Jika Anda mendapati benjolan yang tumbuh di bagian tubuh Anda, bisa jadi itu adalah kista. Kista sendiri merupakan benjolan atau kantong tertutup yang terdapat di bawah kulit, di mana benjolan tersebut berisi cairan, udara, atau zat padat seperti rambut. Kista dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja, dan juga disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi, radang, hingga faktor keturunan.

Selain itu, kista juga dapat tumbuh dengan ukuran yang berfariasi, mulai dari kecil hingga sangat besar. Umumnya, kista tidak mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Namun, apabila ukurannya sangat besar, maka sebaiknya kista segera diatasi, sebab dapat menekan organ yang berada di sekitarnya dan menimbulkan gejala-gejala.

Gejala Kista

Gejala utama pada kista adalah munculnya benjolan di bagian tubuh tertentu, di mana letaknya tergantung jepada jenis kista yang dialami. Benjolan ini dapat tumbuh di wajah, dada, leher, punggung, telapak tangan, tekapak kaki, hingga kulit kepala.

Kista juga dapat menimbulkan gejala lain, yaitu :

- Warna kemerahan di kulit sekitar area kista.
- Keluar nanah atau darah disertai bau yang tidak sedap dari benjolan.
- Terjadinya infeksi yang memicu nyeri pada kista.
- Rasa kaku atau kesemutan, terutama pada bagian tubuh yang ditumbuhi kista.
- Demam.
- Mual dan muntah.
- Pusing.

Olahraga untuk Kista

Kista pada dasarnya bukanlah penyakit yang sulit untuk disembuhkan, terutama jika Anda melakukan perawatan yang baik dan teratur. Selain mejalani pengobatan medis, Anda juga dapat mengatasi kista dengan melakukan kegiatan olahraga, yakni bersepeda. Yap! bersepeda merupakan salah satu olahraga yang baik untuk mengobati kista. Anda dapat melakukan olahraga ini setiap hari secara rutin, untuk hasil yang maksimal.

Anda tidak perlu melakukan olahraga ini dengan terlalu cepat, namun lakukanlah kegiatan ini dengan santai dan pelan-pelan. Bersepeda sendiri memiliki manfaat yang baik bagi penderita kista, sebab pada saat bersepeda, kaki Anda akan tertarik oleh perut sehingga terjadi penambahan tekanan pada bagian bawah abdomen. Hal ini dapat membantu meringankan rasa nyeri yang terasa akibat dari kista.

Namun, jika Anda memiliki kondisi kista yang lumayan parah, maka bersepeda bukanlah jenis olahraga yang tepat, sebab dikhawatirkan dapat memperburuk penyakit kista yang dimiliki.

Selain itu, setelah Anda bersepeda, jangan lupa untuk selalu melakukan konsultasi dengan dokter, agar kegiatan bersepeda ini dapat berjalan dengan baik dan juga untuk memantau kondisi kista yang Anda alami.