"Gua inget banget ada salah satu blog yang bilang buat kulit yang sensitif banget, kadang produk yang bisa lo pake cuma produk yang bisa lo makan", merupakan kutipan perkataan Suhay Salim di salah satu video YouTubenya. Kutipan ini menjadikan inspirasi seorang acne fighter, Valencia Nathania untuk menjadikan kulitnya yang saat itu sensitif dan berjerawat menghadirkan produk yang dapat menyembuhkan permasalahan kulitnya.

Harlette Beauty adalah brand yang dibuat oleh Valencia Nathania. Berbekal passionnya untuk mewujudkan skincare natural dan berkualitas dan melalui formulasi selama 1 tahun, Harlette Beauty 3 produk berbahan dasar oat dan milk atau biasa disebutkan dengan 1 kata 'oatmilk'. Oatmilk sendiri banyak manfaatnya, salah satunya meredakan redness ketika kulit terbakar sinar matahari. Nah daripada mengklaim produk-produk Harlette sebagai 'obat' yang dapat menyembuhkan secara instan, Harlette hadir sebagai nutrisi untuk kulit yang bermasalah sehingga lebih 'sehat'. Lalu bagaimanakah kinerja produk-produk Harlette Beauty di kulit saya yang mempunyai permasalahan sensitif dan cenderung berjerawat? Yuk kita review.

Packaging Wise
Untuk packaging produk-produk Harlette Beauty Oatmilk series menggunakan warna biru muda dan putih yang menurutku simple namun cute at the same time. Facial Wash dikemas dengan tube plastik tanpa tambahan dus lainnya dan ketika datang, bagian tutup keluarnya produk masih tersegel. Produk Day Creme juga berbentuk tube plastik namun berukuan lebih ramping. Sleeping Mask dikemas dalam jar plastik bulat dan dilengkapi spatula agar saat mengambil produk lebih higienis. Untuk Day Creme dan Sleeping Mask diberikan tambahan dus untuk keamanan produk.

Bagian depan terdapat nama brand dan nama produknya serta logo hati yang wajahnya titik-titik seperti jerawat. Wah, kalau dari logo menurutku sudah to the point sih, memang kan Harlette tercipta untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit sensitif. Berbeda dengan produk brand lain, keunikkan produk-produk dari brand Harlette Beuaty adalah semua informasi tentang produk (klaim, cara pemakaian, komposisi, expired date, BPOM, batch number, PaO, tempat produksi) dicetak dalam font berukuran lumayan besar sehingga jelas terbaca. 

Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash






Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash bertekstur gel yang ringan dan diformulasikan tanpa SLS sehingga lebih aman untuk kulit yang sensitif. Di dalam facial wash ini terdapat butiran-butiran oat yang sangat halus sehingga bisa melakukan eksfoliasi ringan. Tenang, butiran oatsnya alami kok, bukan artificial dan sangaaat kecil jadi tidak akan membuat kulit jadi sensitif karena over eksfoliasi. Ada sedikit bau, khas produk ini. Maklum, karena diformulasikan dari bahan alami pasti ada bau tambahan, tapi tidak menyengat dan mengganggu kok.
Saya senang akhirnya bisa mempunyai facial wash tanpa SLS, karena SLS membuat kulit saya terasa kering dan ketarik setelah mencuci muka. setelah pakai facial wash ini, kulit saya terasa kenyal dan lembab. Lalu kalau tanpa SLS apakah kulitnya bersih? Lah, kan facial wash itu sebagai second cleanser, hanya untuk membersihkan sisa-sisa kotoran di wajah. Ya jelas lah bersih. Saya sangat menikmati menggunakan facial wash ini

Tekstur Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash

Harlette Oatmilk Day Creme

Tahun 2019 akhir, trend skipcare lagi banyak dipromosikan dimana-mana. skipcare, merupakan gabungan dari kata 'skip' dan 'skincare' yang berarti 1 produk skincare yang bisa digunakan untuk 2 atau lebih fungsi. Hal ini ditujukan buat yang merasa 10 step skincare terlalu melelahkan. Harlette Oatmilk Day Creme merupakan salah satu skipcare dimana bisa digunakan sebagai moisturizer dan sunscreen. 

Harlette Oatmilk Day Creme mengandung SPF 15 dan niacinamide yang dapat memproteksi kulit dari bahaya sinar matahari dan dapat mencerahkan kulit sehingga selain kulit terlindung, bekas-bekas jerawat juga semakin rata warnanya.


Aplikator Harlette Oatmilk Day Creme

Menurut saya, teksturnya ringan dan mudah diratakan di kulit wajah dan formulanya tidak membuat kulit wajah berminyak. Tapi, sayangnya day creme ini memberikan efek whitecast (kulit terlihat lebih putih saat difoto dengan flash). Meskipun kandungan sunscreennya adalah tipe hybrid (gabungan physical dan chemical sunscreen) tapi tidak membuat kulit wajah saya sensitif. Untuk kandungan SPFnya termasuk kecil, yaitu 15, tapi bisa ditimpa dengan produk sunscreen lainnya yang cocok di kulit kita.



Tekstur Harlette Oatmilk Day Creme dan Saat Difoto dengan Menggunakan Flash

Harlette Oatmilk Sleeping Mask


Harlette Oatmilk Sleeping Mask ini memiliki tekstur gel yang termasuk thick menurutku. Dibanding sleeping mask Laneige dan Garnier, konsistensi Harlette Oatmilk Sleeping Mask lebih thick.
Dilengkapi dengan spatula untuk mengambil produk, sehingga lebih higienis dan tidak mempercepat waktu PaO (ya, dengan mengambil produk dengan tangan kotor bisa menyebabkan produk 'bermasalah' seperti tidak berfungsi bahkan membuat kulit rusak atau mempercepat PaO). 
Meskipun teksturnya thick, Harlette Oatmilk Sleeping Mask cepat meresap dan tidak membuat kulit saya berminyak keesokkan paginya. Malah karena teksturnya itu, skincare yang sudah dipakai sebelumnya terasa seperti 'dikunci'.


Tekstur Harlette Oatmilk Sleeping Mask

Lalu bagaimana dengan kinerja ketiga produk ini di kulit saya? Setelah saya pakai selama sebulan, kulit saya semakin sehat. Ya, tidak mudah muncul jerawat dan jerawat yang kecil-kecil meradang pun menjadi tenang dan kempes perlahan. Selain itu kulit saya terasa lembab, kenyal, dan halus.Saya merasa kondisi kulit saya lebih sehat, jerawat suka muncul kembali tapi mudah diatasi karena kondisi kulit yang membaik. Dari latar belakang, packaging, formula, klaim, semuanya menurut saya tepat sasaran memang sebagai nutrisi untuk kulit sensitif dan berjerawat. Bagi yang lagi struggling malasah sensitif dan jerawat, yuk kita berjuang bersama. ayo #menujukulitsehat bersama Harlette.

*latar belakang produk diambil dari website Harlette Beauty Official dan wawancara Valencia Nathania dengan Female Daily