Apa yang Anda pikirkan ketikamendengar kata "kanker pankreas"? Kanker pankreas diketahui sebagai salah satu jenis kanker yang paling sulit untuk disembuhkan. Kanker pankreas terjadi akibat munculnya tumor di dalam pankreas. Kanker pankreas dapat menyerang pria maupun wanita, namun lebih banyak ditemukan pada orang-orang berusia lanjut. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab dan ciri-ciri kanker pankreas.

Pankreas sendiri adalah salah satu organ penting yang ada terdapat pada rongga perut. Namun, pankreas pun tak luput dari serangan penyakit, seperti radang pankreas (pankreatitis) mulai dari akut hingga kronis, serta penyakit ganas seperti kanker pankreas. 

Untuk mendeteksi adanya masalah kesehatan pada pankreas nyatanya bukanlah hal yang mudah. Hal ini disebabkan karena letak pankreas yang jauh di belakang, tepatnya di bawah rongga perut.

Pada dasarnya, pankreas memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh. Pasalnya, organ ini bertugas untuk memproduksi enzim pecernaan yang digunakan untuk menguraikan makanan yang dikonsumsi agar dapat diserap dengan baik oleh tubuh. Tak hanya itu, pankreas juga bertugas memproduksi hormon, seperti hormon insulin, yang mana memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan kadar glukosa atau gula darah di dalam tubuh.

Selain itu, kanker pankreas pada stadium awal cenderung tidak menimbulkan gejala yang spesifik, bahkan bisa jadi tidak menimbullkan gejala sama sekali. Sehingga pada akhirnya, banyak pengidap kanker pankreas yang baru mengetahui kondisinya saat telah memasuki stadium lanjut.

Meski begitu, jika kanker pankreas terdeteksi lebih awal pun, tetap saja kondisinya akan cepat memburuk dan juga berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Gejala kanker pankreas juga tidak muncul sampai kanker sudah menyebar dan tidak mungkin lagi dilakukan operasi.

Ciri-Ciri Kanker Pankreas

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kanker pankreas pada tahap awal cenderung tidak menimbulkan ciri-ciri atau yang spesifik, bahkan bisa tidak menimbulkan gejala sama selaki. Namun, gejala umum yang biasanya terjadi antaralain adalah :

- Penyakit kuning (jaundis).
- Terasa sakit pada perut atu punggung.
- Adanya gangguan pada sistem pencernaan.
- Perubahan pada pola buang air besar.
- Mengalami diabetes.
- Darah menjadi lebih mudah menggumpal.
- Kehilangan berat badan secara drastis.
- Mual dan muntah.
- Demam.
- Gatal-gatal
- Kehilangan nafsu makan.

Penyebab Kanker Pankreas

Sebenarnya, penyebab dari kanker pankreas sendiri masih belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko yang diketahui dapat meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit ganas ini.

Di antayanya adalah seseorang dengan diabetes, obesitas (kelebihan berat badan), inflamasi atau peradangan kronis pada pankreas, dan memiliki keluarga dengan riwayat kanker, terutama kanker yang dipicu oleh mutasi gen BRCA2.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok pun dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami kanker pankreas.