Langsung saja, artikel pertama saya akan membahas bagaimana resep dan cara membuat pisang goreng madu yang lezat

Bahan-Bahan:
1. Pisang raja sangat matang: 20 buah
2. Terigu protein rendah: 300 gr
3. Tepung beras: 130 gr
4. Tepung maizena: 20 gr
​​​​5. Santan kemasan: 1 sachet (65 ml)
6. Madu: 2 sdm
7. Vanili: 1 sdt
8. Soda kue: 1/4 sdt
9. Margarin yang sudah dicairkan: 1 sdm
10. Garam: 1/2 sdt
11. Air: 350 ml
12. Minyak untuk menggoreng: 1-2 liter


Cara Membuat Pisang Goreng Madu
Seleksi pisang raja yang telah tua serta sangat matang, terus menjadi matang terus menjadi manis( corak kulitnya telah kehitam- hitaman hendak namun dalamnya tidak hingga busuk). Pisang raja yang telah amat matang nantinya bila digoreng hendak menghasilkan semacam madu/ karamel. Perihal inilah yang menjadikan pisang goreng jadi sangat manis.

Bila dikala membeli pisang raja baru matang, hendaknya simpan dulu hingga 3- 4 hari, hingga corak kulitnya kehitaman. Potong kecil- kecil pisang raja.

Siapkan wadah masukkan terigu protein rendah( misal merek kunci biru/ lencana merah), tepung beras, tepung maizena, garam, soda kue serta vinili bubuk. Tuangkan air kebagian tengah tepung sedikit demi sedikit sembari diaduk supaya tidak menggumpal, kemudian masukkan santan sachet, madu serta margarin cair. Aduk hingga tercampur rata saja( jangan sangat banyak diaduk- aduk sebab hendak menjadikan tepung pisang goreng jadi keras). Setelah itu masukkan pisang raja kemudian aduk sampai seluruh potongan pisang tercampur adonan. 

 

Tuang minyak goreng ke dalam wajan, nyalakan kopor dengan api sedang, tunggu hingga minyak benar-benar panas (jika diukur dengan termometer tinggi suhu minyak sekitar 150 C). Cetak adonan pisang dengan centong sayur lalu celupkan ke dalam minyak panas biarkan beberapa saat hingga adonan pisang dapat lepas dari cetakan.

Jika sudah lepas dari cetakan goreng terus adonan pisang hingga minyak goreng tenang. Tips dalam menggoreng agar garing dan tidak berminyak adalah usahakan suhu minyak stabil 150 C dan digoreng hingga minyak tenang. Artinya kandungan air pada gorengan sudah hampir habis. Dalam hal ini waktu menggoreng cukup lama kisaran 15 menit. Tapi ingat besar api kompor sedang jangan besar, lebih baik lagi jika diukur dengan termometer sehingga kita bisa mengetahui suhu minyak secara tepat. Warna pisang goreng madu memang agak hitam karena adanya karamel baik itu dari madu lebah maupun madu pisang.

Pisang goreng yang sudah matang angkat lalu tiriskan pada tisue dapur. Pisang goreng madu ala bu naniek sudah jadi siap dihidangkan.

​​​​​Cukup mudah bukan? itulah cara membuat pisang goreng madu yang super lezat. 
 Oh iya, bagi Anda yang berada di kediri dan lagi ada acara, anda tidak usah repot repot untuk membikin jajan. Langsung saja pesan di Tiwi Catering, salah satu catering di kediri terbaik, murah, dan enak. Terimakasih.