Kista ovarium adalah masalah kesehatan yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Seperti apa kista ovarium itu? Kista ovarium sendiri merupakan suatu benjolan atau kantung tertutup yang di dalamnya terdapat cairan dan tumbuh di dalam indung telur atau ovarium.

Penyebab kista ovarium sringkali dikaitkan dengan perubahan hormon estrogen dan progesteron pada wanita. Kondisi ini umumnya terjadi selama masa pelepasan sel telur dari ovarium, serta akibat dari siklus haid yang tidak teratur. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab kista ovarium bukanlah suatu penyakit yang ganas seperti kanker rahim atau kanker serviks.

Meski kista ovarium tumbuh sebagai tumor jinak, tetapi apabila tidak dirawat dan ditangani, maka ukurannya akan semaik besar dan menimbulkan gejala-gejala yang tentunya dapat mengganggu kenyamanan Anda. Beberapa gangguan tersebut bisa berupa pendarahan abnormal, kista pecah, hingga munculnya penyakit serius, seperti gangguan kehamilan, terlilitnya batang ovarium, kemandulan, hingga kanker.

Melihat betapa berisikonya kista ovarium apabila tidak segera ditangani, berikut ini berbagai macam bahan alami yang dapat Anda manfaatkan untuk mengobati kista, yaitu :

Temu Mangga

Tanaman herbal temu mangga mungkin masih terdengar asing dan kurang dikenal sebagaimana jenis rimpang lainnya, seperti temulawak, jahe, temu ireng atau kunyit. Temu mangga memiliki penampilan yang mirip dengan kunyit putih, sehingga banyak orang keliru dan menganggapnya kunyit putih. Meski begitu, tanaman herbal ini dapat Anda manfaatkan untuk mengobati kista ovarium.

Temu mangga memiliki beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti  flavonoid, tanin, saponin, atsiri, dan kurkumin yang mana dapat membantu menghambat pertumbuhan kista dan meredakan gejalanya.

Benalu Mangga

Tak kalah dengan temu mangga, benalu mangga juga memiliki manfaat dalam mengobati kista. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengambil beberapa lembar daun benalu mangga dan kemudian keringkan. Setelah itu, tumbuk daun benalu mangga kering tersebut hingga bubuk dan seduh layaknya kopi. Anda dapat mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun perlu Anda ingat! bahwa dosis yang aman untuk mengonsumsi benalu mangga adalah 5 sampai 10 gram saja, lebih dari itu tidak dianjurkan.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa juga dikenal sebagai bahan alami yang ampuh dalam menyembuhkan kista ovarium. Hal ini disebabkan karena, mahkota dewa memiliki kandungan zat aktif polifenol, alkaloid, dan saponin yang berperan sebagai anti-bakteri serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Tak hanya itu, tanaman mahkota dewa juga dikenal dengan kandungan senyawa penting yang dimilikinya, seperti flavonoind yang memiliki sifat anti-radang, sehingga dapat membantu meredakan rasa nyeri pada pembengkakan akibat kista.

Baca Juga : Obat Untuk Sembuhkan Gejala Kista Ovarium

https://lingshenyao.id/obat-kista-coklat/