Pernahkan Anda menemukan munculnya benjolan pada gigi Anda? Bisa jadi itu adalah kista gigi. Kista sebenarnya merupakan jenis kista yang jarang disadari keberadaannya. Kondisi ini biasanya baru terdeteksi ketika dokter melakukan pemeriksaan pada gigi yang terkena infeksi atau ketika melakukan rontgen pada bagian rahang.

Kista gigi sendiri adalah kondisi yang ditandai dengan munculnya kantong tertutup atau benjolan berisi cairan yang tumbuh di sekitar gigi dan mulut. Jenis kista ini umumnya disebabkan akibat infeksi pada akar gigi yang rusak atau mati. Pada dasarnya kista terbentu ketika gigi mengalami infeksi. Meski begitu, ada juga beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan timbulnya kista pada gigi.

Penyebab Munculnya Kista Gigi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kista gigi awalnya terbentuk akibat infeksi pada gigi atau mulut yang tergolong serius. Hal ini dapat membuat gigi menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau bahkan mati, walaupun sebenarnya kondisi gigi tersebut masih tertancap kuat pada gusi.

Dalam sebagian besar kasus, kista gigi terbentuk pada ujung akar gigi. Meski begitu,  bukan berarti menutup kemungkinan bahwa kista gigi dapat timbul di bagian lain, seperti pada gusi bagian atas atau sekitar mahkota gigi, sebab semua itu mungkin saja terjadi. Tak hanya itu, meskipun penyebab utama munculnya kista gigi adalah infeksi, akan tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, kista gigi juga dapat terjadi akibat faktor genetik atau keturunan.

Kista gigi juga seringkali tidak terdeteksi keberadaannya, bahkan kista gigi juga dapat tumbuh tersembunyi pada bagian dalam gusi. Kista gigi dapat tumbuh dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni dalam waktu berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun.

Kebanyakan orang hanya memiliki satu buah kista pada gigi arau gusinya, akan tetapi dalam kondisi tertentu, kista gigi juga dapat tumbuh lebih dari satu. Munculnya kista juga tidak selalu disebabkan oleh infeksi pada gigi atau mulut. Hal ini disebabkan karena, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan munculnya kista pada gigi. Salah satu faktor penyebab kista adalah kelainan pertumbuhan gigi, misalnya ada pertumbuhan gigi yang tidak sempurna sehingga tertanam pada area gusi atau akibat  formasi atau posisi tempat tumbuhnya gigi salah (tidak beraturan), dan lain sebagainya.

Baca Juga : Obat Cina Kista dan Miom Teregistrasi BPOM & Teruji

https://lingshenyao.id/harga-obat-kista/