Para pecinta matte foundation pasti ngga mau ngelewatin foundation yang satu ini. Seperti nama judulnya, aku mau review Catrice HD Liquid Coverage Foundation. Kenapa sih kok foundation dari Catrice ini ngga boleh dilewatkan? The answer is explained below~

Aku beli Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini di Guardian dengan harga 108.000. Aku ngga ada niatan beli foundation atau makeup apapun sebenernya, tapi kata mbak Catrice di Guardian, foundation dari Catrice ini full coverage. Dan kalo bener tuh ucapan si mbak Guardian, 108.000 itu itungannya udah murah banget sih berarti. Tanpa embel-embel full coverage pun, sebenernya 108.000 untuk foundation itu udah terhitung murah, apalagi brand Catrice ini bukan produk lokal. Foundation produk lokal aja bisa lebih dari 108.000. Intinya aku terbuai sih dengan kata-kata manis mbak Guardian. Jadi aku beli deh Catrice HD Liquid Foundation, yang tergolong terjangkau untuk harga foundation ini.


Aku beli Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini dengan shade nomer 030 Sand Beige. Hanya ada 4 shade untuk foundation ini, yaitu 010 Light Beige dan 020 Rose Beige yang lebih ke pink undertone, lalu 030 Sand Beige dan 040 Warm Beige lebih ke yellow undertone. Saat aku beli, ngga ada testernya, tapi aku kira-kira aja cocok yang mana. Aku sempet bingung antara yang 020 atau 030, karena kulit aku sebenernya masuk di yellow maupun pink undertone, tapi karena aku lebih suka foundation yang yellow undertone, aku pilih yang 030 deh. Si Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini memiliki netto 30mL, which is cukup banyak. Yang paling bikin aku minat banget sama foundation ini adalah dia bentuknya seperti foundation mahal gitu. Dimana sebenernya dia murah, tapi packagingnya seperti meneriakkan kalo dia itu high class atau high end. Kita bahas dari packagingnya aja ya sekarang.


Secara packagingnya, aku completely suka banget. Seperti yang aku bilang, dia terlihat mahal, dimana padahal tu dia harganya terjangkau banget. Tubuh dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini terbuat dari wadah kaca tebal dan berat. Jadi tolonglah kalian hati-hati kalo mau bawa ini untuk travelling, soalnya dia dari kaca, tebal banget sih, tapi namanya kaca juga ada lah ya rasa khawatir kalo dia pecah. Selain itu, tutupnya rapet banget kok, vaccumm banget, jadi ngga usah khawatir tumpah. Sebenernya ukurannya cukup kecil, ukuran yang enak buat dibawa bepergian, tutupnya juga rapet, tapi dia berat dan kaca, ini masalahnya. Kalo kalian hati-hati, it's not a big deal sih. Kalem aja.

Ini nih yang bikin aku jatuh cinta, bentuknya unik karena dia pakai liquid dropper sebagai alat untuk mengeluarkan foundationnya. Terserah kalian mau panggil aku katrok atau kampungan, tapi aku seneng aja liat foundation pakai liquid dropper, terkesan mahal. Karena kan udah umum banget tuh kalo foundation pakai pump, kayak udah jadi biasa aja. Tapi kan jarang yang pakai liquid dropper, jadi aku suka #hahaha. Terus memgingatkan juga akan jaman-jaman main alat lab, main pipet tetes #tehehehe. Trobek, bikin baper deh #eh.


Yang aku kurang suka dari packagingnya adalah selotip pada tutup liquid dropper-nya. Entah ini dari pihak Guardian atau pihak importir Catrice, tapi penutup selotip ini mengurangi nilai estetika dari packagingnya aja. Bahasan ini agak ga penting sih, tapi tetep ngga lewat dari penilaianku.

Lanjut, bagian INTI. Mari kita bahas kualitas dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini~


Untuk warnanya, Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini cuma punya 4 warna yaitu 010 Light Beige, 020 Rose Beige, 030 Sand Beige, dan 040 Warm Beige seperti yang udah aku sebutkan tadi. Dan yang 030 ini setelah aku coba, emang pas banget di skin tone aku. Bener-bener ngga terlalu muda tapi ngga tua juga. Tapi karena bisa dibilang kulitku itu cukup terang warnanya, dan the fact kalo nomer 030 Sand Beige ini masuk pas di warna kulit aku, maka aku bisa bilang 4 warna dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini kurang cocok sama warna skin tone orang Indonesia yang cenderung yellow tone gelap atau sawo matang. Bahkan menurut aku yang nomer 040 Warm Beige aja itu ngga gelap-gelap amat.

Untuk tekstur dari foundation dari Catrice ini, teksturnya cair banget, liquid cair. Dia runny banget kalau dituang. Tapi juga ngga secair air gitu ya, cair liquid. Enak banget dan cocok emang untuk pakai liquid dropper sebagai aplikator pengganti pump. Karena dia liquid dan menggunakan dropper, kita bisa kontrol seberapa banyak kita mau foundation ini di kulit kita.



Mungkin pada bingung ya cara pemakaian Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini gimana dengan menggunakan liquid dropper-nya. Untuk liquid dropper-nya sendiri, kalian bisa pencet liquid dropper-nya sebelum dimasukkan ke dalam foundation, lalu lepaskan pencetan untuk menyerap foundation. Setelah itu kalian bisa sesuaikan mau berapa tetes yang digunakan dengan cara memencetnya perlahan. Kalian bisa langsung meneteskan foundationnya ke wajah kalian, atau ke mixing palette. Kalau aku sih lebih suka ke mixing palette supaya ngga susah netesin ke wajahLalu kalian bisa meratakan foundationnya ke wajah dengan menggunakan sponge aplikator ataupun foundation brush. Disini aku lebih suka pakai foundation brush karena bentuk foundationnya liquid dan menurut aku sponge aplikator bakal nyerap liquidnya lebih sih. 

Untuk kemampuan di-blend Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini mudah banget di blend. Karena dia liquid, dia jadi mudah banget di blend, ngga patchy. Terus juga jadi irit banget, karena dikit aja udah bisa diratain ke seleruh muka. Aku hanya perlu setengah sampai 1 liquid dropper saja untuk mengcover satu wajahku hingga sempurna.


Coverage, coverage dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini yang paling pengen aku bicarakan. Coverage-nya tu medium to full coverage, cenderung ke full coverage ini. Coverage-nya buildable banget dan masih terasa sangat ringan. Aku setuju sama claim mereka yang second skin effect, karena emang Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini ringan banget, ngga berasa berat. Tapi sebenernya is not necessary untuk pakai dua lapis, karena satu lapis aja udah mengcover seluruh kemerahan dan jerawat-jerawat di wajahku, di aku sih jatuhnya full coverage, dan aku bener-bener suka banget wajahku jadi terlihat flawless karena kemerahan wajahku udah tercover, ngga terasa berat dan ngga cakey ataupun tebal.

Finishing di wajahnya juga bikin aku tambah cinta sama Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini. Finishing-nya dia matte but not flat. Jadi dia matte, tapi ngga sampai yang kering banget atau bikin efek powdery di wajah, which is aku suka banget. Terus juga ngga creasing atau bikin terlihat cakey gitu.


Ketahanan dari Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini cukup bagus menurut aku. Dia masih bisa menahan wajahku yang seperti kilang minyak ini selama 5 jam dan masih keliatan bagus. Yang bikin aku seneng banget sih karena uniknya, setelah aku pakai selama 5 jam, wajahku tu ngga terlihat berminyak yang menjijikan gitu, tapi malah seperti dewy glowing gitu. Biasanya, aku kalau pakai foundation dan wajahku berminyak, hasilnya pasti akan menjijikan setelah dipakai selama 5 jam, creasing pada smile lines, pinggir hidung mulai terlihat. Tapi ini ngga berlaku untuk Catrice HD Liquid Foundation ini, wajahku masih tetap dalam kondisi yang bagus, ngga geser dan ngga creasing, minyak wajahku juga malah membuat look ku menjadi dewy tapi tidak menjijikan.

CONCLUSION

KELEBIHAN :

  1. Harga sangat terjangkau
  2. Packaging terkesan mahal
  3. Menggunakan liquid dropper
  4. Tekstur cair liquid
  5. Super blendable
  6. Hanya cukup menggunakan sedikit saja untuk seluruh wajah
  7. Matte tapi ngga powdery
  8. Sangat ringan
  9. Second skin effect
  10. Full coverage, best work with foundation brush
  11. Tahan lama


KELEMAHAN :

  1. Kemasan dari kaca dan berat
  2. Hanya ada 4 shade terbatas


REPURCHASED? ABSOLUTELY YES! Jelas banget aku ngefans sama Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini. Aku suka banget sama keringanannya, matte-nya juga ngga powdery, tahan lama walau minyak wajah aku udah kayak kilang minyak, dan yang terpenting adalah FULL COVERAGE! Aku bisa bilang ini udah menggeser posisi Maybelline Fit Me! Matte + Poreless Foundation yang awalnya adalah favorit aku. Sekarang aku pindah hati dan menjadikan Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini menjadi posisi pertama dalam foundation favorit aku. Secara coverage, menurut aku Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini lebih full coverage. Dan juga kalo yang Maybelline dia finishingnya matte dan powdery yang mana aku lebih prefer si Catrice yang matte tapi ngga powdery. Fix Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini adalah foundation favorit aku!!

Gimana nih netizen? Mau nyobain Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini juga? Kalian bisa dapetin di Guardian, Watson, atau di online juga ada kok. Disclaimer dulu ya, pendapat orang bisa beda-beda soal Catrice HD Liquid Coverage Foundation ini, tapi inilah yang aku rasakan dan pendapatku. Sekian dulu blog post kali ini.

See you in the next post,


XOXO,



ELLEN LIM