Kalau bicara tentang brand lokal khas Indonesia, sudah pasti dong jawabannya Sariayu!
Berdiri sejak tahun 1983, Sariayu yang berada di bawah Martha Tilaar Group sudah menjadi salah satu kosmetik pilihan wanita Indonesia. Harganya terjangkau dan konsepnya pun Indonesia banget sih menurutku.
Sebagai trendsetter, Sariayu selalu konsisten mengeluarkan seri kosmetik terbarunya yang sesuai dengan tren warna setiap tahunnya.
Untuk #SariayuColorTrend2018, Sariayu meluncurkan Inspirasi Jakarta. Sariayu Inspirasi Jakarta hadir dengan warna-warna yang dinamis, modern, tapi tetap mempertahankan natural beauty yang terinspirasi dari ibukota Indonesia, Jakarta. Seri Inspirasi Jakarta ini cocok untuk perempuan yang mandiri, aktif, dan menginspirasi.



Kali ini, bekerjasama dengan Beautiesquad, aku mendapatkan dua produk dari seri Inspirasi Jakarta yaitu Eyeshadow Kit J-01 dan Matte Metallic Lipstick J-05. Seperti apa sih performa kedua produk terbaru Sariayu ini? Yuk kita langsung lihat reviewnya!

Sariayu Inspirasi Jakarta Eyeshadow Kit J-01


Hadir dalam 2 varian warna dengan 8 warna yang mudah dipadu-padankan, Eyeshadow Kit dari Sariayu ini mengandung ekstrak buah Kersen yang tinggi vitamin C dan vitamin E sebagai antioksidan.
Yang aku dapatkan adalah varian J-01 yang berisi warna-warna natural, berbeda dengan varian lainnya yaitu J-02 yang warna-warnanya lebih colorful dan vibrant.
Kita bahas dari packagingnya dulu ya.

 

Jadi packaging Sariayu Eyeshadow Kit J-01 ini ukurannya mungil, ringan, dan compact. Travel friendly banget sih, sayang bahannya dari plastik yang agak ringkih. Harus ekstra hati-hati nyimpennya soalnya gampang pecah kalau jatuh.
Di bagian depan didominasi warna putih dan ada ilustrasi kota Jakartanya. Sedangkan di bagian belakang warnanya bronze dan ada stiker bertuliskan sedikit product knowledge.
Sudah ada logo Halal dari MUI, keterangan dermatologically tested dan No Animal Testing juga.
Sayang sekali aku nggak dapat informasi apa-apa mengenai ingredients lengkapnya, nanti kalau sudah dapat bakalan aku update ya.


Saat dibuka, ada kaca yang ukurannya cukup besar, 8 pan warna, dan aplikatornya yang berupa dual ended sponge & brush.
Warna-warnanya kalem, kesannya elegan dan natural. Nggak too much, cocok buat kamu yang suka tampilan natural!
Berikut adalah swatchesnya di tangan.


01 - Golden. Ada sedikit shimmer tapi nggak berlebihan, bagus untuk highlight inner corner atau bagian center ketika membuat halo eyes. Sayangnya warnanya sheer banget kalau cuma sekali swipe, perlu beberapa kali swipe supaya warnanya kelihatan di kamera.

02 - Shimmery Pink. Sama seperti warna 01, pigmentasinya juga kurang bagus.

03 - Orangey Copper. Pigmentasinya bagus, sekali swipe warnanya langsung keluar. Warna ini shimmernya nggak terlalu banyak jadi terlihat metallic.

04 - Dusty Pink. Mirip-mirip rose gold gitu, tapi sayang pigmentasinya kurang bagus.

05 - Matte Brown. Satu-satunya warna matte di palette ini. Bagus buat transition color dan outer v untuk warna-warna yang muda.

06 - Burgundy Red. Seperti warna nomer 03, pigmentasinya bagus. Warna ini juga ada shimmernya sedikit jadi kesannya metallic gitu.

07 - Dark Green. Di pan sih warna ini cakep banget! Pertama kali lihat aku langsung mikir pengen bikin eye makeup dengan tema evergreen gitu. Tapi saat di swatch, zonk. Hijaunya nggak keluar, Terus pigmentasinya nanggung, worst in this palette. Untuk menghasilkan swatch seperti foto di atas perlu beberapa kali swipe hingga warnanya keluar.

08 - Black. Sayangnya warna hitam yang ada di pan ini nggak matte, melainkan ada sedikit glitternya. Nggak begitu pigmented juga.

Secara keselurahan, pigmentasi dari palette ini nggak begitu bagus. Mungkin karena konsepnya natural beauty ya, jadi pigmentasinya nggak yang jeder banget gitu. Baik warna yang muda maupun yang bold pigmentasinya ya gitu, kurang mantep. Aku sudah coba apply ke eyelid menggunakan concealer sebagai basenya, dan hasilnya warnanya lumayan keluar, tapi tetap subtle.
Untuk tekstur cukup lembut, tapi nggak buttery. Yang aku suka falloutnya sedikit banget malah hampir nggak ada.

Sariayu Matte Metallic Lipstick J-05


Matte Metallic Lipstick dari Sariayu ini punya 7 shade yang warnanya sekitaran pink dan red. Untuk varian warna rednya cukup beragam, ada blood red, garnet, brick red, dan lain-lain. Sementara yang aku dapatkan adalah nomor J-05 yang warnanya merah bata. Keunggulan dari Matte Metallic Lipstick ini adalah Ultra Covering, Ultra Spreading, dan Ultra Blending.

 

Packagingnya cantik, designnya juga cakep. Tutupnya warna bening sedangkan body of the bulletnya warna putih. Di bagian dasar ada aksen bronze dan ada bagian yang transparan berisi warna shade lipsticknya. 
Di bagian tutupnya juga ada ilustrasi yang sama dengan yang terdapat pada packaging Eyeshadow Kit-nya.


Yang paling aku suka dari produk ini adalah emboss di bagian lipsticknya. Cakep banget sih parah, mau dipakai juga sayang nanti embossnya ilang :(

Tekstur lipsticknya sendiri lembut, meskipun finishingnya matte tapi nggak drying. Tapi sayang banget kalau bibir kondisinya lagi nggak bagus misalnya pecah-pecah gitu bakalan kelihatan banget kalau pake lipstick ini. Sesuai dengan klaimnya, lipstick ini juga mudah diratakan di bibir.
Metallic finishingnya membuat bibir tampak segar ketika menggunakan produk ini.

Berikut adalah make up look yang aku buat menggunakan Sariayu Inspirasi Jakarta Eyeshadow Kit J-01 dan Matte Metallic Lipstick J-05. Aku pengennya sih bikin look yang natural tapi tetap terlihat defined gitu.



Aku juga bikin video tutorial untuk eye makeupnya. Kali ini aku buat eye makeup yang super simpel menggunakan empat warna dari palettenya.