Kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Noto, meninggal dunia.

“Berita duka. Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Jokowi berpulang di Solo pukul 16.45 WIB tadi,” demikian kabar yang disampaikan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi kepada detikcom, Rabu (25/3/2020).

Bapak Presiden Jokowi memohon doa semua pihak agar almarhumah husnul khotimah. Belum diketahui perihal kondisi almarhumah sebelum meninggal dunia, termasuk sakit yang dideritanya.

Kabar duka tersebut tersebar cepat melalui pesan berantai grup di aplikasi obrolan.

“Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pukul 16.45 WIB tadi. Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah,” bunyi pesan tersebut seperti dikutip Liputan6.com, Rabu (25/3/2020).

Jubir Presiden Membenarkan

Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman membenarkan hal tersebut.

“Saya mendapatkan berita dari Mensesneg Pratikno Berita Duka Innalillahi wa innaillaihi rojiun Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden wafat di Solo pkl 16.45 tadi,” kata dia saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu.

Dia pun meminta masyarakat untuk ikut mendoakan arwah ibunda Jokowi. “Mohon doanya semoga almarhumah husnul khotimah,” tulis Fadjroel.

Saat ini, jenazah ibunda Jokowi sedang berada di Rumah Sakit Slamet Riyadi, Surakarta.

Presiden Jokowi Terbang ke Solo

Kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ibunda Jokowi, Sudjiatmi, meninggal dunia.
Kabar Duka, Ibunda Jokowi Tutup Usia di Solo. Jokowi Terbang ke Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung terbang menuju Solo usai sang Ibunda dikabarkan meninggal dunia kemarin, Rabu (25/3/2020).

“Presiden dalam penerbangan menuju Solo saat ini,” kata Deputi Bidang Protokol Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Mahmudin kepada Liputan6.dom di Jakarta.

Perempuan Desa yang Bersahaja

Kabar duka datang dari keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ibunda Jokowi, Sudjiatmi, meninggal dunia.
sosok ibunda jokowi, sudjiatmi notomiharjo adalah wanita yang bersahaja (sebelah kiri)

Ibunda Presiden Jokowi wafat di usia 77 tahun. Almarhumah adalah istri dari almarhum Widjiatno Notomihardjo, seorang pedagang kayu dari Solo. Sudjiatmi adalah anak dari pasangan Wirorejo dan Sani, yang juga pedagang kayu dari Kelurahan Giriroto, Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah.

Dari pernikahan keduanya, Sudjiatmi dan Widjiatno, dikaruniai empat orang anak. Mereka adalah Joko Widodo, Iit Sriyantini, Titik Relawati, Ida Yati.

Dalam wawancara bersama Tim Majalah Sahabat Keluarga yang dikelola Kementerian dan Kebudayaan yang diterbitkan 27 Desember 206, tertulis bahwa Sudjiatmi Notomiharjo adalah tiga bersaudara dan almarhumah adalah satu-satunya perempuan dalam kakak-beradik.

“Meski ia satu-satunya anak perempuan, orangtuanya tak membeda-bedakan perlakuannya terhadap anak-anak mereka. Saat kakak lelakinya bersekolah di SD Kismoyo, sekitar 5 kilometer dari rumah, Sudjiatmi juga disekolahkan,” tulis Sahabat Keluarga dalam artikelnya tersebut.

“Kala itu, Sudjiatmi kecil adalah satu-satunya siswa perempuan. Teman-temannya di sekolah berasal dari tiga kampung di sekitar sekolah. Jarak yang terbilang jauh itu ditempuh Sudjiatmi dengan berjalan kaki, tapi tak jarang juga dengan bersepeda,” tulis artikel tersebut.