Sejak 2016 lalu, Kakak pertamaku pindah ke Jakarta karena Suaminya pindah tugas disana. Jadilah anak-anaknya juga diboyong sekalian. Dia pun juga akhirnya pindah kerja disana. Saya pernah sekali nginap di kontrakan mereka yang pertama waktu ada bisnis trip dari kantor di akhir 2016 lalu. Sekarang mereka sudah pindah ke tempat yang baru sih, meski masih di daerah Jakarta Selatan juga, katanya sih tidak jauh dari kontrakan sebelumnya.


Nah, beberapa waktu yang lalu saat video call-an, eehh Ipar tetiba bilang ayoo main ke Jakarta sama anak-anak, atau gimana kalau kerja disini saja sekalian. Duuh, saya sih sebenarnya pengen saja kerja di Jakarta, dulu kan juga pernah mencoba peruntungan melamar disana tapi akhirnya saya memilih kembali padahal waktu itu sudah diterima di salah satu tempat bimbingan belajar.

Kenapa gak coba aja lagi? Hmm, kalau untuk sekarang sih kayaknya lebih nyaman disini deh. Apalagi kerjaan dan usaha Suami ada disini. Kalau ke Jakarta sih pengennya liburan aja deh bareng keluarga. Apalagi di daerah Jakarta Selatan yang punya banyak tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan jika suatu hari berkunjung kesana. Jakarta memang masih tetap punya daya taarik tersendiri bagi masyarakat, termasuk saya.

Pengen banget deh bawa anak-anak ke tempat-tempat famousnya Jakarta, apalagi Kakak NomorDua dan Dedek NomorTiga emang belum pernah sekali pun menginjakkan kaki di Ibukota. Kalau Si Kakak sih udah pernah dua kali saya bawa ke Jakarta tapi sayangnya belum pernah menikmati wahana yang ada disana. Waktu itu malah ikut emak dan Nenek mudanya jelajah Pasar Tanah Abang, hihih. Mana waktu itu lagi puasa Ramadhan pula, keliling gendong bocah itu rasanya sesuatu banget deh. Sedangkan kali keduanya malah sama sekali gak bisa jalan-jalan karena waktu itu doi malah sakit, yang ada malah jalannya ke Rumah Sakit buat kontrol, fiiiiuhh

Destinasi Impian Liburan Bareng Keluarga di Jakarta Selatan  

1. Kidzania

forum.detik.com

Kalau ditanya, anak-anak mau dibawa kemana sih kalau main ke Jakarta nanti? Ahaaai, maka akan saya jawab salah satunya adalah Kidzania. Kenapa Kidzania? Karena saya udah lama penasaran dengan tempat satu ini. Dari review yang saya baca sih tempat ini recommended banget deh buat anak-anak karena di tempat ini mereka bisa bermain sambil belajar mengenal profesi dan juga memerankan profesi itu. Anak-anak akan diajarkan aktivitas di berbagai industri-industri yang ada seperti: Aviation Academy, Bank, Book Factory, Building Climbing, Chocolate Factory, City Tour, Color Studio, Dental Clinic, Donut Shop, First Aid Rescue, Hospital, Hotel, Noodle Factory, Nugget Factory, Police Station, Race Track, dan masih banyak lainnya. Yakin deh, anak-anak pasti akan senang banget bisa main disini.

2. Taman Margasatwa Ragunan


wisatajakartablog.blogspot,com

Tahun 2007 lalu saya pernah mengunjungi Ragunan ini, sayangnya saya tidak sempat berkeliling melihat para penghuni di taman ini karena keasyikan Kopdar bareng Mamak-Mamak Blogger waktu itu.  Nah, kalau berkunjung ke Jakarta nanti saya ingin mengajak anak-anak kesana juga untuk melihat binatang-binatang yang selama ini hanya mereka lihat lewat layar televisi maupun gadget juga buku-buku bacaan yang saya bacakan. Saya sudah bisa bayangkan betapa excited-nya mereka nati melihat ada gajah, harimau, gorila dan masih banyak lagi hewan-hewan lainnya.


3. Bricks4Kids 

@bricks4kidz.id

Kakak Faraz itu hobi banget main lego, dia bisa tenang kalau udah mulai berkreasi dengan legonya. Sekarang Fawwaz juga udah mulai ikutan main lego bahkan Dedek Faiz pun juga diajak main lego ama kakak-kakaknya. Nah, akan jadi pilihan yang menyenangkan jika nantinya bisa membawa mereka ke tempat ini. Mereka bakalan bisa bermain lego sepuasnya dengan berbagai bentuk dan macam lego yang tersedia.


4. Museum Layang Layang Indonesia                                           

jadiberita.com

Selanjutnya sih ini untuk Si Pak Suami yang senang dengan layang-layang. Sekalian deh nanti doi perkenalkan layangan juga ke anak-anak cowoknya ini. Secara anak-anak belum pernah main layangan ini. Padahal layang-layang kan salah satu mainan populer di era bapaknya dulu, heheheh. Nah, di Museum Layang Layang Indonesia ini pengunjung disuguhkan dengan berbagai jenis koleksi layang-layang, menurut info di museum ini anak-anak juga bisa belajar membuat layang-layang. Waaah, keren yah.

*****

Hmm, urusan destinasi sudah beres sekarang bagaimana dengan akomodasi? Nginap di rumah Kakak aja biar lebih hemat, heheheh. Tapi sepertinya ini bakalan jadi pilihan terakhir saja, iyah pas hari terakhir sebelum balik. Alasannya karena kami ingin menikmati liburan keluarga, berlima saja. Secara kami kan jarang banget menikmati liburan, jadi boleh dong ya dimaksimalin waktunya ini. Quality time gituuu :)

Disamping itu, alasan lain ingin nginap di apartemen karena kami juga ingin merasakan gimana suasana apartemen itu. Maklum disini apartemen itu masih jadi fasilitas mewah karena belum ada, hihih. Gak peraya? Coba aja deh googling, pasti hasilnya zonk, heheheh.

Booking Apartemen Harian di Traveloka

Bepergian dengan anak-anak itu sebisa mungkin harus diprepare dari jauh hari termasuk mencari akomodasi di tempat yang akan kita tuju. Seperti kali ini saya dan keluarga yang rencananya mau berwisata di daerah Jakarta Selatan dan ingin mencoba apartemen beserta segala kemudahan fasilitasnya. Jadilah saya sebagai manager keuangan keluarga harus jeli mencari apa yang kami butuhkan berdasarkan budget juga tentunya. Syukurnya sekarang tidak susah lagi lho untuk mengurus semua ini, berkat Traveloka semua bisa dilakukan bahkan melalui gadget kita. Dari mulai mencari apartemen Jakarta Selatan yang kami perlukan hingga proses bookingnya pun bisa melalui Traveloka doong.

traveloka.com

Kalau sebelumnya hotel menjadi satu-satunya pilihan menginap bagi semua yang ingin bepergian, sekarang dengan adanya apartemen harian kita pun juga bisa menikmati segala fasilitas yang ada, sama seperti di hotel bahkan malah lebih terasa seperti nginap di rumah aja karena apartemen dilengkapi dengan fasilitas dapur beserta segala perabot minimalis yang dibutuhkan. Bisa lebih irit kan ya soal urusan makanan, apalagi seperti saya yang bawa anak-anak gini. Tidak hanya itu saja, biasanya lokasi apartemen itu lebih strategis dan dekat dengan fasilitas umum yang kita butuhkan. Lebih penting lagi harga apartemen harian dengan segala fasilitas yang ada biasanya lebih hemat dibanding hotel, karena apartemen kita bisa memilih sesuai kebutuhan kan, mau pilih unit yang seperti apa.

Alasan Booking Apartemen di Traveloka

Kenapa pilih booking apartemen harian via Traveloka? Karena booking di Traveloka itu mudah banget. Booking akomodasi di Traveloka itu bisa dilakukan kapan saja tanpa perlu khawatir jika rencana kita akan berubah. Dengan fitur easy reschedule kapan pun kita bisa mengubah jadwal nginap yang kita inginkan, semudah itu.

Tidak hanya itu saja, Traveloka memang sangat mengerti kebutuhan para travelers yang ingin bepergian namun sering dipusingkan dengan urusan budget *ya seperti saya ini*. Nah di era digital ini, Traveloka pun menyediakan berbagai macam metode pembayaran cashless. Mau bayar saat check in bisa dengan PayHotel; yaitu bayar tunai dengan debit maupun kartu kredit. Bahkan sekarang tanpa kartu kredit pun kita sudah bisa traveling dan bayarnya menggunakan cicilan online dengan Traveloka PayLater; tinggal pilih jangka waktu pembayarannya saja dengan maksimal 12 bulan.

Lebih Dekat dengan Traveloka PayLater

Pasti penasaran kan dengan fitur baru dari Traveloka ini? Jadi PayLater ini adalah salah satu metode pembayaran cashless yang ditawarkan oleh Traveloka dalam bentuk layanan pinjaman online tanpa kartu kredit untuk berbagai produk yang ada di Traveloka (transportasi, akomodasi, serta aktivitas dan rekreasi).

Untuk menggunakan fitur PayLater ini caranya sangatlah mudah. Cukup siapkan KTP, nomor telepon yang aktif untuk proses verifikasi dan pastikan sudah cukup usia ya (mulai dari 21 tahun hingga 70 tahun). Prosesnya pun sangat cepat, hanya sekitar 1 jam saja. Jika permohonan kita disetujui, Traveloka PayLater pun siap untuk digunakan dengan limit yang bisa mencapai 50 Juta Rupiah lho.

Aman gak nih? Tidak perlu khawatir ya karena Traveloka PayLater didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lho. Jadi, tidak perlu cemas akan ada biaya yang tak terduka pada nominal yang muncul saat pembayaran, karena jumlah tagihan yang tertera adalah tanpa biaya tambahan tahunan, administrasi maupun uang muka. Yang paling penting lagi Traveloka PayLater menjamin tidak ada penagih hutang yang tak beretika seperti pinjaman online lainnya yang tidak diawasi oleh OJK.

Woow banget kan ya? Eits, tapi tetap ya meski sudah diberi kemudahan seperti ini kita juga harus bijak lho menggunakan fasilitas keuangan ini.

Jadi gimana, udah siap wujudkan liburan impian yang tertunda?