Apa yang pertamakali terlintas di benak Anda ketika mendengar kata kanker? Pastinya hal-hal yang menakutkan, seperti kematian. Tentu saja! Sebab, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Bahkan, kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di dunia. Salah satu kanker yang sangat mematikan bagi kaum wanita adalah kanker payudara. Yap! Kanker payudara merupakan kanker yang peling mematikan pada wanita setelah kanker serviks.

Kanker payudara sendiri merupakan kondisi di mana tumbuhnya sel abnormal atau sel kanker di jaringan payudara. Sel kanker ini dapat tumbuh di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), maupun di saluran duktus, yang mana membawa air susu dari kelenjar puting ke payudara. Tak hanya itu, kanker juga dapat tumbuh di jaringan lemak atau jaringan ikat yang terdapat di dalam payudara.

Penyebab utama dari kanker payudara adalah akibat tumbuhnya sel-sel yang tidak normal di dalam payudara secara tidak terkendali. Sel-sel ini umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan. Namun, meskipun umumnya kanker payudara terjadi pada wanita, kanker payudara juga bisa menyerang pria.

Metode pengobatan kanker yang paling umum dilakukan, antara lain adalah operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, terapi hormon, hingga terapi target. 

Namun, selain menjalani pengobatan medis seperti yang disebutkan diatas, tanaman obat juga dapat dijadikan sebagai pendamping dalam mengobati kanker. Pasalnya, ada beberapa tanaman obat yang dinilai efektif dalam membantu proses pengobatan kanker. Apa saja tanaman itu? 

1. Daun Sirsak

Siapa yang tidak suka buah sirsak? Buah ini memiliki cita rasa yang segar dan nikmat. Di sisi lain, sirsak juga seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman herbal dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Namun, hal ini tidak hanya berlaku untuk bagian buahnya saja, melainkan biji, akar, hingga daunnya pun bermanfaat sebagai obat herbal.

Salah satu manfaat luar biasa yang dimiliki daun sirsak adalah sebagai bahan alami dalam menumpas sel kanker, termasuk kanker payudara. Hal ini disebabkan karena daun sirsak memiliki kandungan super yang bernama acetogennins, di mana zat tersebut dipercaya ampuh untuk melawan beberapa jenis sel kanker.

2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai salah satu jenis rempah yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, sehingga tak jarang kunyit dijadikan sebagai bahan utama dalam obat-obatan. Kunyit sendiri memiliki kandungan kurkumin yang dikenal memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat tradisional, salah satunya sebagai obat herbal kanker, termasuk kanker payudara.

Kandungan kurkumin yang ada dimiliki kunyit diketahui dapat membantu menghambat penyebaran sel-sel kanker dan membantu meningkatkan sensitivitas tumor terhadap obat kemoterapi.

3. Bawang Putih

Selain kunyit, bawang putih juga termasuk jenis rempah yang dapat dimanfaatkan dalam pengobatan kanker. Pasalnya, bawang putih memiliki kandungan ajoene, yakni zat pengikat sulfur yang berfungsi untuk memperlambat prosuksi sel-sel kanker. Selain itu,bawang putih juga memiliki kadar sulfida organik dan polisulfi yang tinggi, sehingga dapat mencegah tumbuhnya sel kanker.

4. Daun Keladi Tikus

Sejak dulu, daun keladi tikus telah dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengobati berbagai macam penyakit kanker, termasuk juga kanker payudara.