DIY Vanity Mirror Murah Meriah
Hi Beauty, udah lama nih aku kepengen banget punya vanity mirror karena apa ya bagus aja gitu dilihatnya, bisa bikin penampilan meja rias cantik apalagi kalo buat ngaca dan makeupan hmm pasti cucok :) tapi sayangnya sampe sekarang belum juga terlaksana hehe...ya maklum lah harga di luaran sana cukup mahal dan menguras kantong :') Sempet tanya di toko furniture dan udah browsing-browsing juga tapi gak cocok dengan harganya akhirnya aku memutuskan untuk membuat sendiri.
Nah ceritanya dibulan mei kemarin di kos lagi ada tukang lagi buat semua lemari dan meja rias untuk kamar di kosan, karna ada beberapa sisa kayu bekas nah aku kepikiran untuk membuat vanity mirror dan besoknya aku minta sedikit kayu itu untuk membuatnya. Disini aku membuatnya gak sendiri tentunya dengan dibantu mas suami ya, karna aku gak handal dalam menggergaji..hehe

Tanpa perlu berlama-lama langsung aja ke step by step Cara Membuat Vanity Mirror Murah Meriah, oia disini aku juga sudah rinciin bahan beserta total harga keseluruhannya, nanti bisa kalian liat semua rincian harganya di paling akhir ya :)

Related PostDIY Ring Light Praktis dan Murah dibawah 150K

Peralatan yang dibutuhkan :
- Palu
- Tang
- Obeng plus (+)
- Gergaji
- Cat Pylox (Putih)
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 1
Siapkan ukuran untuk membuat bingkai kayu sesuai yang diinginkan atau sesuai ukuran meja rias kalian. Untuk kayu yang aku pakai ini tidak perlu diukur lagi lebarnya karna dari awal aku dapat sudah terpotong rapi seperti ini jadi aku langsung lanjut ukur panjangnya supaya bisa dibagi menjadi 4 potongan. Kalian bisa membeli kayu seperti ini di toko bahan bangunan atau toko kayu potong. Ukuran kayu yang aku gunakan 80 x 10cm. Untuk bagian atasnya bisa dipotong dengan ukuran 10cm yang berbentuk segitiga. Jangan lupa beri penanda dengan pensil sehingga memudahkan dalam proses pemotongan.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 2 
Potong kayu pada bagian atas yang sudah diberi tanda/garis pensil. Kalian bisa menggunakan gergaji atau jika kesulitan bisa ke toko kayu untuk proses pemotongannya saja.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
Setelah selesai dipotong, hasilnya seperti gambar dibawah ini. Jadi vanity mirror yang akan dibuat dengan ukuran panjang 80 cm x lebar 55 cm.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 3
Susun kayu yang sudah dipotong seperti gambar dibawah. Lalu paku dibagian ujung-ujung kayu untuk memperkuat agar tidak lepas.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 4
Pasang engsel diantara kedua kayu sebagai penguat agar kayu tidak mudah lepas. Selain engsel kalian bisa menggunakan plat logam atau bahan lainnya.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 5
Beri lubang sesuai dengan jumlah lampu yang kalian inginkan (bisa 6-10 lampu untuk vanity mirror). Disini aku menggunakan 8 lampu menyesuaian dengan ukuran meja riasku. Setelah semuanya selesai diberi lubang dengan bor, lalu haluskan kayu menggunakan amplas/kertas gosok type medium agar serat kayu lebih halus.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah STEP 6
Kocok botol cat pylox sebelum digunakan. Semprotkan dengan jarak sekitar 20cm antara kayu dan cat pylox agar mendapatkan hasil yang sempurna. Ulangi penyemprotan dengan pylox agar semua bagian kayu terlapisi secara merata. Seperti gambar berikut 
DIY Ringlight Murah
STEP 7
Pasangkan kabel pada fitting lampu. Lalu masukkan kabel pada bagian yang telah diberi lubang pada kayu.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
Letakkan fitting pada tengah-tengah lubang yang sudah disediakan, baut menggunakan obeng agar fitting menempel pada kayu.
DIY Vanity Mirror With Lights Under 150K
STEP 8
Rangkai kabel secara paralel pada bagian belakang kayu. Jangan lupa pada tiap sambungan kabel diberikan solasi agar tidak berbahaya dan konsleting. Pada ujung kabel tambahkan saklar sebagai tombol on/off.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
STEP 9
Masukkan setiap lampu LED ke tempat fitting yang sudah terpasang. Kalau semuanya sudah terpasang kemudian bisa dicoba dinyalakan untuk mengetahui jika ada lampu yang rusak atau tidak menyala.
DIY Vanity Mirror With Lights Murah Meriah
Ini dia hasil dari pembuatan Vanity Mirror With Lights punya aku, disini aku tidak menambahkan kaca karna langsung aku tempel di meja riasku. Jika kalian ingin menambahkan kaca bisa membelinya di toko bangunan (biasanya dijual per-cm).
DIY Vanity Mirror Cheap and Easy
Dan ini adalah gambar sebelum dan sesudah pemasangan vanity ke meja rias aku, untuk pemasangan ini aku tidak memakai lem karna ini meja rias kosan hhe, disini aku hanya mengganjalnya dengan kerdus supaya vanity  tidak mudah terlepas/terjatuh.
DIY Vanity Mirror Under $15
Yaaasshh ini dia hasil akhirnya "Vanity Mirror" buatan aku, gimana cukup mudah bukan? membuat tampilan meja riasmu lebih cantik dan memudahkan kalian untuk bermakeup. Kalian juga pasti bisa membuatnya karna bahan-bahan yang dipakaipun sangat mudah didapatkan, bisa di beli di toko bahan bangunan dan toko listrik :)
Vanity Mirror Murah
Berikut detail harga dan bahan-bahan yang aku gunakan :
Toko Bangunan
Amplas (type medium) = Rp 5.000
Pilox warna putih = Rp 30.000
Paku kecil 1 bungkus = Rp 5.000
Engsel 4 buah = Rp 10.000
Baut sekrup 16 buah = Rp 2.000
Kayu free (bisa pakai kayu bekas)

Toko Online (Tokopedia https://www.tokopedia.com/anursyam)
Lampu 5 watt @Rp 4.500 x 8 = Rp 36.000 
Fitting lampu @Rp 5.000 x 8 = Rp 40.000

Toko Listrik
Kabel 3 meter = Rp 7.500
Saklar 1 buah = Rp 5.000
Steker 1buah = Rp 5.000

Total Biaya = Rp 145.500

Ini contoh foto yang aku ambil dari hasil menggunakan Vanity Mirror. Bisa membantu untuk pencahayaan waktu kita makeup dan mendapatkan hasil foto yang bagus.
DIY Vanity Mirror Ideas to Make Your Room More Beautiful
Cara Membuat Vanity Mirror Murah Meriah
Oia buat kalian yang mau tanya-tanya lebih lanjut jangan sungkan-sungkan yah, bisa tanya langsung di comment atau DM instagram aku ya @meliasuciati, insyaallah aku pasti bales :) Semoga postingan ini bermanfaat & bisa membantu kalian yang lagi pengen bikin Vanity Mirror.
 
Thank you for reading and coming here...