Apa yang terjadi jika tiba-tiba Anda menemukan adanya benjolan di bagian perut sebelah kiri? Tentunya Anda akan merasa panik dan khawatir.

Sebab, kondisi ini dikhawatirkan merupakan pertanda adanya suatu penyakit yang tergolong serius. Lantas, apa sebenarnya penyebab dari munculnya benjolan di perut sebelah kiri? Simak ulasan di bawah ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa pada dasarnya benjolan yang muncul di dalam perut dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit, di antaranya benjolan akibat massa tumor atau hernia. Benjolan di dalam perut akibat tumor dapat berasal dari bawah kulit perut maupun dari organ lainnya yang berada di dalam perut. Benjolan ini juga dapat tumbuh secara perlahan atau cepat, serta menetap.

Penyebab Munculnya Benjolan di Perut Sebelah Kiri

Berikut ini beberapa penyakit yang menyebabkan munculnya benjolan di perut sebelah kiri :

1. Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan kantong tertutup atau  berisi cairan yang terbentuk pada indung telur atau ovarium, dalam tubuh wanita. Jenis kista ini umumnya muncul selama masa subur atau selama wanita berada dalam masa menstruasi.

Pada dasarnya, setiap wanita memiliki dua indung telur, yang terdapat di sebelah kanan dan sebelah kiri rahim. Ovarium memiliki ukuran sebesar biji kenari, dan merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Kista ovarium dapat tumbuh dengan ukuran yang beragam, mulai dari kecil hingga sangat besar. Ketika ukuran kista cukup besar, maka dapat menyebabkan munculnya benjolan di perut.

2. Tumor Jinak

Munculnya benjolan di dalam perut bisa jadi merupakan gejala dari tumor jinak. Jenis tumor jinak yang sering terjadi dan menyebabkan munculnya benjolan di perut adalah tumor rahim atau yang juga dikenal sebagai fibroid rahim. Fibroid rahim sendiri biasanya tumbuh di bagian atas atau di dalam otot rahim. Meskipun terbilang sebagai jenis tumor yang bersifat jinak atau non-kanker, akan tetapi jika ukuran tumor ini cukup besar, maka dapat menyebabkan penderita mengalami gejala berupa pendarahan yang cukup parah.

Fibroid rahim merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami para wanita, tepatnya di area rahim. Kondisi ini lebih banyak ditemukan pada wanita dengan rentang usia usia 40 hingga 50 tahun. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, sebab fibroid rahim diketahui tidak akan meningkatkan risiko kanker rahim, bahkan kasus ini hampir tidak ada hubungannya dengan perkembangan kanker pada rahim.

3. Hernia

Selain kista dan tumor rahim, benjolan di perut juga dapat disebabkan karena hernia. Hernia sendiri merupakan benjolan dalam perut yang tumbuh akibat ada celah di perut yang membuat organ usus masuk ke dalam rongga tersebut, sehingga menyebabkan munculnya benjolan di dalam perut. Umumnya, benjolan akibat hernia tumbuh di area pusar atau di bagian perut yang pernah di operasi. Namun, benjolan akibat hernia umumnya bersifat hilang tibul, dan seringkali timbul ketika Anda menjalani aktivitas, kemudian hilang ketika Anda tidur atau beristirahat.

Pengobatan benjolan di perut sendiri pada dasarnya akan tergantung dengan penyebabnya. Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui penyebab yang pasti. Apabila penyebabnya sudah diketahui, maka dokter akan menyarankan pengobatan yang tepat pula.

Baca Juga : Obat Tumor Rahim HERBAL Terampuh

https://lingshenyao.id/obat-tumor-jinak/