Kedelai untuk Penderita Kista. Apa itu kista? Kista sendiri adalah suatu kondisi yang diawali dengan munculnya kantung tertutup atau benjolannya yang di dalamnya bisa berisi cairan, udara, atau jaringan lainnya.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir, sebab benjolan yang muncul akibat kista umumnya bersifat jinak (non-kanker) dan jarang sekali berkaitan dengan kanker, sehingga pada dasarnya kista dan kanker merupakan dua kondisi yang jauh berbeda.

Ada beberapa jenis kista yang kerap terjadi pada banyak wanita, di antaranya adalah kista ovarium dan kista endometriosis. Kista ovarium merupakan benjolan berisi cairan yang tumbuh di sekitar indung telur atau ovarium. Sementara itu, kista endometriosis merupakan kondisi di mana jaringan yang seharusnya melapisi dinding rahim (endometrium) justru tumbuh dan menumpuk di bagian luar rahim.

Dalam beberapa kasus, akibat terburuk dari kista ovarium maupun endometriosis adalah masalah kesuburan, di mana wanita sulit untuk mendapatkan keturunan (mandul). Hal ini disebabkan karena, indung telur atau ovarium sendiri berfungsi sebagai penghasil telur pada rahim wanita, serta berfungsi untuk menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Akan tetapi munculnya kista, apalagi jika ukurannya cukup besar dapat mengganggu fungsi ovarium.

Meski pada dasarnya kista tidak menimbulkan dampak yang berbahaya terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun kista dapat berkembang dan membesar, sehingga menimbulkan gejala-gejala yang membuat pederitanya merasa tidak nyaman dan menyebabkan kondisinya bertambah parah. 

Oleh sebab itu, penting bagi para pengidap kista untuk selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin, guna memantau pertumbuhan dan perkembangan kista, serta mendapatkan perawatan yang tepat.

Makanan yang Baik untuk Penderita Kista

Selain mengikuti prosedur perawatan medis, kista juga dapat dicegah dan diobati dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda konsumsi sehari-hari. Salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi penderita kista adalah kacang-kacangan, terutama kacang almond. Hal ini disebabkan karena, kandungan yang terdapat dalam kacang almond dapat membantu mengobati kista. Kacang almond dapat membantu mengatasi resistensi insulin di dalam tubuh yang berhubungan dengan kista, sehingga kista yang tumbuh tidak bertambah parah dan tidak menimbulkan gejala.

Meski kacang-kacangan baik untuk penderita kista, namun sebaiknya penderita endometriosis tidak mengonsumsi kacang kedelai berlebihan. Pasalnya kacang kedelai memiliki banyak kandungan fitoestrogen, yang manan memiliki rumus kimia sama persis seperti estrogen di dalam tubuh (human estrogen). Pada penderita endometriosis, kadar human estrogen tersebut dapat berpengaruh terhadap tingkat proses inflamasi atau peradangan.

Selain kacang-kacangan, berikut ini jenis makanan yang baik di konsumsi penderita kista :

- Buah-buahan (tomat, pepaya, belimbing, jeruk, apel, dan buah bit).
- Ikan (salmon, sarden, dan mackerel).
- Susu atau produk olahan susu, seperti yogurt.

Baca Juga :  Makanan Pencegah Tumbuhnya Sel Kanker

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/