Munculnya benjolan atau pembengkakan di ketiak memang kerap membuat seseorang merasa panik dan khawatir, terutama wanita. Pasalnya, kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kanker payudara, yang mana penyakit tersebut merupakan penyakit yang sangat mematikan bagi wanita. Namun, apa sebenarnya penyebab terjadinya pembengkakan pada ketiak? Apakah kanker selalu menjadi alasannya? Simak penjelasan berikut.

Pembengkakan di ketiak tidak melulu disebabkan karena kanker, akan tetapi bisa terjadi akibat pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi atau akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping berupa pembengkakan kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya ketika pemicunya telah diatasi dengan baik.

Perlu Anda ketahui bahwa kelenjar getah bening tersebar di seluruh bagian tubuh dan terhubung melalui jaringan pembuluh getah bening. Akan tetapi, hanya ada beberapa bagian dari kelenjar getah bening yang dapat teraba, seperti pada leher, bawah rahang, sela paha, tulang selangka dan ketiak.

Gejala Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Berikut ini beberapa gejala adanya pembengkakan kelenjar getah bening yang perlu diketahui :

- Muncul rasa nyeri saat menekan kelenjar yang mengalami pembengkakan.
- Terkadang kelenjaryang mengalami pembengkakan terasa hangat.
- Kelenjar yang mengalami pembengkakan jadi lebih peka, misalnya leher yang terasa tidak nyaman saat digerakkan.
- Kelenjar yang mengalami pembengkakan terlihat sangat besar dan biasnaya tampak menonjol dengan ukuran beragam, mulai dari kecil hingga sangat besar.

Gejala-gejala di atas merupakan tanda awal pembengkakan kelenjar getah bening, tetapi Anda mungkin merasakan serangkaian gejala yang lain. Gejala yang timbul tergantung pada jenis penyakit atau infeksi yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan itu sendiri. Gejala-gejala lain yang dapat dialami berupa :

- Badan lemas.
- Batuk dan pilek.
- Badan menggigil dan berkeringat, terutama di malam hari.
- Radang tenggorokan.
- Demam.
- Kondisi kulit yang memerah, hangat, dan bengkak.

Cara Mengobati Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Rumah

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati benjolan di ketiak akibat pembengkakan kelenjar getah bening :

- Kompres pembengkakan di ketiak dengan air hangat.
- Baluri bagian yang bengkak dengan minyak kelpa atau gel lidah buaya.
- Jika penyebab pembengkakan adalah akibat dari infeksi bakteri, maka segera konsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter.
-  Istirahat yang cukup.
- Jika pembengkakan disertai dengan rasa sakit, maka Anda dapat mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol.