Zaman sekarang hidup hanya mengandalkan gaji saja, rasanya kurang bisa memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi dengan harga-harga yang kian melambung tinggi, plus punya anak yang masih kecil-kecil. Mikirin susunya, pampers, sekolahnya dan masih banyak lagi yang rasanya tiap tahun bikin hati makin teriris.


Jadi kepikiran, kenapa nggak mulai dengan membuka usaha sampingan, untuk penghasilan tambahan. Masalah mengatur manajemen dan transaksi jual beli mah gampang, sekarang udah ada point of sale alias POS System sebagai penunjang bisnis yang sedang atau sudah kita rintis.

Jika ketika melakukan transaksi di cafe atau toko kamu pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan dimana pegawai toko atau kasir akan mencatat pesanan kita lalu mencetak struk, alat inilah yang disebut dengan Point of Sale atau POS system.

Point of Sale ini adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usah ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli yang sudah banyak digunakan oleh beragam jenis usaha seperti restoran, coffe shop (kedai kopi), barbershop bahkan laundry kiloan juga sudah menggunakan ini.

contoh point of sale modern
Dulu Point of Sale terdiri dari seperangkat mesin kasir, lengkap dengan cash drawer untuk menyimpan uang dan printer untuk mencetak struk, sekarang point of Sale di Indonesia banyak yang menggunakan tablet pintar berbasis Android atau iOS ada juga yang menggunakan POS yang biasa disebut terminal.



Sementara untuk konektivitas, semua serba wireless bahkan untuk mencetak struk saja sekarang bisa menggunakan printer Bluetooth secara wireless juga.

 
Oya, waktu suami ke Jakarta and nongkrong di restorant atau coffe shop ternyata tempat jualannya sudah menggunakan, Point of sale cafe,  Pos system restoran dan pos system coffee shop penasaran deh maksud suami dengan, Point of sale cafe,  pos system restoran dan pos system coffee shop itu apa, ternyata eh ternyata itu adalah  mesin EDC saudara-saudara.


Mesin EDC merupakan mesin kasir yang multifungsi yang menggabungkan POS System, EDC dan printer  menjadi satu. Ini juga merupakan bagian dari aplikasi kasir online untuk mengelola pesanan sehingga memudahkan transaksi mereka  para pemilik franchise maupun UMKM.
EDC SPOTS yang dilengkapi dengan printer

Semakin canggih teknologi di Indonesia mengharuskan semua orang beradaptasi termasuk dalam metode pembayaran, banyak juga pembeli yang tidak jadi melakukan transaksi dikarenakan para penjual tidak paham, tidak bisa menggunakan kartu debit atau kartu kredit sebagai metode pembayarannya.

 
Jika sebelumnya mesin EDC hanya mengandalkan Go-Pay, kini mesin EDC SPOTS sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit. Oya, SPOTS ini merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran 3 macam ini.
 
SPOTS merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK dan sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia.

Oya, sebelum aku lupa, aku mau bahas pentingnya Point of Sale yang berbasis cloud. Dengan Cloud Based Pos System  kita dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha.

Cloud based pos system memberikan banyak fleksibilitas bagi penggunanya, terutama yang memiliki beberapa toko cabang atau gudang, sehingga pelaku usaha bisa mengelola bisnisnya kapan saja dan dimana saja karena aplikasi ini kompatibel dengan berbagai device seperti smartphone dan komputer tablet serta dapat diakses melalui berbagai browser selama ada koneksi internet, bahkan dari jarak jauh sekalipun, kita dapat  mendapatkan semua informasi secara real time dan selalu terupdate.