Seberapa bahayakah kanker nesofaring? Apakah kanker nesofaring mematikan? Sebelum membahas mengenai bahaya kanker nesofaring, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu kanker nesofaring, gejala yang ditimbulkan, beserta penyebabnya.

Kanker nesofaring merupakan salah satu jenis kanker yang berkembang di bagian kepala dan leher, tepatnya di nesofaring. Nesofaring sendiri merupakan salah satu bagian yang berada di tenggorokan atas (faring) yang terhubung dengan bagian belakang hidung.

Kanker nesofaring sendiri pada dasarnya merupakan jenis kanker yang jarang terjadi alias terbilang tidak umum. Bahkan, catatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa, kanker nesofaring hanya mengambil bagian sebesar 0,7 persen dari keseluruhan kasus kanker yang ada di dunia. Dialporkan ada 80 ribu kasus bari di setiap tahunnya.

Gejala Kanker Nesofaring

Berikut ini beberapa gejala kanker nesofaring yang dapat terjadi :

- Muncul benjolan di tenggorokan.
- Rasa sakit di tenggorokan.
- Kesulitan untuk membuka mulut.
- Terjadi infeksi di telinga.
- Adanya gangguan pada pendengaran, berupa telinga berdengung dan terasa tidak nyaman.
- Wajah terasa nyeri atau mati rasa.
- Sakit kepala.
- Mimisan terus-menerus.
- Hidung tersumbat terus-menerus.
- Penglihatan menjadi kabur atau berbayang.

Awalnya, kanker nesofaring cenderung tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Gejala yang timbul bahkan sama seperti gejala penyakit lain, seperti flu. Sehingga, penderita hanya menganggapnya sebagai flu biasa, dan pada akhirnya kondisi kanker pun semakin memburuk dan telah mencapai stadium lanjut.

Penyebab Kanker Nesofaring

Sebenarnya penyebab utama dari kanker nesofaring sendiri hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, ahli medis menduga kanker jenis kanker ini disebabkan oleh adanya perubahan atau mutasi gen yang menyebabkan sel-sel abnormal tumbuh tak terkendali.

Selain perubahan atau mutasi gen, para ahli juga menduga bahwa kanker nesofaring ini berhubungan dengan virus Epstein-Barr (EBV). Namun, hubungan EBV dengan kanker nesofaring masih harus diteliti lebih lanjut.

Apakah kanker nesofaring mematikan?

Berbicara tentang kematian, kanker nesofaring menjadi jenis kanker yang paling mematikan ke-2 setelah kanker serviks. Pasalnya, gejala kanker nesofaring sangat sulit untuk dideteksi. Tak hanya itu, gejala kanker nesofaring juga kerap disepelekan, sehingga kondisi kanker akan memburuk dan semakin sulit untuk disembuhkan.