Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution
Bagi perempuan berusia jelang 40 tahun seperti saya, permasalahan kulit yang paling jadi concern adalah flek, kerut halus dan kulit kusam. Nggak heran, dari hari ke hari ritual skincare yang saya jalani kian panjang dan berliku.

Para beauty enthusiast pasti mengerti kalau ritual skincare yang dianut kebanyakan perempuan saat ini meliputi tahapan yang lumayan panjang. Mulai dari double cleansing, toner, essence, lanjut ke serum (bahkan bisa beberapa layer serum) lalu masih lanjut dengan eye cream, pelembab, dan sunscreen. Beberapa beauty enthusiast lainnya malah ada yang punya ritual skin care yang lebih panjang lagi, tergantung kondisi kulit masing-masing juga.

Nah untuk saya sendiri, serum jadi salah satu elemen kunci dalam ritual yang pantang terlewati. Serum yang notabene memiliki konsentrat paling kental dalam urutan skincare, menurut saya adalah produk yang paling berperan penting dalam kesehatan kulit wajah kita. Makanya saya suka rada ribet kalau urusan pilah pilih serum wajah. Harus dibaca benar-benar klaim dan komposisinya, cari review lengkapnya baru setelah itu berani mengaplikasikan sesuai masalah kulit.

Seperti disebutkan sebelumnya, concern utama permasalah kulit saya sebenarnya adalah kulit kusam, flek dan kerut halus. Itu alasannya saya selalu menggunakan produk yang mengandung Niacinamide yang konon sangat efektif untuk mencerahkan warna kulit sekaligus memperbaiki tekstur.

Elformula Miracle Whitening Solution
Di kesempatan ini, saya mau sharing informasi tentang serum dengan kandungan Niacinamide yang rutin saya pakai dalam sebulan terakhir, yaitu Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution. Serum ini diklaim mengandung hero ingredients : Niacinamide, Arbutin & Zinc.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Masih asing dengan brand Elformula?

Sama, saya juga ! Maklum lah brand skincare asal Korea ini juga baru berdiri tahun 2018 silam, dan secara resmi masuk ke Indonesia di tahun 2020. Element Formula yang berikutnya akan kita sebut dengan dengan Elformula, menyediakan dua varian serum untuk pasar Indonesia. Yaitu 28 Days Whitening Solution dan 28 Days Acne Relief Repairing Solution.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Embel-embel 28 Days yang disematkan ditengah nama varian serum itu, kelihatannya sih merujuk pada durasi ideal yang dibutuhkan serum untuk mendapat hasil sempurna.

Wajar ya kalau mereka baru bisa menjanjikan hasil maksimal setelah pemakaian selama 28 hari, pasalnya Elformula memastikan semua produk mereka tidak mengandung bahan tambahan seperti hormon dan fluorescent agents. Jadi pasti aman. Setiap produk dikembangkan sendiri dalam ELF Lab melalui serangkaian penelitian dan uji coba yang dilakukan para peneliti Korea dan Amerika.

Oke deh kita langsung lihat saja seperti apa dan bagaimana performa produknya di kulit saya. FYI, kulit saya ini normal to oily dengan banyak freckles di bagian pipi.

Kemasan
Kotak kemasan Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution cukup mengesankan. Kotaknya tebal, kokoh berwarna putih dengan desain yang sangat sederhana. Mirip seperti kotak kado sih sebenarnya.
Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Di bagian belakang kotak kemasan tertulis ingredients dan cara pemakaian berbahasa Inggris dan Korea. Tertera pula keterangan tanggal kadaluarsa dan PAO (Period After Opening) 6 M yang artinya masa layak pakai produk ini adalah 6 bulan setelah kemasan dibuka.
Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Kotak kemasan ini juga dilengkapi dengan penutup magnetik di sisi depan yang memudahkan kita untuk membuka. Di bagian dalamnya, terdapat empat botol serum berukuran 10 ml yang terbuat dari kaca tebal dan sebuah corong berbahan plastik elastis dengan tutup putih.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Semuanya tersusun rapi dalam styrofoam hitam bertekstur beludru yang elegan. Cakep banget pokoknya.

Elformula mengemas produknya dengan sangat cerdas. Menurut saya, mereka memang sengaja mengemas produknya dalam 4 kemasan kecil agar konsumen bisa menggunakan serum ini secara efektif dan efisien. Nggak perlu ada produk yang terbuang percuma karena terlewat PAO-nya.

Cara pemakaian serum ini pun cukup unik. Corong aplikatornya bisa kita bongkar pasang sendiri, dipasangkan ke botol yang akan dipakai.

Begini caranya:

Pertama buka segel plastik terluar. Dorong ke atas dibagian yang ada anak panah.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Saat segel plastik terangkat, bagian segel alumunium juga otomatis terbuka. Tinggal lanjut buka segel dibagian pinggirnya.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Setelah itu buka bagian segel karet elastis dan botol serum pun terbuka.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Selanjutnya, tinggal dilanjutkan dengan memasang corong aplikator di mulut botol hingga rapat.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Untuk memakai serum, buka bagian tutup corong yang berwarna putih. Tekan sedikit dibagian corong karet, serum akan keluar.

Awalnya saya merasa agak ribet untuk membuka kemasan serum ini, tapi tak lama saya sadar bahwa hal ini membuat higienitas serum terjaga lebih baik. Dan kemasan ini cukup nyaman buat dibawa bepergian karena botol kacanya cukup kokoh. Ya asal jangan dibanting saja sih.

Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Oh iya, saya pakai serum ini sebagai bagian dari am & pm routine, digunakan setiap pagi dan malam, sebelum pemakaian krim pelembab.

Tekstur & Aroma 
Bisa dilihat sendiri dari botolnya, serum Elformula 28 Days Miracle Whitening Serum ini memang bening seperti air. Teksturnya sendiri cukup encer tapi nggak bisa dibilang seencer air.

Aromanya juga tidak mengganggu, bahkan bisa dibilang odorless, tak berbau sama sekali. Buat mereka yang sering sensitif dengan wewangian pada skincare, serum ini bakal sangat nyaman digunakan.

Kesan selama pemakaian 
Sejujurnya, serum ini tak cukup mengesankan diawal pemakaian. Selain kemasannya yang unik, saya tidak melihat sesuatu yang istimewa dari tekstur maupun khasiat langsung.

Teksturnya memang encer, tapi sat diaplikasikan ada sedikit kesan tacky pada kulit wajah. Untungnya ia cepat menyerap.

Biasanya saya pakai 3 hingga 4 drop dalam setiap pemakaian. Itu sudah lebih dari cukup untuk seluruh wajah. Dan untuk mengetahui hasil yang sebenarnya, saya juga tidak menggunakan serum lain saat menggunakan Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution. 

Di minggu pertama, saya sama sekali nggak notice ada perubahan yang berarti. Beberapa bekas jerawat memang sedikit memudar, tapi saya nggak terlalu yakin hal itu karena kerja serum ini semata.

Di minggu kedua, kulit saya sempat breakout karena over exfoliating. Jadi selama beberapa hari tekstur kulit memang jadi nggak cakep banget gegara terlalu rajin menggunakan toner exfoliating. Akhirnya saya kembali ke toner sebelumnya dan tetap melanjutkan pemakaian serum Elformula ini.

Nah ini yang bikin saya ngeh dengan kinerja serum ini. Pasalnya dalam waktu 2 hari saja, breakout-nya udah beres. Tekstur kulit juga sudah jadi jauh lebih baik dan mulai kerasa kenyal lagi.

Minggu ketiga, suami mulai notice bahwa kulit saya terlihat lebih cerah, nggak terlalu kusam. Saya sendiri sih mikirnya hal ini karena warna kulit yang sebelumnya nggak merata, sekarang udah mulai sama. Freckles di bagian pipi juga makin tipis. Tapi kalau untuk bekas jerawat sih nggak ada perubahan signifikan.

Minggu keempat, tekstur wajah semakin membaik. Kulit makin terasa kenyal. Tapi saya nggak melihat perubahan signifikan untuk warna kulit wajah dibandingkan minggu ketiga.

Di hari saya menuliskan postingan ini, saya sudah memakai habis satu botol serum selama 30 hari. Rencananya memang bakal lanjut ke botol kedua, karena meski efek mencerahkannya tidak terlalu kelihatan, saya suka dengan kinerjanya dalam memperbaiki tekstur kulit.

Apalagi, selama pemakaian serum ini saya juga nggak mengalami masalah yang berarti. Ada dua jerawat, itu juga karena pengaruh hormon. Bekas jerawatnya malah cukup terbantu karena memakai serum ini.
Review Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution

Dalam waktu dekat, saya juga akan lanjut dengan review Elformula 28 Days Acne Relief Repairing Solution deh ya. Tapi berhubung, serum acne ini lebih sering saya manfaatkan sebagai obat totol jerawat, mungkin reviewnya bukan untuk pemakaian selama 28 hari.

Semoga jadi tambah tahu ya.