Pada dasarnya, keputihan merupakan kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan berupa lendir. Sebenarnya, lendir pada keputihan sendiri memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan vagina, salah satunya adalah untuk menjaga fungsi reproduksi pada waita. Bukan hanya itu, cairan keputihan juga berfungsi untuk menjaga vagina agar tetap bersih dan terhindar dari risiko infeksi jamur dan bakteri maupun iritasi.
 
Keputihan sendiri terbagi menjadi dua kondisi, yaitu keputihan normal dan keputihan abnomal. Keputihan normal pada dasarya tidak memiliki warna alias bening atau agak putih, tidak berbau, dan juga tidak menyebabkan rasa gatal pada vagina. Sementara itu, keputihan abnormal memiliki warna yang agak kekuningan, kehijauan atau bahkan kecoklatan, menimbulkan bau tidak sedap, dan menyebabkan rasa gatal. Keputihan abnormal bisa jadi merupakan pertanda adanya infeksi jamur atau bakteri pada vagina.
 
Keputihan memang seringkali mengganggu kenyamanan Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa minuman segar dan tentunya sehat ini dapat mebantu mengatasi keputihan. Di antaranya adalah :
 
Yogurt
 
Yogurt dikenal dengan khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan banyak wanita yang memanfaatkan yogurt untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit dan wajah. Namun, selain itu yogurt ternyata juga bermanfaat dalam mengatasi keputihan. Pasalnya yogurt memiliki kandungan alami yang dapat membantu menghilangkan jamur dan bakteri di dalam tubuh, termasuk jamur dan bakteri yang ada pada vagina. Dengan begitu, vagina Anda akan lebih bersih dan bebas dari keputihan.
 
Susu
 
Selain yogurt, Anda Juga dapat minum susu untuk membantu mengurangi keputihan. Susu sendiri berfungsi untuk mengurangi produksi lendir keputihan danmenjaganya agar tetap normal. Selain itu, susu juga dapat memberikan banyak energi yang dapat digunakan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.
 
Air Rebusan Daun Sirih
 
Daun sirih dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi wanita. Selain dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau badan, daun sirih juga kerap dimanfaatkan sebagai obat keputihan alami. Caranya adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari secara rutin, untuk hasil yang maksimal.
 
Jus Pisang
 
Pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang dapat membantu mengatasi keputihan. Bahkan, wanita yang mengalami keputihan dianjurkan untuk mengonsumsi dua buah pisang setiap hari secara teratur untuk menghindari keputihan berlebih. Selain itu, buah pisang juga berguna sebagai makanan penggani gula, sebab wanita dengan keputihan berlebih tidak dianjurkan untuk mengonsumsi terlalu banyak gula.

Baca Juga : Obat Kanker Rahim

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/