Setelah menulis postingan tentang rekomendasi podcast, berikutnya saya ingin merekomendasikan kepada teman-teman youtube channel favorite yang selalu saya tonton ketika mereka update video. Ketika saya membaca buku Marie Kondo, saya jadi tertarik dengan gaya hidup minimalist dan berusaha mencari informasi sebanyak mungkin tentang bagaimana menjalani hidup yang minimalist. Tentunya Youtube menjadi salah satu platform yang menurut saya sangat membantu untuk saya menemukan informasi tentang gaya hidup minimalist. 

Saya pun akhirnya menemukan video-video yang benar-benar minimalist dengan musik-musik yang menenangkan dan pengambilan video yang sangat bagus. Hal ini sangat membantu untuk menghilangkan stress. Bahkan sekarang saya menjadi sangat terobsesi dengan channel-channel yang minimalist. 

Awalnya saya sedikit kaget karena baru pertama kali saya menemukan youtuber yang tidak menampilkan wajahnya dalam video mereka. Tetapi, setelah sering melihatnya saya menajdi terbiasa dan jujur saya lebih suka yang seperti ini. Sebab kita jadi lebih menikmati pemandangan di video dibandingkan dengan wajah si pemilik channel. Kebanyakan tipe Youtuber yang seperti ini adalah orang Korea. Namun, semakin ke sini bebrapa Youtuber Indonesia juga melakukan hal tersebut. So jika kalian ingin mencari ketenangan menonton video dan menyukai video yang Aesthethic. Rekomendasi youtuber yang akan saya berikan mungkin bisa menjadi alternatif buat kalian.


1. Sueddu 




Sueddu merupakan Freelancer dari negeri ginseng Korea Selatan. Ia tinggal bersama anjing kecilnya bernama Babe. Video-video yang sueddu buat benar-benar menenangkan, pengambilan gambarnya pun nggak main-main karena di atur dengan baik sehingga menghasilkan video yang sangat Aesthethic

Saya suka sekali melihat ketika Ia sedang bekerja karena Sueddu mengingatkan saya tentang pekerjaan Freelancer yang mungkin akan saya jalani kedepannya. Editan videonya juga sangat bagus, tema video yang bernuansa gray sangat memanjakan mata. Channel ini bisa menjadi pilihan kamu jika sedang suntuk dan banyak pikiran. Hal ini karena menonton video-video Sueddu akan membuatmu rileks sejenak dari rutinitas

2. Deemd 




Deemd juga merupakan salah satu youtuber minimalist asal Korea Selatan. Saya suka sekali menonton videonya adalah karena latar video yang tak hanya berlatar di Korea Selatan tetapi juga di beberapa negara. Paris salah satunya. Seperti yang sudah saya bilang di atas saya suka video-video seperti ini karena saya bisa melihat pemandangan tanpa terlalu fokus dengan wajah sang pembuat video. Nah! di setiap video Deemd saya seperti di ajak jalan-jalan keliling dunia dan dapat melihat seluk beluk kota Paris. Seperti diajak travelling online haha

Editan videonya mungkin tidak seperti Sueddu yang begitu Aesthethic, tapi karena latar tempat pengambilan videonya sudah sangat bagus. Jadi saya rasa tidak ada masalah untuk menonton videonya meskipun editannya biasa saja. Yang terpenting adalah keindahan tempat-tempat yang disuguhkan oleh Deemd pada penontonnya. Terkadang Ia juga tidak menambahkan elemen music, jadi kita seperti ikut merasakan suasana asli tempat itu tersebut. Kalau kalian juga suka tempat-tempat berlatar Eropa kalian bisa coba tonton videonya ya.

3. Ondo




Masih dari Korea Selatan, salah satu youtuber minimalist favorite saya adalah Ondo. Sebelumnya Ondo merupakan seorang pekerja kantoran, tetapi akhirnya Ia Resign dan menjadi seorang full time designer. Sebelum mengenal youtuber-youtuber minimalist lainnya yang sudah saya sebutkan di atas. Saya terlebih dahulu mengenal Ondo. Mungkin waktu itu Ondo seperti pelopronya kali ya. Dulu ketika ada orang-orang yang membuat video minimalist seperti ini, banyak orang yang berkomentar bahwa mereka mengikuti gaya Ondo. Padahal menurut saya bukankah bagus orang jadi termotivasi dengan video-video Ondo. Tetapi tentunya harus mencari ciri khas tersendiri ya.

Jika kalian biasa melihat youtuber minimalist lain yang hanya mengupload video berdurasi 10-15 menit. Kali ini kalian akan puas jika menonton video-video Ondo. Sebab video-videonya berdurasi dari 20-30 menit. Lumayan nggak tuh buat refreshing? Ondo juga memasak dan membagikan resep-resep yang menurut saya beberapa ada yang mudah untuk diikuti loh! Cuus langsung aja coba ditonton videonya. 

4. Meaningful Minimal 




Setelah memberikan rekomendasi youtuber dari Korea Selatan, sekarang saya akan memberikan rekomendasi youtuber minimalist yang berasal dari Indonesia yaitu Meaningful Minimal. Channel asal Indonesia ini juga nggak kalah menariknya karena channel ini juga memberikan ketenangan bagi saya. Sekaligus memperkenalkan gaya hidup minimalist itu seperti apa

Cukup menginspirasi karena kebanyakan aktifitasnya dilakukan di rumah. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa kita juga bisa kok melakukan hal-hal yang produktive di rumah. Sebenarnya sekarang sudah banyak youtuber Indonesia yang juga membuat tema-tema video seperti ini dan saya cukup bangga karena artinya youtube Indonesia memliki banyak pilihan video yang bisa kita tonton

5. Dayhyun




Kali ini kembali ke youtuber minimalist asal korea yang bernama Dayhyun. Berbeda dengan youtuber-youtuber asal Korea Selatan lainnya, Dayhyun merupakan seorang guru Bahasa Inggris. Mengikuti keseharian Dayhyun sangat menyenangkan. Saya seperti diajak mengikuti kegiatan seorang guru Bahasa Inggris, seperti bagaimana persiapannya sebelum mengajar, membuat kuis bahasa inggris untuk anak-anak dan sebagainya. Tentunya setelah menonton video-video Dayhyun saya menjadi semangat untuk belajar bahasa Inggris lagi.

Nah mungkin itu saja blogger-blogger minimalist yang saya rekomendasikan untuk teman-teman tonton videonya. Sebenarnya masih banyak lagi. Saya pribadi memang lebih suka menonton vlog-vlog seperti ini jadi pastinya saya akan subscribe youtuber yang serupa. Mungkin di lain kesempatan saya akan buat part ke-2 yaa :) Terimakasih sudah berkunjung. 


-XOXO