Haai girrllss! Aku ingin melanjutkan review mengenai produk Smooto yang aku dapatkan nih..  Untuk yang ingin tau lebih lanjut tentang brand ini (latar belakang dan filosofi brand) kalian bisa klik disini šŸ˜ Oh ya, meskipun namanya Smooto Japan, tapi brand ini merupakan skincare Thailand teknologi Jepang ya giirls! 

Aku mendapat 3 produk dari Smooto Indonesia, yaitu Smooto Tomato Aloe Snail Jelly Scrub, Smooto Aloe-E Snail Bright Gel, dan Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask. Nah, fungsi dari ketiga produk ini berbeda - beda, jadi akan aku bahas satu persatu di post yang berbeda yaah.. Yang aku bahas di post ini adalah Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask.

Smooto Tomato Collagen White & Smooth Mask


Produk ini adalah wash-off mask yang perlu dibilas setelah pemakaian. Berbeda dengan 2 produk lainnya, produk ini termasuk ke dalam Tomato Series sehingga dari kemasannya pun berwarna merah - orange. Kandungan utamanya pun adalah ekstrak tomat. 1 sachet masker ini kandungannya setara dengan 10 buat tomat loh, gengs! 

Kemasan / Packaging


Kemasan Luar bagian Depan


Bentuk kemasannya sachet biasa sih, tapi tetep aja desainnya unyu unyu gemas gituu.. Gambar tomat nya cute banget yah XD Selain itu, walaupun terdapat 10ml, tapi 1 sachet panjang ini sudah dipisahkan menjadi 2 sachet kecil, yang berarti 1 sachet kecilnya terdapat 5ml. Sangat praktis dan travel friendly yaa! Selain itu, jadi bisa lebih higienis daripada langsung 10ml dalam 1 sachet besar šŸ˜ Benar benar mengusung konsep "cute and tiny" hihii šŸ˜ƒ

Warna dominan kemasannya merah - orange, dan sayangnya hampir semua ditulis dalam bahasa Thailand hiks.. Tapi tenang aja, di bagian belakangnya ada sedikit yang diartikan ke bahasa Indonesia!

Bagian Belakang
Di bagian belakang, tertera ingredients dalam bahasa Inggris, serta fungsi secara umum dan cara pakainya dalam bahasa Indonesia. Tertera pula nomor BPOM nya yaitu NA49180200289 . 1 sachet panjang ini bisa dibagi menjadi 2 sachet kecil (ada separator nya dan bisa disobek), dan total produk semuanya ada 10ml. 

Kandungan / Ingredients


Produk ini kandungan utamanya adalah ekstrak tomat yang dapat membantu mencerahkan wajah, mencegah jerawat, serta menutrisi kulit sehingga lebih sehat dan lembut. Untuk klaim mencerahkan, dibantu pula dengan adanya kandungan Niacinamide dan Glutathione dalam produk ini.

Gliserin (Glycerin) dapat membantu untuk menjaga kelembaban kulit, serta dengan adanya kolagen di masker ini membantu mengencangkan kulit dan juga mengecilkan tampilan pori-pori. Sementara Chlorphenesin biasanya dipakai untuk meringankan efek kulit iritasi. 

Selain itu, kandungan Methylisothiazolinone pada masker ini berfungsi untuk membantu membunuh kuman di kulit. Zat ini juga biasanya terdapat pada produk pembersih wajah. Dengan jumlah yang terkontrol, kandungan Methylisothiazolinone aman digunakan untuk kulit, namun jika kulitmu sensitif, mungkin kamu perlu lebih berhati-hati. Begitu pula dengan kandungan fragrance, yang beberapa orang memiliki sensitivitas terhadapnya. Nah kalau di kulitku yang acne prone - sensitive skin, gimana yah?

Ingredients : Aqua, Glycerin, Hydroxy Ethyl Cellulose, Niacinamide, Chlorphenesin, Methylisothiazolinone, Urea, Carbomer, Triethanolamine, Allantion, Disodium EDTA, Prunus Ameniaca (apricot) seed powder, Cl16255, Fragrance, Cl 14720, Cl 15985, Solanum Lycopersicum Fruit Extract, Arbutin, Collagen, Glutathione Ascorbyl Tetraisopalmitate, Panthenol, Retinyl Palmitate, Sorbitol, Tocopherol, Hydrogenated Lecithin.

Warna, Tekstur dan Wangi


Produk ini berwarna merah muda - bening dengan butiran scrub yang sangat kecil dan jarang-jarang berwarna orange. Sepertinya, scrub kecil ini maksudnya adalah ekstrak biji tomat. Jika kalian pernah memakai masker tomat alami, pasti kalian tau biji tomat yang aku maksud ini XD

Tekstur Tomato Collagen White & Smooth Mask
Teksturnya hampir seperti jelly tapi sedikit lebih cair. Wanginya cukup kencang, tapi wangi buah-buahan yang segar gitu, jadi aku tidak bermasalah dengan wanginya. Setelah dipakai di wajah sih wanginya tidak terlalu kencang lagi, ya.. mungkin karena produk ini memakai fragrance jadi wanginya lebih kencang dibandingkan Smooto Tomato Aloe Snail Jelly Scrub yang sudah aku review sebelumnya. 

Cara Pakai


Pertama-tama, pastikan kulit wajah kalian dalam keadaan bersih, dan disarankan untuk double cleansing agar masker dapat menyerap dengan lebih baik. Kemudian, gunakan masker ini dan usahakan cukup tebal. Diamkankan selama 5 sampai 10 menit, atau semaksimal - maksimalnya 20 menit untuk penyerapan yang lebih baik.  

Bilas dengan menggunakan air bersih, disarankan air dengan suhu normal atau dingin, jangan air hangat, agar dapat membantu pori-pori untuk menutup. Jika menggunakan air hangat, dikhawatirkan pori-pori wajah masih terbuka dan debu / kotoran akan masuk dengan lebih mudah. Untuk hasil yang maksimal, pakai masker 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Yg mau liat videonya, bisa mampir ke IGTV ku (klik!) . Thankyouu

Aku menyarankan produk ini kalian masukkan ke dalam night skincare routine dibandingkan morning skincare routine, karena produk ini mengandung Niacinamide yang cenderung meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Selain itu, kandungan Chlorphenesin juga dapat meningkatkan sensitivitas kulit terhadap kontak alergi selama beberapa saat.

Oh ya, 1 sachet kecil aku pakai 2 kali, karena mungkin mukaku kecil ya XD Seharusnya 1 sachet kecil untuk 1 kali pemakaian, tapi untukku, bisa untuk 2 kali. Sebaiknya pemakaian diselangi dengan masker lain ya gengs, jangan terus menerus memakai masker ini, karena mengandung scrub, dikhawatirkan nantinya malah jadi over exfoliated. Kalian bisa selang-seling dengan memakai Smooto Aloe E Snail Bright Gel sebagai masker  šŸ˜

Hasil pada Wajah

Masker ini diklaim dapat menutrisi kulit, mengembalikan kulit yang mengalami dehidrasi (melembabkan kulit), mengencangkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan mengontrol minyak di wajah. Kulit pun dapat terlihat lebih muda, cerah, terasa halus dan sehat.

Aku baru 1 kali mencoba produk ini, tapi sejak pemakaian pertama, khasiatnya langsung terasa. Selama produk menyerap ke kulit, kalian dapat merasakan kulit kalian seperti "tertarik" tapi sangaat sedikit, tidak sekencang jika memakai clay mask. Merasakan hal ini, aku senang karena berarti klaim mengencangkan kulit dan mengencangkan tampilan pori-pori bukan sekedar janji manis, tapi benar benar terasa. Untuk itu, perlu dipakai rutin ya gengs!

Selain itu, saat aku membilas masker ini dengan air bersuhu normal, aku cukup kesulitan dan merasa licin. Kemungkinan, licin tadi disebabkan oleh kinerja masker untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit. Perlu banyak air untuk membilasnya hingga benar benar bersih dan tidak terasa licin lagi.

Setelah selesai dibilas, aku merasa kulitku sedikit lebih cerah, serta lebih lembut dan kenyal. Baru satu kali pemakaian loh girls! Tidak berlebihan jika disebutkan 1 produk ini sama dengan 10 buah tomat šŸ˜ Cukup amazed dengan produk ini yang klaim nya langsung terasa. Aku akan pakai rutin sampai habis dulu ya, nanti aku update lagi ke kalian hihii..

Selain itu, kulitku yang cenderung acne prone skin dan sensitif tidak mengalami bruntusan, ataupun membuat kulit iritasi setelah pemakaian masker ini meskipun mengandung fragrance, sehingga dengan senang hati aku bisa bilang, aku cocok dengan produk ini! Yeaayy šŸ˜

Harga dan Tempat Pembelian


Untuk masker yang setara sepuluh buah tomat dengan netto 10ml, produk ini dijual seharga Rp. 35.000 saja girls! Bisa 2 - 4 kali pakai looh! Kalian dapat membelinya di : 

via WA : 087834754878
via Line : @smootoindonesia (pakai @)

Worth to try? YES!


See you in my next post, girls!




This is not a sponsored post but a collaboration post with Smooto Indonesia and Beautygoers (Beauty Community)