Selama berpacaran, mantan saya ada 5 orang. Bisa dibilang banyak enggak sih? Enggak lah ya, pasti masih banyak cewek yang punya mantan lebih dari saya. Kalau mantan banyak antara sok cantik, laku banget atau selektif. Kalau saya lebih ke selektif sih, cuma mau pacaran sama yang cakep. 😆

Entah saya memang lupa, enggak peka atau sama sekali enggak pernah dikasih barang yang berarti dari pacar. Kayaknya dulu memang enggak pernah ngasih atau beliin barang favorit masing-masing. Cuma saya masih menyimpan kalender tahun 2007 yang ada foto berdua. Kalau lihat itu rasanya dulu saya alay banget deh. Geli sendiri.

Film Toko Barang Mantan
Etalase barang mantan di gala premiere
Toko Barang Mantan


Sebagian orang kalau putus sama pacarnya barang-barang yang dikasih itu dibuang, dibakar, dikubur, biar enggak gigit dan bikin demam CLBK( kayak nyamuk kali ah). Tapi memang kebanyakan begitu kan. Tujuannya supaya cepet melupakan kenangan bersama mantan alias move on.

Ide bagus datang dari sebuah film produksi MNC Pictures berjudul TOKO BARANG MANTAN. Unik juga sih nama tokonya menurut saya. Rasanya baru beberapa Minggu lalu film satu produksinya, Temen Kondangan rilis, tanggal 20 Februari 2020 muncul film baru yang bikin baper nih.

Jadi ceritanya toko ini punya Tristan (Reza Rahadian), cowok gondrong, yang rela meninggalkan kuliahnya
mengembangkan toko ini bersama sahabatnya, Amel (Dea Panendra) dan Rio (Iedil Putra).  Berbagai kisah sedih, lucu dan absurd tentang barang-barang tersebut menjadi makanan mereka sehari-hari.

Poster Film Toko Barang Mantan
Official poster

Tristan bangga dengan toko ini meskipun akhir-akhir ini sepi dan bermasalah secara finansial. Tiba-tiba, kehadiran Laras (Marsha Timothy), mantan Tristan saat kuliah dulu, membuat dunianya jungkir balik. Kembalinya Laras, membuat Tristan pun bertekad merebut kembali hati Laras dengan bantuan Amel dan Rio. Salah satu caranya adalah menyukseskan Toko Barang Mantan ini dengan segala cara.

Soal akting Reza dan Marsha sudah enggak diragukan lagi lah ya. Mereka sudah malang melintang di dunia peraktingan. Namun di film Toko Barang Mantan ini mereka baru pertama kali dipertemukan dalam satu adegan dan berpasangan pula. Wah, ini kayak mempertemukan mutiara dan penyelamnya, langsung klop. Sepertinya sang sutradara,
VivaWesti enggak perlu capek ngarahin akting mereka berdua.

Film Reza Rahadian dan Marsha Timothy
Pemain dan kru saat press conference

Sebenarnya benang merah dari film Toko Barang Mantan diambil dari kisah sehari-hari yang sering ditemui. Orang pacaran terus putus, mau cepet melupakan dengan menyingkirkan barang-barang pemberian, cuma belum tahu dibawa ke mana. Kalau ada Toko Barang Mantan bisa dijadikan bisnis dan pemasukan juga. Film bergenre komedi drama romantis yang ringan untuk ditonton.

Genre komedinya ditambah dengan kehadiran Cemen juara SUCA. Sesuai dengan profesinya sebagai komika, film ini enggak begitu sulit dijalani. Nah, saya sempat wawancarai Cemen di sela one on one interview.

"Ini film ke berapa?, tanya saya.

"Film ke 6," jawab Cemen.

"Ini kan film drama komedi. Ada kesulitan enggak kira-kira? tanya saya lagi.

"Kalau kesulitan sih enggak ya karena kan memang udah terjun di dunia komedi," jawabnya.

"Jadi enggak dapet karakter yang berarti ya?, tanya saya.

Film ke enam Cemen SUCA
Tulisan di kaosnya Cemen sering banget didengar

Saat pertanyaan itu muncul, di samping Cemen ada Ligwina Hananto yang memerankan Tante Lani. Dia ketawa pas saya nanyain itu.

"Karakternya sih ada, ini kan karakter baru buat gue sebagai cowok alay yang bener-bener punya pasangan," jelas Cemen.

"Tapi di dunia nyata punya pasangan enggak?

"Punya...."

"Ooohh punya".

Sumpah ketawa mulu gue wawancara Cemen.

"Soal barang mantan, punya enggak nih? tanya saya.

"Punya, itu cangkir, mug".

"Alasannya apa masih nyimpen?

"Ya masih bisa kepake sih buat minum, bikin kopi".

"Terus pacar tahu enggak soal barang itu?.

"Enggak. Diumpetin aja takut dibuang gitu".

"Apanya nih dibuang, orangnya apa cangkirnya?

"Ya cangkirnya lah, orangnya mah enggak bakal bisa karena udah kepincut."

"Kan main bareng sama aktor Indonesia.  Chemistry-nya gimana susah atau enggak?

"Susah sih enggak cuma grogi doang. Jadi kan pertama kali main sama bang Reza, Kak Dea, Bang Iedil, kak Marsha juga. Alhamdulillah mereka tuh orangnya baik-baik, kayak ngajarin aku yang senior...

Pas disitu saya langsung ketawa lagi...

"Eh senior, junior. Mereka tuh enggak sombong, buat tektokannya aku ngikutin mereka jadi enak", jelas Cemen.

"Enak aja kayak ngobrol sama diri sendiri lihat bang Reza gitu".



Cek dulu trailernya sebelum nonton


Aduh, nanya sama komika memang jarang serius ya. Pasti ada saja jawaban yang bikin ketawa. Mesti nonton deh Toko Barang Mantan di bioskop tanggal 20 Februari 2020. Tanggal cantik tuh.

Saya suka banget dengan dialog yang dilontarkan antar pemain. Meskipun berupa script, tapi penyampaiannya enak dan luwes. Seperti obrolan atau celetukan sehari-hari saja. Ditambah benang merah cerita film ini sangat dekat dengan pengalaman banyak orang. Toko Barang Mantan siap nampung masa lalu siapapun dengan sejarah cerita dibaliknya.


***