Soalnya takut solutionnya bakalan tumpah / kurang saat tutupnya dipasang.


4. Setelah lens holder tertutup, bilas dengan larutan hydrogen peroxide di kedua sisi selama 5 detik. Lalu pasang tutup ke dalam tabung, tutup dengan rapat. Kalau kalian isi solutionnya terlalu banyak, bakalan tumpah. 
  • Kalau terlalu sedikit, solutionnya gak akan merendam softlensnya dengan baik. 
  • Sesuai instruksinya, kalau tumpah / kurang kalian harus buka tutupnya, keluarkan isinya, kemudian ulangi dari step pertama dan pastikan isi solutionnya dengan pas. 
  • Kalau kalian sudah ikuti instruksi dengan benar, maka akan seperti gambar di atas. 

Efek gelembung ini wajar ya karena AODISC nya sedang menetralkan larutan hydrogen peroxide. Jangan buka tutup dan mengocok tabung saat proses ini berlangsung


5. Diamkan selama minimal 6 jam sampai bubble nya udah gak ada lagi. Aku biasanya ditinggal pas tidur aja jadi pas paginya bisa langsung dipakai (sekitar 8 jam). Kalau kalian belum mau langsung pakai lensanya, bisa dibiarkan saja di dalam tabung selama maksimal 14 hari.

6. Kalau mau pake, langsung aja ambil lensanya dari lens holder, jangan dibilas dengan larutan hydrogen peroxide soalnya bakalan perih matanya. Kalo mau dibilas dengan solution lain sih gapapa, kalo aku pribadi langsung pake aja. Kadang pake solution yang sudah dinteralin (di dalam tabung) kalo emang butuh air lagi di softlensnya biar lebih enak pakenya.

7. DO THIS WITH YOUR OWN RISK, THIS IS JUST WHAT I DO. Kalo aku sih gak terlalu sering bersihin softlens dengan ini, lebih kayak setelah 2 kali pemakaian baru aku bersihin dengan ini lagi. Jadi setelah dipake sekali, aku biasanya pindahin solution yang sudah dinetralkan ke lens case yang biasa aku pake, lalu lensa nya disimpan disitu. Di dalam instruksinya gak ada bilang begini, cuman berhubung menurutku boros untuk punya 2 solution sekaligus, akhirnya aku pake cara ini.

8. Kalo kalian gak masalah punya 2 solution sekaligus, solution di case bisa pake solution yang biasa kalian pake dan cocok.


M Y   P E R S O N A L   O P I N I O N


Aku kebetulan termasuk yang gak mikir pusing soal softlens solution, aku kira bakalan sama aja semua merk. Makanya akhirnya aku beli yang murah dulu, merk Nice Look apa ya yang harganya 10 - 20 ribu dan hasilnya SANGAT GAK BAGUS! Mata aku jadi super perih, berair, merah, dan lama - lama jadi berbayang pandanganku. Aku kira gara - gara softlensnya, ternyata setelah baca - baca dari Forum Female Daily penyebabnya bisa jadi gara - gara solutionnya. Masih belom kapok aku ganti solutionnya dengan merk yang masih tergolong murah dan hasilnya sama aja. Berhubung banyak yang bilang ini bisa deep clean your softlens and make it feels like brand new, akhirnya aku coba beli. Sayangnya ini udah susah dicari sekarang tapi akhirnya ketemu juga di marketplace.

Baca juga: [REVIEW] Rollover Reaction – Prudence

Setelah aku coba, asli super puas banget. Rasanya sama persis dengan yang aku baca di forum FD. Bener - bener kayak baru, super nyaman, gak perih, dan lensaku jadi bisa bertahan lebih lama di mata (gak kering) tanpa tambahan eye drops. Emang stepsnya lumayan ribet tapi super worth it.

Aosept Plus Cleaning Solution ini harganya yang paling murah sekitar 80 ribu dan sejauh ini aku hanya bisa temuin di online. Bahkan ada yang jual sampe 90 ribuan ke atas jadi pinter - pinter kalian nyarinya aja sih. Oh iya aku biasanya beli disini soalnya harganya yang paling murah cuman cepet out of stock juga jadi sering - sering dipantengin aja kalo mau beli. Overall walaupun harganya mahal, aku bilang sih worth it apalagi buat kalian yang susah banget cari solution yang pas.