Sebagai seorang wanita, "bisa dandan" sudah merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki dalam darah kita. Kenapa kita wajib "bisa dandan"? Itu karena dalam kehidupan seorang wanita, pasti ada berbagai event dimana kita butuh makeup, contohnya aja menghadiri kondangan/pesta, gathering bareng temen, bahkan ke tempat kerja pun sekarang udah pada dandan. Ngga mungkin kan kamu mau manggil MUA setiap kali ada event gini? Dan bahkan, "bisa dandan" pun udah jadi salah satu syarat yang bakal dilihat sama calon mertua #eh.

Belajar makeup itu ngga sesulit yang dibayangkan kok. Jaman udah maju, streaming tutorial makeup di youtube udah gampang banget, ngga perlu ribet. Nah masalahnya...

Sebagai seorang pemula, pasti bingung kan kalau ngelihat makeup yang banyaknya seabreg, yang jenisnya banyak luar biasa yang dipakai sama para youtubers. Udah lihat youtube berulang-ulang, tapi produk yang dipakai beauty vloggers kebanyakan, beragam dan semakin bikin puyeng. Kalau udah gini, gimana mau belajar kalau starter kit-nya aja udah bingung?


Sebagai pemula, aku sendiri juga bingung apa nih yang perlu aku beli. Karena budget juga tight, ngga mungkin aku beli semua kit yang ada hanya untuk belajar. Karena aku ngga mau kalian struggling juga seperti aku, maka dari itu aku coba bantu beri list Must-Have Makeup Kit for Beginners.

Nah disini, aku akan coba bantu kamu, makeup starter kit apa aja yang perlu kamu miliki sebagai pemula. Supaya kamu ngga bingung lagi jenis makeup kit apa yang perlu kamu beli. Kalau udah beli kan enak, cuma perlu tiruin "gaya" para beauty vloggers.

Berikut adalah list starter kit/must-have makeup kit untuk pemula ala Ellen~

FOUNDATION



Dari tingkat pemula sampai tingkat profesional, foundation merupakan salah satu bagian terpenting dalam dunia makeup. Kenapa? Karena foundation/alas bedak ini merupakan dasar yang paling dasar dari makeup. Semua makeup di wajah kamu perlu di-alas-i oleh foundation ini. Kalau kamu ngga mau pakai foundation karrna terlalu berat, kamu boleh menggantinya dengan BB Cream..


POWDER/BEDAK


Siapa yang ngga tau kegunaan bedak? Makeup kit yang udah digunain dari jaman emak-emak dandan. Kalau kamu punya wajah berminyak, bedak merupakan salah satu penolong hidupmu. Kamu bisa pakai bedak supaya wajahmu ngga kinclong-kinclong akibat minyak wajah.


EYEBROW PENCIL


Jangan pernah menyepelekan alis. Kalau alis kamu rapi, walau cuma alis kamu aja yang rapi dan hidupmu juga rapi, itu aja udah life changing banget kok. Dengan alis yang rapi, kamu udah terlihat lebih decent untuk tampil beda.

EYESHADOW


Ada buanyak buanget warna eyeshadow di dunia ini. Tapi pilihan warna cokelat atau pink bisa jadi pilihan utama bagi kamu untuk mulai belajar makeup. Warna-warna gradasi antara cokelat atau pink (nudes) merupakan warna "aman" yang bisa dipakai dalam segala kegiatan dan acara. Kalau mau ke pasar pakai eyeshadow gini juga gapapa, monggo silahkan.


EYELINER



Banyak orang bilang menggunakan eyeliner merupakan momok tersendiri dalam dunia makeup. Tapi sebenernya ngga kok, kamu cuma perlu rajin, telaten dan teliti supaya eyeliner yang kamu gambar menjadi rapi. Cukup menggunakan eyeliner aja, look kamu udah terlihat beda kok, sebab eyeliner bisa "mempengaruhi" look mata kamu, dari yang sipit jadi terlihat lebih wide, dari yang sayu jadi terlihat lebih fresh, dll.

LIPSTICK


Jangan mempertanyakan keberadaan lipstick di list ini. Rasanya udah wajib banget ada lipstick di semua list makeup. Sama seperti eyebrow pencil dan eyeliner, cukup menggunakan lipstick aja, kamu udah terlihat tampil beda. Ada buanyak buanget warna lipstick, tapi kalau soal lipstick, terserah kamu mau pilih warna apa. Dengan wajah "naked" dari makeup, tapi pakai lipstick merah juga oke, lipstick pink juga oke, jadi terserah kamunya mau look kamu jadi gimana.


So, inilah Must-Have Makeup Kit for Beginners dari aku. Selebihnya terserah kamu mau dibeli apa kagak. Masih banyak banget list makeup kit yang ada, tapi ya seperti kataku tadi, terserah kamu mau beli atau tidak. Tapi untuk beginner, daily makeup adalah step terbaik untuk mulai belajar, dan list yang aku berikan diatas itu bisa banget menjadi akses belajar kamu dalam daily makeup bahkan sampai party makeup. So yeah, I wish you the best luck for your makeup study~ 

Sekian dulu blogpost kali ini. Kalau kalian merasa ada yang kurang dari list ini, kalian boleh komen dibawah~ Kalau ada yang mau kalian tanyakan juga boleh komen-komen.

See you in the next post~

XOXO,

ELLEN LIM