Bolehkah penderita kista makan salak? Kista sendiri merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan atau kantung tertutup yang di dalamnya bisa berisi cairan, udara, maupun jaringan padat. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab benjolan yang muncul akibat kista umumnya tidak bersifat ganas, alias bersifat jinak, sehingga berbeda dengan kanker.

Salah satu jenis kista yang paling banyak ditemukan pada wanita adalah kista ovarium, yaitu jenis kista yang tumbuh dan berkembang di indung telur atau ovarium. Dalam beberapa kasus, akibat terburuk dari kista ovarium adalah sulit mendapatkan keturunan atau kemandulan. Hal ini disebabkan karena, indung telur berfungsi sebagai penghasil telur pada rahim wanita, serta bertugas untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Namun munculnya kista, apalagi jika ukurannya besar, juga dapat mengganggu fungsi ovarium.

Meskipun pada dasarnya kista ovarium tidak berbahaya terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun kista dapat tumbuh dan membesar, sehingga menimbulkan gejala-gejala yang membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Maka dari itu, penting bagi pengidap kista untuk selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin, guna memantau maupun menangani kista dengan tepat.

Apakah penderita kista boleh makan salah? Sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi salak tidak baik untuk penderita kista. Meski begitu, salak tidak dianjurkan untuk penderita maag, sembelit atau konstipasi, penderita ulkus perut, dan penderita tipus. Lantas, makanan apa saja yang tidak dianjurkan untuk penderita kista?

Berikut ini beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita kista :

Daging yang Dibakar

Kebiasaan mengonsumsi daging yang diolah dengan cara dibakar atau dipanggang juga tidak baik untuk kesehatan. Tak hanya dapat memicu tumbuhnya kista ovarium, namun terlalu sering mengonsumsi daging bakar juga dapat memicu pertumbuhan tumor ganas atau kanker.

Gorengan

Gorengan sepertinya tidak hanya dilarang untuk penderita kista, tetapi juga tidak dianjurkan untuk setiap orang yang ingin hidup sehat. Selain dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat, mengonsumsi gorengan secara berlebihan juga dapat memicu tumbuhnya kista pada rahim. Pasalnya, gorengan merupakan jenis makanan yang mengandung lemak sangat tinggi.

Nanas

Buah nanas memang memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun bagi Anda para wanita, sebaiknya Anda mengurangi konsumsi buah tropis yang satu ini, apalagi jika Anda memiliki riwayat kista. Hal ini disebabkan karena, senyawa enzim yang terdapat di dalam buah nanas dapat mempengaruhi kesehatan rahim apabila dikonsumsi. Sehingga, pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan kista. Selain itu, para wanita sebaiknya juga membatasi konsumsi buah dukuh dan durian.

Baca Juga : Harga Obat Herbal Kista

https://lingshenyao.id/obat-cina-kista/