Tumor merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan akibat adanya sel yang memperbanyak diri secara berlebihan dan tidak terkendali di suatu bagian tubuh. Selain itu, tumor juga dapat terjadi pada saat sel lama yang seharusnya sudah mati dan tidak aktif lagi justru masih terus bertahan hidup di samping pembentukan sel baru juga terus terjadi.

Tumor juga dapat terbentuk di bagian tubuh mana pun, di antaranya pada tulang, kulit, mulut, organ dalam, dan rahang. Pada dasarnya, tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak merupakan jenis tumor yang tidak menyerang sel-sel normal di sekitarnya dan tidak berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas atau yang disebut sebagai kanker justru dapat menyebar ke jaringan dan bagian tubuh lain di sekitarnya.

Pada dasarnya, tumor jinak tidak berbahaya dan pertumbuhannya pun cenderung lebih lambat. Namun, hal tersebut tidak selalu terjadi. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan karena, tumor jinak bisa tumbuh hingg berukuran besar ataupun tumbuh di dekat pembuluh datah, otak, sarat, atau organ yang menekan struktur alat vital tersebut. Sehingga pada akhirnya tumor jinak dapat berubah menjadi lebih parah dan serius dan memerlukan perawatan khusus.

Berikut ini beberapa jenis tumor jinak yang perlu Anda ketahui :

1. Lipoma

Lipoma merupakan jenis tumor jinak yang peling banyak ditemukan. Lipoma merupakan benjolan yang tumbuuh pada sel-sel lemak di dalam tubuh, seperti pada bagian bahu, punggung, lengan, atau leher. Ciri-ciri lipoma antara lain adalah berbentuk bulat, permukaannya terasa halur ketika diraba, dan dapat digerakkan di bawah kulit.

2. Fibroid

Fibroid atau fibroma merupakan jenis tumor jinak yang paling sering muncul di rahim, sehingga juga dikenal sebagai fibroid rahim. Meskipun umumnya tidak berbahaya, namun fibroid rahim dapat menyebabkan terjadinya pendarahan hebat pada vagina, nyeri panggul, hingga gangguan berkemih.

3. Mioma

Mioma merupakan jenis tumor jinak yang tumbuh di otot, dan seringkali ditemukan di otot polos rahim atau pada dinding pembuluh darah. Untuk mengatasi mioma, dapat dilakukan penyusutan dengan obat-obatan maupun dengan prosedur operasi.

4. Adenoma

Adenoma merupakan tumor yang terbentuk pada jaringan epitel yang melapisi kelenjar. Jenis tumor adenoma yang paling sering terjadi  adalah polip pada usus besar. Meski begitu, tak menutup kemungkinan kondisi seperti ini dapat ditemukan di bagian hati, kelenjar adrenal, payudara, atau kelenjar tiroid.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Tumor Payudara TANPA OPERASI

https://lingshenyao.id/harga-obat-tumor/