Salah satu olahraga yang menjadi lifestyle kaum urban adalah yoga dan pilates. Lantaran olahraga ini memiliki portabilitas alias mudah dilakukan di mana saja. Baik itu pada studio yoga, alam terbuka, maupun rumah sendiri.


Yoga memang pas jika dilakukan pada tempat yang benar, seperti studio yoga dan alam terbuka. Namun jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk rajin ke studio yoga atau berjalan ke tempat terbuka, rumah pun dapat Anda jadikan tempat untuk melakukan olahraga pernapasan ini.



Karena dilakukan di rumah sendiri, pasti ada saja hambatan yang membuat Anda tidak jadi melakukan yoga. Nah, dengan kedisiplinan dan sedikit tips berikut, Anda pasti akan rajin beryoga walau hanya di rumah sendiri. Seperti apa tipsnya? Yuk simak berikut ini.

Gunakan area halaman rumah
Gunakan area halaman Anda untuk melakukan yoga di pagi hari. Pada pagi hari, suasana masih sepi dan udara pun masih sangat sejuk. Lakukan yoga pada pukul 5 pagi ketika matahari terbit dan perlahan Anda akan lebih mudah berkonsentrasi. 

Kamar tidur pun diperbolehkan
Jika suasana teras atau halaman Anda tidak kondusif, saatnya pindah ke tempat yang lebih tenang seperti ke dalam kamar. Nyalakan alunan suara yang tenang dan bernuansa alam seperti kicauan burung atau suara gemericik air. Ciptakan suasana mirip di yoga studio agar lebih tenang dan nyaman.


Gunakan aromaterapi
Pilih wangi aromaterapi favorit Anda, misalnya bunga lavender. Pasang aromaterapi tersebut sebelum Anda melakukan yoga agar pikiran tenang dengan wangi favorit. Pilih jenis aromaterapi yang menurut Anda paling praktis, misalnya yang berbentuk lilin atau minyak.







Tonton video tutorial yoga
Anda bisa mencari berbagai video tutorial yoga untuk kebutuhan masing-masing. Seperti yoga dasar (Salutating the Sun), hingga yoga khusus untuk penyakit tertentu. Supaya lebih semangat, pasang video yoga pada TV LCD. Kini sudah banyak TV LCD murahyang dijual di pasaran. Pilihlah merk yang terkenal dengan kualitasnya seperti Panasonic yang memiliki deretan TV LCD murah disini.

Sudah siap untuk yoga?