Salah satu hal yang aku perhatikan dari beberapa brand kecantikan lokal belakangan ini adalah mulai tumbuhnya awareness untuk ikut andil dalam menjaga lingkungan. Mulai dari campaigns yang dilakukan sampai packaging yang digunakan, konsep eco-beauty ini sudah mulai diterapkan oleh beberapa brand and i definitely see that as good thing, not purely just for marketing.
Seperti yang kita tahu, online shopping menjadi penyumbang waste yang cukup besar juga untuk lingkungan. Contohnya bubble wrap, plastik pembungkus, dan-lain-lainnya.





Kali ini aku mau unboxing PR Package yang menurut aku cukup menarik dari Utama Spice. Kenapa aku bilang kalau ini menarik? Karena dari awal paket ini datang, aku sadar kalau packagingnya bener-bener meminimalisir sampah plastik sekali pakai. Jadi waktu datang memang ada plastik yang diberikan oleh pihak kurir (sebagai salah satu SOPnya), tapi paket yang dari Utama Spice-nya sendiri dibungkus menggunakan sejenis kertas tipis seperti kertas roti.



Aku sudah pernah review beberapa produk Utama Spice di blog aku, dan sudah tahu kalau konsep dari Utama Spice adalah natural products, dengan bahan-bahan utama seperti essential & carrier oils. Produk Utama Spice juga tidak menggunakan bahan-bahan sintetis, cruelty-free, dan juga Paraben-free.



Selain body care, hair care, oils, dan aromatherapy products, Utama Spice sudah mulai mengembangkan line produknya ke skincare atau produk perawatan wajah. Sebelumnya juga Utama Spice sudah punya produk perawatan wajah tapi nggak yang komplit banget gitu. Nah, yang aku dapatkan kali ini adalah produk terbaru mereka yaitu Acne Treatment Package.



First of all, Utama Spice send me a letter. You know i appreciate a thoughtful, handwritten letter! Thank you so much!



Acne Treatment Package ini terdiri dari 4 produk yaitu Acne Face Wash, Acne Treatment Oil, Acne Night Serum, dan Acne Day Serum. Disini kalau kalian notice, Utama Spice nggak menggunakan bubble wrap untuk menghindari benturan pada produk yang ada di dalam boxnya melainkan menggunakan semacam shredded paper waste. Fungsinya kurang lebih sama dengan bubble wrap tapi jauh lebih ramah lingkungan. Namun untuk mencegah kebocoran pada produk Acne Face Washnya, Utama Spice masih menggunakan sedikit plastik untuk melapisi tubenya. It's ok, daripada produknya tumpah dan bleberan kemana-mana, ya kan?



Kita bahas satu-satu ya. Produk yang pertama digunakan dalam Acne Treatment Package ini adalah Acne Face Wash. Key Ingredientsnya adalah Turmeric dan Patchouli untuk membantu menyembuhkan jerawat pada kulit wajah. Sabun wajah ini tidak mengandung SLS, melainkan menggunakan Sodium Cocoyl Glycinate dari Amino Acid & Coconut Oil serta Sodium Lauryl Glucoside dari Sugar & Coconut Oil.
Acne Face Wash ini harganya Rp88.000 dengan netto 75ml.



Selanjutnya untuk spot treatment, bisa menggunakan Acne Treatment Oil. Produk ini dikemas dalam semacam botol kecil dengan roll on pada ujungnya. Kandungan utamanya adalah Tea Tree Oil, Neem Seed Oil, dan juga Tamanu Oil. Ketiga minyak ini dikenal dengan antibacterial propertiesnya dan baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Harganya Rp110.000.



Kemudian untuk perawatan di pagi hari dan malam harinya dibedakan. Ada Acne Day Serum dengan netto 30ml berbentuk botol pipet. Teksturnya menurut aku lebih rich dari night serum-nya. Key ingredients untuk mengobati jerawatnya adalah Tea Tree dan Frankincense, dilengkapi juga dengan soothing & moisturizing ingredient seperti Argan Oil, Vitamin E, dan Aloe Vera Extract.


Untuk Acne Night Serum mengandung bahan yang dapat memperbaiki tekstur kulit yaitu Clary Sage Oil dan Vitamin E. Ditambahkan juga Rose Geranium & Patchouli Oil yang juga berfungsi sebagai aromatheraphy yang dapat membuat relax di malam hari.
Acne Day Serum dibanderol dengan harga Rp220.000 sedangkan Acne Night Serum Rp265.000.



Semua produk di atas memiliki wangi herbs yang cukup kuat. Semuanya tidak mengandung artificial fragrance & colorant, wangi dan warnanya berasal dari carrier & essential oils yang digunakan.
Jika kamu memiliki kulit sensitif, jangan lupa untuk membaca ingredient list yang tertera pada masing-masing produk terlebih dahulu. Kamu juga bisa membaca komposisinya di website Utama Spice sebelum membeli.

Once again, thank you so much Utama Spice for sending me the package. Really appreciate it. Semoga semakin banyak brand lain dengan awareness terhadap lingkungan yang tinggi seperti Utama Spice!

Get to know more about Utama Spice



This is a sponsored post.