Adanya benjolan di payudara seringkali dihubung-hubungkan dengan kemungkinan terjadinya kanker payudara, terutama ketika benjolan tersebut terasa sakit. Padahal, belum tentu benjolan yang muncul di payudara Anda merupakan pertanda tumbuhnya kanker.

Dalam sebagian kausus benjolan di payudara, tumor yang terbentuk merupakan tumor jinak (non-kanker). Oleh sebab itu, penting bagi Anda, khususnya wanita, untuk mengetahui apa bedanya antara tumor payudara jinak dan tumor payudara ganas.

Pada dasarnya tumor payudara jinak merupakan benjolan yang terbentuk di dalam payudara. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab benjolan ini terbentuk dari sel ganas yang tumbuh secara abnormal dan tidak kendali, seperti halnya pada kanker. Tumor payudara jinak juga tidak akan menyebar dan mempengaruhi organ tubuh lainnya.

Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderita. Tekstur dari benjolan yang tumbuh juga bermacam-macam, tergantung dari jenisnya. Ada benjolan yang terasa padat apabila disentuh, dan ada pula yang berisi cairan.

Selain itu, perlu Anda pahami bahwa walaupun sebagian besar benjolan yang tubuh di payudara merupakan tumor jinak, namun benjolan di payudara juga bisa menjadi suatu gejala dari kanker payudara.

Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan yang tumbuh di payudara Anda, maka sebaiknya Anda segera menemui dokter untuk memeriksakan diri Anda, agar penyebabnya diketahui secara pasti dan juga dapat diatasi dengan cepat dan tepat.

Perbedaan  Tumor Payudara Jinak dan Ganas

Berikut ini beberapa perbedaan dari tumor payudara jinak dan ganas yang perlu Anda ketahui :

- Apabila diperhatikan, tumor payudara jinak memiliki batas yang jelas dengan jaringan lain yang ada sekitarnya. Lain halnya dengan tumor jinak, benjolan yang uncul di payudara akibat tumor ganas tidak memiliki batasan yang jelas.
- Tumor jinak di payudara pada umumnya bisa digerakkan. Sementara itu, tumor bersifat ganas atau kanker, maka benjolan tersebut cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali, seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
- Tumor payudara jinak cenderung memiliki tekstur yang lebih kenyal dan lunak ketika disentuh. Sementara itu, tumor payudara ganas atau kanker payudara justru akan terasa keras dan padat ketika disentuh.

Baca Juga : Obat Herbal Penyembuh KANKER Payudara

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/