Keputihan merupakan hal yang tidak dapat dijauhkan dari kehidupan wanita. Cairan lendir yang keluar dari vaina ini pada dasarnya merupakan kejadian yang normal pada setiap wanita. Keputihan sendiri adalah suatu tanda bahwa vagina berfungsi dengan baik dalam membersihkan dirinya sendiri.  
 
Pada dasarnya, keputihan adalah reaksi alami dari tubuh wanita. Keputihan yang nomal berfungsi untuk melindungi vagina dari kondisi vagina kering, infeksi vagina, iritasi, atau infeksi saluran kemih, serta dapat memberikan lubrikasi saat hubungan seksual.
 
Meski memiliki fungsi yang cukup penting bagi vagina, namun keputihan bisa terjadi dalam dua kondisi, yakni normal dan tidak normal. Keputihan normal memiliki ciri-ciri berupa warnanya yang bening atau putih, tidak menyebabkan gatal, dan tidak disertai bau yang menyengat atau tidak berbau sama sekali. Keputihan inilah yang menandakan bahwa vagina dalam kondisi yang baik. Sementara itu, keputihan tidak normal bewarna kuning, hijau, abu-abu atau kecoklatan, berbau tidak sedap, dan menyebabkan rasa gatal. Keputihan abnormal menandakan bahwa ada masalah pada vagina.
 
Penyebab utama dari keputihan sendiri adalah infeksi jamur dan bakteri. Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan keputihan, seperti ovulasi, infeksi menular seksual, alergi, atau penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) yang mana alat tersebut ini dimasukan secara langsung ke dalam rahim. 
 
Keputihan abnormal memang cukup mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab masalah ini dapat diatasi dengan cara mudah menggunakan bahan-bahan alami.
 
Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi keputihan berlebih atau keputihan abnormal :
 
1. Jahe
 
Jahe dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rempah yang satu ini diketahui memiliki efek antiradang, antijamur, dan antibakteri, yang dapat dimanfaatkan sebagai obat alami keputihan. Kandungan yang ada pada jahe juga dapat membantu melawan bakteri jahat yang berkembang di organ kewanitaan.
 
2. Bawang Putih
 
Selain jahe, bawang putih juga dikenal sebagai rempah alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih juga memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur yang dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam masalah pada vagina, seperti keputihan abnormal. Caranya cukup dengan mengonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah setiap hari secara rutin untuk mengatasi keputihan. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
 
3. Kunyit
 
Kunyit juga dikenal sebagai jenis rempah yang khasiatnya tidak diragukan lagi untuk kesehatan tubuh. Kunyit juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat keputihan alami, karena memiliki kandungan antibakteri yang cukup tinggi.
 
Baca Juga : Makanan Pemicu Kista Ovarium
 
https://lingshenyao.id/obat-penghancur-kista/