Hello Moms!

Sudah self quarantine selama berapa hari mom? Karena WHO telah menetapkan virus CORONA telah menjadi pandemi di Jakarta, makanya kita semua memiliki kesadaran diri sendiri untuk mengkarantina diri sendiri dalam upaya memutus rantai Corona ini ya. Tapi, karena self quarantine di rumah hanya menjadi himbauan dari pemerintah dan bukan kewajiban, mungkin ada kalanya beberapa kali kita utuh keluar untuk sekedar membeli obat di apotek atau tetap bekerja karena tidak semua perusahaan menerapkan work from home atau kerja dari rumah selama pandemi ini. 


Nah, jika kita terpaksa sekali harus keluar dan tidak ada pilihan lain, maka ini yang dapat kita lakukan untuk menghindari diri kita dari COVID 19 setelah bepergian dari luar rumah dan tetap melindungi keluarga di rumah.

1. Buka sepatu dan masuklah ke rumah tanpa alas kaki.

Jangan pernah memasukan sepatu yangtelah kita pakai dari luar ke dalam rumah, taruhlah alas kaki di luar untuk menghindari masuknya virus yang tidak diinginkan ke dalam rumah.

2. Semprot disinfektan pada barang yang kita bawa keluar rumah.

Tingkatkan awareness kita akan kebersihan barang-barang yang kita bawa keluar rumah seperti tas, dompet, kaca mata, kunci mobil, HP dengan menyemprotkan langsung cairan disinfektan saat sampai di rumah tanpa membawanya masuk ke kamar. Disinfektan bisa dibuat dari pemutih, karbol, pembersih lantai, alkohol atau hydrogen paroxide.

3. Buang benda yang tidak dibutuhkan di luar rumah.

Sediakan tempat sampah diluar rumah untuk membuang langsung benda yang tidak dibutuhkan di luar rumah. Benda tersebut bisa berupa tissu, kuitansi, masker, dll. Jangan mendiamkan benda-benda tersebut di dashboard mobil dan harus langsung di buang di tempat sampah.

4. Jangan memegang apapun saat masuk rumah dan langsung menuju kamar mandi.

Hindari memegang sesuatu saat baru datang ke rumah seperti memegang gelas untuk meminum dan membuka handle pintu tanpa tissu. Pergilah langsung ke kamar mandi untuk membersihkan diri. Jangan lupa untuk keramas karena virus dapat menempel pada rambut kita.

5. Langsung rendam dan cuci baju kotor yang kita kenakan di luar rumah.

pastikan untuk tidak mencampur baju yang kita kenakan keluar ruah dengan baju lain terutama baju anak kita. Saat mandi langsunglah merendam pakaian yang kita pakai di luar rumah tanpa menunda-nunda.

Ini merupakan beberapa upaya yang dapat kita lakukan jika kita terpaksa keluar rumah untuk keperluan yang tidak bisa dihindari. Ingatkan juga pada orang-orang yang serumah untuk melakukan hal yang sama guna menghindari penyebaran virus COVID 19 di dalam rumah kita. 

Stay Safe semua..

XO
Ola Ayu