Peragaan busana yang dihadirkan oleh Designer kenamaan Irna Mutiara di acara Muslimah Fashion Festival tgl 21 April 2018 kemarin, cukup membuatku kaget dan dag dig dug.

Kaget karena Irna Mutiara menghadirkan model dengan mengenakan baju syar'i dengan niqob menutup wajah (hanya bagian mata saja yang terlihat). Kaget, karena kali ini ada wanita bercadar yang melenggang di atas catwalk. It's so unusual. I don't know, maybe she want some breakthrough, but...hmmm..my heart is..hmmm...I don't know.. feels that this is not right..

Komentar pertama yang keluar dikepalaku adalah, "waduh, berani banget ya mbak Irna ini?". Well, bukan tanpa alasan aku berkomentar demikian. Karena, sejauh yang aku tahu, adanya fashion show muslimah berhijab saja sudah begitu banyak pro dan kontra di masyarakat. Nah, sekarang ditambah dengan fashion show muslimah berhijab dengan niqob. "Akan ramai ini", batinku.

Tetap aku memotret setiap karya, because that's what I do. And I really love Fashion. In my honest opinion, kalau diperlakukan dengan tepat, fashion show wanita berhijab juga bisa menjadi salah satu cara untuk membuat orang yang awam dengan hijab, untuk mulai mengerti dan memahami. Dan makin baik lagi, jika setelah itu, semakin banyak yang terinspirasi untuk mengenakannya...

---

Fyi, aku menyukai beberapa design yang ditampilkan, but still, this concern is bothering me. Selama show, aku hanya memikirkan, "is this okay? What if people know about this kind of concept?"
Iya, jadinya deg deg an selama show..
Mungkin, bijaknya, seharusnya tidak ada niqob yang dipasangkan disini.

Benar saja, setelah aku upload foto-foto fashion show mbak Irna di akun instagram @misisdevi ku , langsung banyak dm yang masuk. Dari berkomentar halus sampai keras. Yang intinya tidak menyetujui adanya Fashion Show wanita berhijab dengan niqab berlenggak-lenggok di atas catwalk.

Sempat aku intip instagram mbak Irna, untuk mencoba mencari penjelasan.
This is what I found, "Ukhti2 sholehah yang paham ilmu dan kondisi ideal seorang muslimah.. Saya yang fakir ilmu dan pendosa ini sedang dalam rangka berupaya mengenalkan pakaian menutup aurat kepada semua kalangan muslimah.  Dan diantaranya mereka yang butuh proses.."
Dan di postingan yang lain, "...Yang terasa setelah saya membuat busana muslim syar'i (kerudung lebar, berniqob) orang jadi banyak pilihan berhijab syar'i dan memutuskan untuk menutup aurat. Jadi ini adalah proses mengenalkan busana ke kalangan berbeda..."
---

Hmmm..in the end of the day, aku percaya, hanya ada niatan baik dari konsep fashion show Irna Mutiara kali ini. Yaitu ingin mengenalkan busana syari dengan dan tanpa niqab dibanyak kalangan. Semoga niatan baik ini, dapat diterima dengan baik pula kepada setiap masyarakat yang melihat. Dan pun jika ada yang tidak bisa menerima hal ini, semoga dapat memberi nasehat baik, dan bisa disampaikan dengan cara yang baik pula, agar menjadi pembelajaran bagi kita semua.. ❤

Love,
Misis Devi

Ig : @misisdevi