Suka body painting? Tapi ngga punya modal besar? Pakai Viva Body Painting! Ngiklan banget yakk. Maklum faktor otak buntu bikin opening apaan.

Tapi seriusan kok. Viva Body Painting ini harganya terjangkau banget. Tapi gimana ya review-nya? Let's check it out!

Aku dari awal belajar makeup, pengen banget sama yang namanya face painting. Kayak bikin-bikin karakter tengkorak, atau hanya sekedar menambah estetika dari makeup itu sendiri. Tapi bingung banget sama mau beli face painting atau ngga, soalnya harga face painting yang bagus itu kan mahal-mahal apalagi yang udah 1 set atau yang sendiri-sendiri juga mahal. Maklum ngga punya modal gede.


Terus, setelah niat dan ngga tertahankan lagi, akhirnya aku mulai semakin gencar nih cari face paint, tapi menurunkan standart, dari yang asalnya cari produk luar negeri, jadi beralih produk lokal. Awalnya mata udah ter-set ke PAC, tapi lagi-lagi, modalnya ngga cukup buat beli PAC. Semakin dicari, akhirnya ku menemukan si Viva Body Painting ini. Awalnya udah tau sih ada produk dari Viva ini, tapi aku pikir cuma bisa untuk body painting doang kayak namanya. Ternyata setelah aku usut lebih dalam #ehem, dan buka website Viva, walau namanya body painting, ternyata dia bisa juga untuk face painting, aman untuk wajah.


Waktu itu kebetulan aku lagi main ke toko kosmetik di Semarang (waktu itu aku belum pindah Bandung), terus aku cari ke counter Viva, ada ngga Viva Body Painting dan di mbak counter bilang, kalau di toko kosmetik itu Viva Body Painting ngga pernah masuk sana. Sedihlah hatiku, karena hatiku selembut kapas. Dilanjutlah perjalananku mencari Viva Body Painting ini ke toko kosmetik lain, di tempat itu pun ternyata ngga ada! Rapuhlah hati daku. Tapi aku ngga semudah itu menyerah, aku cari ke tempat lain lagi, dan ternyata ada barangnya!! Tapi lagi kosong. Sama aja bohong kali ya. Aku sampai nitipin nomer telepon aku supaya kalau barangnya ready, si mbak bisa telpon aku langsung. Sampai sekitar penantian 3 minggu, aku dihubungi kalau Viva Body Painting ini udah ready. Susah banget cari Viva Body Painting di Semarang ihhhh.


Lanjut ke harganya. Setelah dihubungi, aku langsung ke counter Viva di toko kosmetik itu hari berikutnya. Dan aku cukup shock dengan harganya, karena dia cuma 28.400! Soalnya waktu cek harga di website Viva, harganya tuh 36.000. Jadi waktu ke counter dan dapet harga 28.400 tuh aku cukup kaget. Dan akhirnya aku beli 2 warna dasar yaitu hitam dan putih. Asalnya mau beli merah juga, tapi lagi-lagi, barangnya ngga ada. Padahal dia barusan nge-stock loh, kenapa si merah ngga dibikin stock coba.


Dari segi packagingnya, there's nothing special. Well, it's like we can't do anything but accepting the fact. Wadahnya kayak wadah krim pagi atau krim malem pada umumnya, yang udah mainstream banget tanpa ciri khas khusus. Warnanya biru donker gelap banget atau hitam (?) dengan garis emas dibagian bawah tutupnya, typical Viva Cosmetics gitu deh pokoknya. Terus dibagian atas tutupnya ada logo Viva Cosmetics. Dibagian badan wadahnya dan dibagian bawah ada tulisan warnanya nih body paintingnya warna apa. Body painting yang memiliki netto 9 gram ini pada bagian bawah, ada expired date, ingredients, dll. Ada sarannya juga kalo mau bersihin pakai Viva Body Painting Remover, sekalian promosi kali ya #hahaha. Tapi sayangnya, waktu aku beli, Viva Body Painting Remover ini masih kosong, jadi aku ga beli deh.


Tutupnya sendiri sih vaccumm, kenceng banget deh. Ulirnya dalam dan panjang, jadi ga usah khawatir bakal kering atau gimana. Karena sebenernya didalam Viva Body Painting sendiri ini masih ada tutupnya lagi, kayak tutup krim malam gitu. Jadi kamu bener-bener ga usah khawatir dia bakal kering, asalkan kamu nutupnya bener aja.


Lanjut bahas tekstur~ Tekstur dari Viva Body Painting Black sama yang warna White itu ngga konsisten menurut aku. Tekstur antara Black sama White-nya itu beda. Yang warna Black, teksturnya itu berminyak, dia lebih padat, warnanya juga intense, dan cukup blendable

Kalau yang White, teksturnya lebih creamy banget, jadi dia ngga padat gitu, bener-bener cream, terus dia juga berminyak sih, susah banget di blend untuk yang White. Sedangkan yang Black, dia lebih mudah di blend daripada yang White, tapi masih tergolong cukup sulit untuk di blend.


Untuk warnanya, keduanya menghasilkan warna yang cukup intense. Apalagi yang Black. Tapi seperti kataku tadi, yang White susah banget di blend, mungkin karena faktor tekstur yang terlalu creamy kali ya. Yang Black lebih mudah di blend, tapi masih tetap ada gumpalan-gumpalan warna yang lebih intense.

Untuk ketahanannya, kalau wajah kamu tipe wajah yang berminyak, jangan sekali-kali kamu menghusap wajah kamu. Karena dia akan mudah banget nge-smudge! Karena Viva Body Painting ini berminyak, dan wajah kamu juga berminyak, maka ini akan mudah banget nge-smudge. Dia ngga akan hilang, tapi nge-smudge. Bayangin aja kayak kamu pakai eyeliner yang non waterproof, terus kamu mengusap mata, arau bayangin kamu pakai mascara non waterproof terus nangis atau mengusap mata. Ya gitu deh jadinya. Aku bisa bilang gini karena ini terjadi pada diriku sendiri #huhuhu.


Nah, tapi sisi positifnya (atau negatif ya?), dia cukup sulit dihilangkan. Pakai oil-based cleanser aja dia masih sulit banget buat dibersihin loh! Dia lebih ke nge-smudge daripada kehapus. Bahaya kan kalau kamu udah bikin look keren, terus nge smudge dan susah dihapus. Ngehapusnya itu bener-bener perjuangan banget deh!! Ini bisa jadi poin positif bisa juga negatif sih. Tergantung gimana kamu ngeliatnya. Kalau positif, artinya Viva Body Painting ini tahan lama. Kalau negatif, artinya kalau udah nge-smudge, ya udah, ucapkan selamat tinggal pada look keren yang udah kamu bikin, karena kalau udah gini susah ngehapusnya dan mau ga mau harus ngapus look satu muka.

Now into the CONCLUTION~

KELEBIHAN :

  1. Harga sangat terjangkau
  2. Tutupnya kenceng banget + ada dua tutup
  3. Warnanya intense
  4. Tahan lama (asal ngga di utak-atik lagi mukanya)
  5. Sulit dihapus


KELEMAHAN :

  1. Sukit untuk dicari di toko kosmetik
  2. Packagingnya kurang menarik, biasa banget
  3. Sulit di-blend
  4. Terlalu berminyak
  5. Konsistensi tekstur tidak merata
  6. Sangat mudah nge-smudge
  7. Sulit dihapus kalau udah nge-smudge


REPURCHASED? Depends. Kalau masih on budget (namanya juga mahasiswa perantau), gapapa sih aku beli ini lagi. Tapi kalau budget-nya udah meningkat, aku pasti bakalan cari yang kualitasnya lebih bagus. Sebenernya kecewa sih sama Viva Body Painting ini, kelebihan yang aku suka cuma yang aku list diatas, dan kelemahannya lebih banyak.

Kalau kalian gimana? Dari review ini kalian mau beli Viva Body Painting ini atau ngga? Atau kalian punya pengalaman juga? Boleh komen yahhh~ Sekian dulu deh blog post kali ini.

See you in the next post, 

XOXO, 

ELLEN LIM