Halo Assalamua’laikum. Usiaku saat ini 24 tahun. Juni nanti, 25. Walaupun aku belum nikah, aku sering mendengar teman-temanku berkeluh perkara berat badan mereka saat hamil. Aku ya mana paham kan wkwk. Secara aku juga nggak punya pengalaman terkait ini.


Walaupun belum berpengalaman, nggak apalah ya aku share tulisan ini. aku juga beajar parenting kok walaupun belum punya anak. ini tulisan kiriman btw, jadi sesuai dengan pengalaman si penulisnya, bukan aku. Jadi berat badan  pashamil merupakan hal yang penting diperhatikan. Nggakheran, kalkulator berat badan ibu hamil menjadi sangat penting. Karena dapat mempengaruhi kesehatan kehamilan maupun kesehatan bayi yang dilahirkan kelak. 


ibu hamil
source: pixabay


Berapa banyak peningkatan berat badan saat hamil seharusnya? Peningkatan berat badan dapat dihitung berdasarkan Indeks masa tubuh (IMY) masing-masing ibu hamil. Peningkatan jumlah berat badan yang dianjurkan tergantung dengan beberapa situasi dan kondisi pada ibu, yaitu:

·         Ibu yang memiliki IMT normal, stidaknya harus meningatkan berat badannya antara 11 sampai 16 kg selama kehamilan.
·         Ibu yang mengalami overweight dianjurkan untuk menaikan berat badan, harus lebih meningkatkan bera badannya, yaitu sekitar 12 hingga 18 kg pada masa kehamilan
·         Jika  diperkirakan mengandung bayi kembar, maka peningkayan berat badan yang harus dicapai selama masa kehamilan yaitu 16 sampai 24 kg.


Apa yang menyebabkan kenaikan berat badan saat hamil? Berat bayi yang ada di dalam kandungan mungkin hanya 3 sampai 3,6 kg. Namun kenaikan berat badan saat hamil biasanya melebihi dari angka tersebut. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal seperti, rahim yang melebar menyebabkan penambahan berat badan sebanyak 1 kg, ari-ari bayi setidaknya bisa mencapai 0,7 kg. cairan ktuban pada ibu setara dengan 1 kg. simpanan lemak pada ibu hamil sebanyak 2,7 sampai 3,6 kg. dan terjadinya peningkatan aliran darah dan jumlah cairan juga bisa meningkatkan berat badan ibu sebanyak 2,8 hingga 3,6 kg.


Banyak orang yang beranggapan bahwa ketika hamil makan makan jadi harus porsi double karena makan untuk dua orang. Tidak ada hal yang salah akan itu, namun anggapan ini dapat membuat ibu hamil cenderung memakan apapun dengan porsi banyak. Padahal berat badan sangat mempengarhi ketika kehamilan terjadi kenaikan berat badan memang biasa terjadi, bahkan harus terjadi. Kenaikan berat badan memang biasa terjadi, bahkan harus terjadi pada beberapa perempuan yang memiliki berat badan kurang dan berat badan normal ketika hamil. Namun bagaimana dengan ibu yang sebelum hamilnya sudah mengalami obesitas atau overweight?


Sebuah survei di dunia menyatakan bahwa sebanyak 15 sampai 20% ibuh hamil mengalami obesitas atau overweight . padahal, obesitas yang terjadi saat kehamilan dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan janin. Seperti keguguran dan kelahiran mati. Sedangkan dampaknya untuk ibi adalah meningkatkan resiko terjadinya pre-ekslampsia, diabetes gestasional dan hipertensi, Selain itu, ibu yang mengalami obesitas saat hamil jugaberesiko melahirkan anak dengan berat badan lahir yang besar, saat anak dewasa nanti, anak juga mempunyai resiko terkena penyakit degenerative.


Bagi ibu hamil, bisamemilih makanan yang sehat, seperti memilih buah dan sayuran yang segar. Dapat juga  mengolahnya dan menjadikannya sebagai selingan makan. Konsumsi roti dan sereal yang berbahan dasar gandum, yang dapat membantu dan menjaga pencernaan karena tinggi akan serat.


Menjaga dan menggunakan minyak banyak saat memasak di rumah, hindari masak dengan cara digoreng. Masak dengan cara menumis, merebus, atau dengan streammerupakan piliha yang lebih baik jika dibandingkan dengan menggoreng. Selain itu hindari juga makanan olahan seperti gula buatan uang tinggi. Hindari pula makanan serta minuman yang tinggi natrium dan zat aditif lainyya. Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumis makanan rungan seperti snack jajanan, permen, es krim dan lain sebagainya, dan jangan lupa olahraga ya.

Nah itu dia. Aku harap, semoga bisa bermanfaat buat aku dan teman-teman semua. Jujur saja, aku jadi lebih tau banyak terkait cara mengontrol berat badan saat hamil. Oke deh, mungkin segini dulu.
Salam sayang, @muthihaura1.
Jum’at, 14 Februari 2020. 22.39 WIB.