Apa yang Anda rasakan ketika menemukan adanya benjolan di sekitar ketiak atau payudara? Tentunya Anda sebagai wanita merasa panik dan takut akan terjadinya penyakit serius, seperti kanker payudara. Karena bagaimanapun, kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian wanita yang paling banyak. Lantas, Bagaimana cara mencegah terjadinya kanker payudara? Simak ulasan berikut. 

Kanker payudara pada dasarnya terbentuk akibat adanya sel-sel di dalam payudara tumbuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Sel abnormal tersebut pada akhirnya akan membentuk tumor yang berupa benjolan. Meski umumnya kanker payudara terjadi pada wanita, namun nyatanya kondisi ini juga bisa saja terjadi pada pria.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa kanker payudara seringkali tidak terdeteksi atau menimbulkan gejala ketika awal mula kanker itu tumbuh. Hal ini disebabkan karena ukuran benjolan kanker payudara yang sangat kecil. Sementara itu, benjolan kanker payudara baru dapat teraba ketika ukurannya sudah cukup besar.

Meski begitu, tak melulu munculnya benjolan di payudara berhubungan dengan kanker payudara. Maka dari itu, jika Anda menemukan adanya benjolan di payudara sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebabnya dengan jelas.

Melihat betapa berbahaya dan mematikannya kanker payudara bagi wanita, maka sebaiknya Anda melakukan pencegahan terhadap kanker payudara sejak dini. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker payudara dengan mudah adalah dengan mengonsumsi menu makanan untuk sehari-hari.

Berikut ini beberapa makanan sehat yang bermanfaat untuk mencegah kanker payudara yang dapat Anda jadikan menu santapan sehari-hari :

Jus Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Wortel memiliki kandungan karotenoid, yang merupakan zat perwarna alami yang memberikan warna merah, kuning, atau oranye pada buah dan sayuran.

Makanan yang memiliki kandungan karotenoid sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut memiliki kandungan vitamin A, lutein, likopen, dan betakaroten,. Semua kandungan tersebut dinilai mampu melawan zat radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Anda dapat mengolah wotel menjadi jus atau sup wortel sesuai dengan selera Anda. Selain wortel, Anda juga bisa mengonsumsi jus tomat, aprikot, atau ubi jalar untuk mencegah kanker payudara.

Sayuran Hijau

Sayuran memang merupakan sumber makanan yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, sayuran memiliki kandungan antioksidan yang dapat memberantas radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Dari sekian banyak jenis sayuran, sayuran hijau dikenal lebih ampuh dalam mencegah munculnya berbagai macam kanker, termasuk kanker payudara. Sayuran hijau yang dinilai ampuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker, antara lain adalah bayam, brokoli, asparagus, lobak, kol hijau.

Asam Lemak Omega-3

Makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 tinggi juga dapat membantu mecegah terjadinya kanker payudara, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Makanan yang mengandung asam lemak omega tinggi antara lain adalah ikan salmon, ikan sarden, minyak ikan cod, kacang kenari, dan minyak kacang.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/