Kanker, pasti jadi momok setiap orang. Setiap denger kata kanker pasti kita semua bergidik ngeri. Yup, penyakit yang dapat mengakibatkan kematian ini memang menjadi ancaman bagi semua orang. Walau bukan penyakit menular, tapi siapa saja berpotensi terkena penyakit ini.

Nah, kalian tahu nggak kalau tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Momen Hari Kanker Sedunia digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat global terhadap penyakit kanker yang merupakan pembunuh nomer dua di dunia.

Ada yang unik pada peringatan Hari Kanker Sedunia tahun 2020 ini, mengambil tema ‘I Am and I Will’ yang berarti bahwa sekecil apapun hal yang dilakukan, setiap orang punya kapasitas dan peran untuk mencegah kanker.

Di momen itu juga, Kementerian Kesehatan Indonesia mengajak masyarakat membagikan foto diri di akun media sosial dengan menggunakan tagar #IAmAndIWill. Bahkan bukan cuma itu, sejumlah landmark di hampir seluruh kota di dunia juga akan menyala dengan cahaya orange dan biru untuk memperingati Hari Kanker Sedunia lho.

Fakta Tentang Kanker yang Harus Kamu Ketahui


Penyakit kanker merupakan penyakit yang tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita.

Sel kanker bersifat ganas dan dapat menginvasi serta merusak sel normal lainnya dan tentunya merusak fungsi jaringan tersebut. Penyebaran sel kanker dapat melalui pembuluh darah maupun pembuluh getah bening.

Kanker juga dapat menyerang siapa saja baik pria mauun wanita, anak-anak maupun dewasa. Banyak sekali jenis kanker yang dapat menyerang manusia. Namun, ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang pria, yaitu kanker paru, kanker kolorektal, kanker prostat, kanker hati dan nasopharing. Kanker yang sering dialami orang wanita adalah kanker payudara, kanker leher rahim, kanker kolorektal, kanker ovarium, kanker paru. Sedangkan kanker yang sering terjadi pada anak-anak adalah kanker bola mata (retinoblastoma) dan kanker darah (Leukimia).

Untuk penyebabnya sendiri, sampai dengan saat ini memang belum diketahui secara signifikan, namun ada banyak hal yang menjadi faktor risiko kanker. FYI, faktor risiko kanker adalah kondisi yang dapat meningkatkan terjadinya suatu penyakit kanker, seperti:
  • Makanan yang kontak dengan zat-zat kimia yaitu 6P; penyedap, pewarna, perasa, pengawet, pengasinan, pengasapan.
  • Polutan
  • Diet tidak seimbang, rendah serat, tinggi lemak
  • Kurang aktivitas fisik
  • Paparan asap rokok dan produk tembakau
  • Paparan lingkungan berbahaya
  • Konsumsi alkohol
  • Perilaku seksual yang berisiko
  • Paparan sinar ultra violet
  • Heriditas/keturunan


Cegah Kanker dengan Gaya Hidup Sehat


Kanker merupakan penyebab kematian kedua terbesar di dunia. Lebih dari 18 juta orang terdiagnosis kanker dan 9,6 juta orang di dunia meninggal akibat kanker setiap tahunnya. Diperkirakan insidens kanker di tahun 2040 mengalami peningkatan menjadi 29,5 juta orang.

Dan salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Sebanyak 43% dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan mengurangi faktor risiko seperti menghindari paparan asap rokok dan alkohol, memproteksi kulit dari paparan sinar ultraviolet, diet seimbang, aktivitas fisik dan pencegahan infeksi yang berhubungan dengan kanker, 30% dari kasus kanker dapat disembukan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini.

7 Langkah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat


Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam rangka menjalankan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia, salah satunya adalah kanker. Berikut ini 7 langkah GERMAS yang dapat menjadi panduan menjalani pola hidup yang lebih sehat.

• Melakukan Aktivitas Fisik
• Budaya Konsumsi Buah dan Sayur.
• Tidak Merokok
• Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
• Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Secara Berkala
• Menjaga Kebersihan Lingkungan
• Menggunakan Jamban

Yuk, mulai saat ini jalankan pola hidup sehat dengan melalukan GERMAS setiap hari, agak kita semua bisa terhindar dari kanker. Salam GERMAS, everyone! ^_^