Tidak seperti menghapus aplikasi secara umum, menghapus aplikasi bawaan Android membutuhkan cara khusus. Mengapa aplikasi default Android (bloatware) perlu dihapus? Karena tidak semua aplikasi berguna untuk smartphone, aplikasi bawaan Android terkadang sangat mengganggu.
Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android
Selain itu, beberapa aplikasi hanya akan menghabiskan kapasitas memori. Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Android? tenang saja, kami akan mengungkap cara menghapus aplikasi default tersebut entah smartphone Android telah root atau tanpa root.

Android belum di root? Baca cara root android lengkap dengan mudah

Cara Menghapus Aplikasi Android Bawaan Setelah Root

Sebenarnya lebih mudah untuk menghapus bloatware ketika ponsel Anda telah di root, Anda dapat memanfaatkan beberapa aplikasi berikut.

1. Root Explorer
cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa root

Root Explorer adalah item yang harus dimiliki untuk setiap pengguna smartphone yang telah di-rooting. Aplikasi ini tidak jauh berbeda dari penjelajah file explorer lain, tetapi Root Explorer dapat membuka, mengedit, dan menghapus file yang ada.

Untuk menghapus bloatware relatif mudah. Buka Root Explorer dan klik tombol "Mount as R / W" di sudut kanan atas. Pastikan posisi berada di "R / W" (read and write), bukan "R / O" (read only).

Lalu pergi ke folder System> App. Anda akan melihat berbagai aplikasi asli yang disimpan di smartphone Android Anda. Jika Anda ingin menghapusnya, tekan dan tahan, lalu pilih delete.

Pastikan untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan, bukan aplikasi vital. Jika Anda salah menghapus aplikasi, ponsel Anda tidak akan berfungsi secara normal, dan bahkan mungkin mengalami bootloop.

2. ES Explorer
cara menghapus aplikasi bawaan android dengan root exsplorer

Tidak beda jauh dari Root Explorer, aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengakses dan memodifikasi file sistem. ES Explorer hadir dengan lebih banyak fitur dan tampilan yang lebih friendly.

Sangat mudah untuk menghapus aplikasi bawaan Android. Pertama, izinkan akses root terlebih dahulu. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus menggunakan metode yang sama dengan Root Explorer.

3. Link2SD
cara menghapus aplikasi bawaan android dengan link2sd

Rupanya, selain digunakan untuk mentransfer aplikasi ke kartu SD, Link2SD juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi default smartphone Android. Caranya juga cukup mudah digunakan.

Instal aplikasi Link2SD dahulu. Kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan mengklik tombol Action > Uninstall.

Saat halaman peringatan muncul, pilih OK untuk melanjutkan. Dengan cara ini, proses penghapusan akan berjalan.

Apabila Anda ingin mengembalikannya, baca cara mengembalikan aplikasi android

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android tanpa Root

1. Super User

Anda juga dapat menghapus aplikasi bawaan Android tanpa akses root. Dengan cara ini, Anda tidak perlu mengaktifkan sistem Super-User terlebih dahulu. Cara menghapus bloatware seperti berikut:
  1. Pertama download aplikasi bernama CCleaner.
  2. Jika sudah demikian, install di perangkat Android Anda.
  3. Buka aplikasi dan ketuk tiga garis di sudut kiri atas. Kemudian pilih App Manager.
    cara menghapus aplikasi bawaan android dengan pc
  4. Kemudian pilih System dan ketuk ikon tempat sampah.
  5. Saat menghapus aplikasi bawaan Android, tanda peringatan biasanya muncul. Ketuk tombol Continue untuk melanjutkan.
    cara menghapus aplikasi bawaan hp vivo
  6. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda hapus. Pastikan untuk tidak menghapus aplikasi vital. Kami mengambil contoh menghapus aplikasi Google Duo.
  7. Terakhir, ketuk Uninstall untuk menghapus aplikasi. Di sinilah peringatan akan muncul, Anda yakin ingin menghapusnya? Jika Anda yakin, ketuk OK.
    cara menghapus aplikasi bawaan hp xiaomi

2. NoBloat
cara menghapus aplikasi bawaan dengan nobloat

  1. Download aplikasi NoBloat terlebih dahulu. 
  2. Setelah Anda selesai menginstal aplikasi, Sekarang Anda hanya perlu membuka aplikasi NoBloat melalui ponsel android Anda. 
  3. Maka aplikasi akan meminta akses root superuser pada ponsel android Anda.
  4. Setelah Anda memberikan akses ke aplikasi superuser diperlukan beberapa saat bagi aplikasi NoBloat untuk melakukan proses membaca semua aplikasi yang terdaftar di ponsel android Anda, pilih aplikasi bawaan yang tidak Anda perlukan atau tidak gunakan. Karena kami menggunakan versi gratis aplikasi NoBloat sehingga Anda hanya dapat menghapus aplikasi default dalam satu waktu, sehingga Anda dapat menghapusnya lagi nanti.
  5. Setelah memilih aplikasi bawaan sekarang Anda dapat menekan dellete, jika suatu saat Anda ingin aplikasi dibuka Anda dapat membuat cadangan pertama dengan Backup dan Hapus, jika Anda tidak memerlukan cadangan Anda dapat menekan Delete Without Backup ketika selesai Tekan OK. Dan tutup aplikasi.
  6.  Aplikasi default Anda sekarang sudah terhapus.
    cara menghapus aplikasi bawaan hp oppo
Demukian cara menghapus aplikasi bawaan Android tanpa menggunakan PC. Anda dapat menggunakan cara di atas menggunakan hp Vivo Y71, Vivo Y72, Xiaomi, atau merek smartphone Android lainnya.