Ga sekali dua kali gue ditanya, “Ndah, penyanyi yang lo suka siapa sih?” mungkin karena playlist lagu gue super random? Nah, sesuai mood sih lebih tepatnya. Kalau di Spotify, di bagian Liked Songs gue barulah sangat-sangat random. Lagu Indo, Barat, Korea, Jepang, China, Thailand, Latin, semua ada!

Ada beberapa konser yang gue datengin karena suka penyanyinya but mostly bukan konser tunggal penyanyi itu. Hm, I think hampir semua konser mix penyanyi minus ketika gue nonton Kunto Aji deh hehe sisanya band kampus soalnya. Satu-satunya penyanyi yang gue willingly spend money to buy their albums and go to their concert ya cuma Super Junior. Rasanya jauh lebih worth it aja nonton konser mereka. Maybe because they are boyband and have many members. But sekarang I’m not into albums anymore, thanks to digital era.

Terakhir gue nonton konser Super Junior itu saat SS4 tahun 2012. That’s also my first concert so it feels so special for me! Setelah itu satu per satu member menghilang. Either wamil or just disappear because one and other things. Member hilang, keinginan gue untuk nonton konser mereka juga hilang. Sampai akhirnya mereka bener-bener comeback di tahun ini (minus Heechul sayangnya😞).

Sejak SS7S sebenernya udah ingin beli tiket namun sayang miss di tanggal dan baru kesampaian di SS8 ini setelah kebimbangan tiada akhir dan hampir miss tanggal lagi (gue kira tanggal 11 Jan ada acara, taunya di bulan Feb haha bodoh). Akhirnya bisa mengobati kerinduanku melihat mereka di panggung secara langsung lagi!

Sampai di venue sekitar setengah 9 pagi dan buru-buru ke ticket booth di Hall 5 untuk nuker tiket bareng teman satu trip. Antrian penukaran tiket ga seramai yang gue bayangkan dan cuma memakan waktu sekitar 10-15 menit. Masih ada waktu sampai open gate di pukul 11.00 WIB. Kami putuskan untuk cari makan dan ternyata ada satu komunitas yang bagi-bagi breakfast gratis untuk penonton (Thank you so much!).

freebies – project banner&flagticket

Seharian ini yang kami lakukan hanya menunggu. Open door ke venue pukul 13.00 WIB dan setelah masuk venue pun kami masih menunggu sampai konser dimulai pukul 15.00 WIB. Konser belum mulai saja rasanya udah capek duduk-berdiri terus. Tapi dengan keajaiban lampu yang dimatikan (tanda konser segera dimulai), tenaga seakan ter-recharge~

Seperti biasa, Super Show dibuka dengan VCR+Super Man yang selalu bikin merinding di part [결국 슈퍼주니어 The last man standing]. Setelahnya, The Crown berkumandang, menjadi opening song SS8. Seperti liriknya, [I’m ready for you now,] SS8!!❤

Gue sempet nonton beberapa video SS8 Seoul di Youtube dan ada anggota trip yang share list lagu jadi sedikit-banyak gue udah tau lagu apa aja yang akan dibawakan. Title song yang dibawa hanya dari Sorry, Sorry and of course sampai album Time Slip. Terlalu banyak momen berkesan di SS8 (semuanya bahkan!), tapi bagian yang paling gue suka adalah hip-hop part yang too funny to watch dan encore part (Show bikin merinding dan Too Many Beautiful Girls yang too many fanservice haha).

Cukup puas dengan kerja promoter di konser ini (dari awal beli tiket udah agak parno karena konser EXO kacau banget), kecuali bentuk tiketnya yang terlihat murah (kertas bukan gelang) untuk harga jutaan. Ada sedikit kerusuhan saat open door section Time tapi langsung di-handle dengan baik. Oh, satu lagi, baru kali ini nonton konser dikasih opening iklan dari sponsor udah kayak bioskop 🙂

Udah itu aja. Gue SANGAT PUAS nonton SS8 ini dan bahkan sudah terbesit di otak gue untuk nabung supaya bisa nonton SS9 di spot terbaik!✨ Thank you untuk semua yang sudah berkontribusi sehingga gue bisa bertemu lagi dengan my long-lost idol, SUPER GA MENYESAL!