Bulan Desember lalu saya menonton film Indonesia "Imperfect" yang menceritakan ketidaksempurnaan fisik terutama perempuan yang menimbulkan rasa insecure dan standar kecantikan yang kini sudah mulai berubah. Setelah menonton film itu pelan-pelan saya mulai merubah rasa insecure menjadi bersyukur dan lingkungan sekitar saya pun menyadari bahwa ketidaksempurnaan fisik bisa menjadi nilai lebih yang inspiratif. 



Rasa tidak percaya diri memang masih banyak dialami masyarakat Indonesia karena standar kecantikan yang kurang relevan misalnya harus berkulit putih, berambut lurus, badan langsing, mata besar dll. Padahal manusia diciptakan Tuhan beraneka ragam ada yang kulit hitam, sawo matang, rambut ikal atau keriting juga berhak merasa cantik dan mendapatkan kesempatan yang sama. 

Untunglah sekarang brand kecantikan atau kosmetik sudah berani menampilkan wajah yang berbeda untuk iklan misalnya Tara Basro yang memiliki kulit eksotis, Marion Jola mendapatkan penghargaan di Korea, dan pemenang Miss Universe tahun 2019 yang keturunan Afrika. 

Sedikit demi sedikit orang mulai menghargai kekurangan fisik walaupun masih ada rasa minder di sebagian remaja atau masyarakat. Melihat rasa percaya diri yang rendah pada anak muda, Ibunda.id sebagai penyedia layanan kesehatan mental berbasis teknologi sejak tahun 2015 merilis sebuah buku berjudul "I Love Me" sebuah panduan praktis untuk lebih mencintai diri. 


Karena temanya bagus saya menghadiri acara talkshow sekaligus launching buku di Gramedia Matraman tanggal 14 Maret 2019. Talkshow dihadiri dua narasumber inspiratif yaitu Devina Aureel content creator dan dr Andreas Kurniawan sebagai psikiater. 

Devina yang memiliki follower satu juta di instagram dan salah satu pemain di film Imperfect ternyata pernah merasa tidak percaya diri dengan rambutnya yang panjang. Banyak yang bilang rambutnya seperti singa atau kuntilanak membuatnya ribet dengan perawatan rambut malah membuatnya stres. 

Saat memutuskan untuk merubah mindset kalau dirinya cantik dengan fisik yang dimiliki. Dengan rasa percaya diri yang cukup ternyata orang mulai memuji rambutnya yang unik dan terlihat lebih cantik dari biasanya.  Setiap harinya Devina selalu mengatakan aku penting, aku berharga, aku pintar dan aku lebih dari cukup saat pagi hari dan sebelum tidur.




Mindset dan sikap Devina dipuji oleh dr Andreas yang sudah bisa memiliki citra diri atau self image yang cukup. Selain itu bagaimana melihat diri sendiri dengan mengucapkan berkali-kali maka akan terekam di alam bawah sadar sehingga dapat mengubah sikap jadi lebih baik. Jika sudah memiliki citra diri yang baik maka kita bisa mengatur bagaimana orang lain berpikir tentang kita dan mengharapkan diri sendiri. 

Seringkali kita sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain padahal setiap orang diberikan kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Membandingkan diri memang ada perlunya untuk mengembangkan diri supaya jadi lebih baik bukan untuk menjadi orang lain. 

Supaya kita bisa bahagia dengan apa yang dimiliki, penting untuk mengenal diri sendiri seperti kelebihan, kekurangan, mengambil pelajaran dari kesalahan, memaafkan diri sendiri dan memaafkan orang lain. Wajar kok jika kita pernah melakukan kesalahan, asalkan mau belajar dan merubah jadi lebih baik di masa depan. Memang tidak mudah untuk menjalani proses tersebut, namun jika dimulai pelan-pelan maka akan terbiasa untuk menerima dan mencintai diri sendiri. 

Tips dari Devina dan dr Andreas untuk bisa konsisten mencintai diri sendiri ialah dengan meluangkan waktu untuk " me time" agar bisa instrospeksi diri dan berbicara dengan inner child dalam diri kita jika ada masalah yang belum tuntas sampai sekarang. Cara berkomunikasi dengan inner child bisa dengan membayangkan diri kita saat anak-anak menyampaikan sesuatu dengan tulisan lalu membalas tulisan kita sebagai anak-anak.



Nah buat kalian penting untuk memiliki buku "I Love Me" karena desain buku yang menarik dengan warna buku yang cerah dan memandu untuk mengenali karakter diri, memaafkan kesalahan di masa lalu, menerima kondisi diri dengan ikhlas, bisa percaya diri dengan ketidaksempurnaan dan bangkit menjadi pribadi yang lebih bersyukur serta bahagia. Buku ini bisa dibeli di toko buku Gramedia dengan harga Rp 80.000 dan kunjungi www.ibunda.id