Tumor tulang merupakan salah satu masalah kesehatan yang dapat terjadi pada siapapun tanpa memandang usia. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui gejala tumor tulang agar dapat ditangani sejak dini. Lantas, apa gejala dan penyebab tumor tulang, dan bagaimana pengobatannya? Simak ulasan di bawah ini.

Tumor tulang sendiri adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya jaringan atau benjolan yang muncul akibat sel-sel yang ada pada tulang tumbuh dengan tidak normal. Tumor tulang pada dasarnya bisa tumbuh di bagian tubuh manapun, akan tetapi umumnya kondisi ini ditemukan di tulang panggul dan tulang-tulang panjang di lengan dan kaki.

Dalam sebagian kasus, tumor yang tumbuh di jaringan tulang bersifat jinak, itu artinya tumor tersebut tidak bersifat kanker maupun berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meski begitu, bukan berarti kondisi ini tidak akan menyebabkan terjadinya kerusakan pada tulang. Hal ini disebabkan karena tumor tulang juga dapat membuat struktur tulang melemah, sehingga menyebabkan tulang cenderung lebih rentan ketika mengalami benturan.

Penyebab Tumor Tulang Jinak

Penyebab pasti dari tumor tulang sendiri sebenarnya masih belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa faktor yang diduga kuat dapat memicu terjadinya pertumbuhan tumor pada tulang. Di antaranya adalah :

- Faktor kelainan genetik.
- Adanya cedera pada tulang.
- Pernah mengalami kondisi patah tulang dan memasang implan logam.
- Mengonsumsi obat-obatan antikanker.
- Paparan radiasi dalam intensitas yang tinggi, seperti pada saat menjalani pengobatan radioterapi.

Gejala Tumor Tulang Jinak

Gejala utama dan yang paling umum dirasakan oleh penderita tumor tulang adalah timbulnya rasa nyeri yang konstan di daerah tumbuhnya tumor. Rasa nyeri yang dialami cenderung akan bertambah parah jika penderita melakukan aktivitas yang tergolong berat, dan rasa nyeri seringkali lebih terasa di malam hari.

Pengobatan Tumor Tulang Jinak

Dalam pengobatan tumor tulang jinak, biasanya dokter akan melakukan pemantauan secara berkala pada tumor seiring dengan berjalannya waktu. Itu artinya, penderita harus melakukan pemeriksaan rutin dengan X-ray.

Tumor junak juga dapat menghilang seiring bertambahnya usia, sehingga pasien anak-anak cenderung memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk sembuh dengan sendirinya.

Namun, pada beberapa kasus, kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk menjalani operasi pengangkatan tumor. Pasalnya, tumor jinak juga tetap berpotensi untuk  menyebar maupun berubah menjadi ganas. Selain itu, operasi juga dilakukan untuk meminimalisir risiko terjadinya kerusakan struktur tulang.